Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Balasan Buku Tematik Tema 6 Kelas 3 Halaman 74, 75, 79, 80

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 3 Halaman 74, 75, 79, 80- Pembelajaran Kelas 3 Tema 6 Energi dan Perubahannya Subtema 2 Perubahan Energi Pembelajaran 3 Terdiri dari Mata Pelajaran SBDP, Matematika, dan. B.Indonesia.

Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber berguru dikelas 3 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018.

Dalam Buku Siswa Kelas 3 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 74-80 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan balasan yang sempurna berikut kami bagikan alternatif jawaban.

Kunci Jawaban Kelas 3 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 74-80

Ayo Membaca
Minggu kemudian siswa kelas 3 berkunjung ke Waduk Jati Luhur. Waduk tersebut terletak di Purwakarta, Jawa Barat. Murid-murid bahagia sekali. Hari ini mereka masih membicarakan acara tersebut. Berikut ini percakapan mereka.
“Selamat pagi, teman-teman”, sapa Siti kepada teman-temannya.
“Selamat pagi juga, Siti,” sahut teman-teman Siti.
“Bagaimana kabar kau Siti? Apakah kau sudah sembuh?”
“Sudah, terima kasih doanya ya’ teman-teman”, jawab Siti. “Oh ya, bagaimana kunjungan ke
Waduk Jatiluhur kemarin? menyenangkan tidak teman-teman?”
“Sangat menyenangkan. Banyak ilmu yang didapat.” jawab Edo.
“Ilmu apa Do’?”, tanya Siti.
“Ternyata, waduk itu sanggup dijadikan pembangkit listrik”, terperinci Edo.
“Iya, makanya waduk Jatiluhur itu disebut sebagai waduk untuk PLTA, yaitu PembangkitListrik Tenaga Air”, tambah Udin.
“Mengapa disebut Pembangkit Listrik Tenaga Air?” tanya Siti lagi.
“Karena energi listriknya berasal dari tenaga air.”
“Bagaimana caranya energi air menjadi energi listrik?” Siti semakin ingin tahu.

 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber berguru dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 3 Halaman 74, 75, 79, 80

Energi gerak air akan memutar alat yang disebut turbin, kemudian turbin menggerakkan generator listrik. Bergeraknya generator listrik inilah yang akan menghasilkan tenaga listrik,” terperinci Udin.
“Listrik yang dihasilkan kemudian disalurkan ke gardu-gardu listrik,” Lani menambahkan.
“Nah, dari gardu-gardu itulah listrik disalurkan ke rumah-rumah atau kantor-kantor,” Edo melengkapi.
“Oh begitu ya. Terima kasih ceritanya ya temanteman,” ujar Siti kepada teman-temannya.
Begitulah keseruan pembicaraan Siti dan temantemannya. Dari pembicaraan mereka kalian
mendapat gosip ihwal manfaat waduk sebagai pembangkit listrik.
Selain sebagai pembangkit listrik waduk juga dipakai untuk keperluan lainnya menyerupai irigasi atau pengairan sawah, perikanan, dan juga sebagai daerah wisata. Betapa besar manfaat waduk. Oleh alasannya ialah itu, sanggup dibayangkan apa yang akan terjadi bila waduk kering. Sawah-sawah akan kekeringan dan persediaan energi listrik menjadi berkurang. Sekarang coba pikirkan, apa kesudahannya bila tidak ada listrik. Apa pula kesudahannya bila sawah kering?
Kalian telah membaca wacana di atas.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 74, 75

1. Tuliskan 2 hal ihwal Waduk Jatiluhur yang sudah diketahui!
2. Bagaimana tenaga listrik dihasilkan oleh air dalam waduk? Ceritakan secara singkat!
3. Bagaimana listrik dari PLTA sanggup hingga ke rumah-rumah?
4. Apa yang akan terjadi bila air di waduk kering?
5. Tuliskan 3 persoalan yang muncul bila tidak ada listrik!

Alternatif Jawaban
1. Waduk jatiluhur dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Selain sebagai pembangkit listrik waduk     Jatiluhur juga irigasi atau pengairan sawah, perikanan, dan juga sebagai daerah wisata.
2. Waduk jatiluhur dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Selain sebagai pembangkit listrik waduk     Jatiluhur juga irigasi atau pengairan sawah, perikanan, dan juga sebagai daerah wisata.
3. Listrik yang dihasilkan PLTA kemudian disalurkan ke gardu-gardu listrik. Selanjutnya dari gardu-       gardu itulah listrik disalurkan ke rumah-rumah atau kantor-kantor.
4. Jika waduk kering maka PLTA tidak sanggup menghasilkan listrik dan sawah-sawah kekurangan air.
5. Jika tidak ada listrik maka tidak ada sumber penerangan cahaya ( lampu ),  tidak sanggup                         memakai alat alat elektronik, dan banyak  pekerjaan yang terganggu.

Ayo Menari
Lani telah akhir bercakap-cakap dengan temanteman. Kemudian Lani mengajak teman-temannya untuk berlatih menari. Kali ini mereka akan berlatih gerak berpengaruh kaki pada tari. Jenis gerakannya hampir sama dengan gerakan sebelumnya. Iringan musiknya lebih cepat sehingga gerakan kaki harus lebih kuat.
Lani meletakkan tangan di pinggang. Kemudian, kakinya diayunkan mengikuti irama musik yang cepat. Musiknya berirama cepat, kakinya harus diayunkan lebih kuat.
Ingat gerakan yang sudah dipelajari sebelumnya!

 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber berguru dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 3 Halaman 74, 75, 79, 80

Semakin berpengaruh gerakan pada tarian, semakin besar energi yang dibutuhkan. Bahkan seorang penari sanggup bercucuran keringat saat menari. Karena menari menguras energi.
Ayo Berlatih Selesai latihan menari, Lani dan teman-teman berlatih berhitung. Mereka akan menghitung acara yang dilakukan di sekolah. Sebagai panduan dipakai agenda pelajaran di sekolah.Guru meminta siswa bekerja secara berkelompok.
Masing-masing kelompok menghitung lamanya acara selama satu hari. Sebelum siswa bekerja guru menjelaskan cara memilih lamanya suatu kegiatan.
Misalnya
1. Pukul 05.00 Lani bangun tidur. Kemudian mandi, berpakaian, dan menyiapkan perlengkapan sekolah. Kegiatan ini dilakukan hingga pukul 05.30. Lama acara tersebut adalah
05.30
05.00   -
00.30
Jadi, usang waktu yang dibutuhkan ialah 30 menit.
2. Ayah pergi bekerja pukul 07.30. Ayah pulang dari kantor dan hingga di rumah pukul 18.00. Lama ayah bekerja dan waktu yang dibutuhkan dalam perjalanan adalah






Jadi
17.60
07.30  -
10.30
Jadi, ayah bekerja selama 10 jam 30 menit.

Adakah cara lain yang kau ketahui untuk menghitung usang waktu ayah bekerja?

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 79, 80

Berikut ini ialah agenda acara harian Lani. Berdasarkan tabel berikut tentukan lamanya masing-masing kegiatan.

 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber berguru dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 3 Halaman 74, 75, 79, 80

Alternatif Jawaban

 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber berguru dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 3 Halaman 74, 75, 79, 80

Kegiatan Bersama Orang Tua 
Orang bau tanah mengajak siswa menghitung waktu yang dibutuhkan untuk melaksanakan acara di rumah.

Demikianlah artikel ihwal Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 3 Halaman 74, 75, 79, 80 - Pembelajaran Kelas 3 Tema 6 Energi dan Perubahannya Subtema 2 Perubahan Energi Pembelajaran 3. Semoga sanggup menambah motivasi berguru dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda sanggup pribadi Contact atau sanggup dengan mengisi kolom komentar, Teima kasih.
Sumber https://soaldanjawabanpg.blogspot.com/