Kunci Tanggapan Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 84, 86, 90, 91, 92
Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 4 Halaman 84, 86, 90, 91, 92 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 2 Hebatnya Cita-Citaku Pembelajaran 3 Terdiri dari Mata Pelajaran B.Indonesia, SBDP dan IPA.
Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 84-92 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan balasan yang sempurna berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Ayo Berdiskusi
Perhatikan dengan seksama gambar di atas! Tahukah kamu, siapakah tokoh yang terdapat dalam gambar tersebut? Ya! Tokoh tersebut ialah patih Kerajaan Majapahit berjulukan Gajah Mada. Patih Gajah Mada merupakan seorang tokoh besar yang mempunyai impian sangat besar, yaitu mempersatukan pulau-pulau dan kerajaan-kerajaan yang ada ketika itu menjadi satu yaitu, Nusantara!
Baca Juga :
Diskusikan bersama teman-temanmu beberapa pertanyaan berikut!1. Apakah impian Patih Gajah Mada terlalu tinggi ketika itu?
2. Tahukah kau perjuangan apa saja yang dilakukannya untuk mencapai impian tersebut?
3. Tahukah kau bagaimana cara Patih Gajah Mada mewujudkan citacitanya?
Alternatif Jawaban :
1. Patih Gajah Mada mempunyai impian ingin mempersatukan pulau-pulau dan kerajaan-kerajaan yang ada ketika itu menjadi satu yaitu, Nusantara
2. Usaha Patih Gajah Mada untuk mewujudkan cita-citanya ialah dengan melaksanakan sumpah palapa, isi dari sumpah palapa tersebut ialah ia menyatakan tidak akan memakan palapa sebelum berhasil menyatukan Nusantara
3. Patih Gajah Mada mewujudkan cita-citanya dengan cara benar-benar melaksanakan sumpah palapa yang ia ucapkan ketika diangkat menjadi maha pati Majapahit dan bekerja keras untuk menaklukan seluruh kawasan nusantara
Setelah melaksanakan diskusi dengan temanmu, bacalah bacaan perihal Gajah mada berikut
Alternatif Jawaban :
Asal-Usul : lembah Sungai Brantas di antara Gunung Kawi dan Gunung Arjuna. Ia berasal dari kalangan rakyat biasa, bukan dari kalangan keluarga kaya ataupun bangsawan
Cita-Cita : ingin mempersatukan pulau-pulau dan kerajaan-kerajaan yang ada ketika itu
Perjalanan karir : Patih Gajah Mada memulai pekerjaannya sebagai anggota prajurit Bhayangkara. Karena kemampuannya, ia pun diangkat menjadi Kepala Prajurit Bhayangkara
dengan kiprah memimpin pasukan pengaman dan pengawal Raja, Berkat kerja keras dan kepemimpinannya yang hebat, Gajah Mada menjadi seorang Patih Kerajaan Majapahit pada masa pemerintahan Ratu Tribhuawanatunggadewi Jayawisnuwardhani
Sikap dan nilai : Pemberani, bertanggung jawab tangkas kerja keras dan baik
Kamu telah tahu ciri-ciri puisi juga bagian-bagian puisi. Bacalah puisi di bawah ini dengan saksama!
Bersama dengan sahabat sebangkumu, lakukanlah acara berikut!1. Ceritakanlah pendapatmu perihal puisi tersebut. Baca kembali bacaan perihal Gajah Mada untuk membantumu memahami puisi tersebut.
2. Salinlah puisi tersebut di buku tulismu dengan memakai pensil.
3. Perhatikan baris kata-kata pada bait pertama. Lalu, gantilah beberapa kata di setiap barisnya dengan memakai kata-katamu sendiri.
4. Kamu sanggup memakai kata-kata yang ada dalam bacaan atau kata-katamu sendiri yang mempunyai makna hampir sama dengan kata yang kau ganti.
5. Lakukan juga untuk baris-baris berikutnya pada bait pertama.
6. Bacalah kembali bait pertamamu, perbaiki kalau kau menemukan kata-kata yang lebih baik dengan rima dan makna yang sesuai.
7. Lakukan hal yang sama terhadap bait-bait berikutnya.
8. Setelah selesai, baca kembali keseluruhan puisimu.
9. Bacakan puisimu di depan kelas.
Ayo Berkreasi
Amatilah kehidupan masyarakat yang ada di sekitarmu! Apakah mereka berasal dari kawasan yang sama? Apakah nenek moyang mereka berasal dari kawasan yang sama? Bagaimana dengan suku asal mereka? Bagaimana juga dengan bahasa kawasan mereka?
Lakukan acara berikut ini bersama kelompokmu!
1. Bentuklah kelompok yang terdiri atas tiga orang.
2. Carilah isu dari dua orang sahabat di sekolahmu perihal suku asal atau kawasan asal mereka.
3. Carilah gambar dan keterangan sebanyak-banyaknya mengenai suku asal temanmu tersebut. Keterangan mengenai hal-hal berikut.
a. Pulau asal dan daerahnya
b. Bahasa daerah
c. Pakaian adat
d. Rumah adat
e. Kebiasaan adat
4. Dengan memakai sebuah karton ukuran A3, tuliskan semua isu yang kau dapatkan dengan rapi dan menarik.
5. Lakukan wawancara dengan kedua temanmu tersebut untuk mengetahui
a. Cara mereka bekerja sama.
b. Cara mereka menghadapi perbedaan.
c. Manfaat yang diperoleh dari bekerja sama dengan orang yang
berasal dari suku atau kawasan yang berbeda.
6. Gunakan contoh bagan berikut untuk membantu menyusun keterangan yang telah kau dapatkan.
7. Presentasikan hasil kerja kelompokmu di depan kelas!
Alternatif Jawaban :
Nama : Dinda
Daerah asal : Jakarta
Bahasa kawasan : Betawi
Pakaiana adat: Pakaian akhlak kakak dan none
Rumah adat: Rumah kebaya
Kebiasaan akhlak : Mengajarkan seni bela diri silat mulai dari belum dewasa sampai orang dewasa, Nyambat, yakni kebiasaan turun temurun mengajak orang lain tolong-menolong dalam menuntaskan suatu pekerjaan.
Nama : Sari
Daerah asal : Bangka
Bahasa kawasan : Melayu bangka
Pakaiana adat: Aisan Gede
Rumah adat: Rumah rakit, Rumah limas
Kebiasaan akhlak : Nganggung 1.000 dulang, tradisi ini ialah warisan budaya yang telah turun temurun untuk mengingat kebiasaan nenek moyang makan dulang bersama. Makan berdulang merupakan tradisi akhlak istiadat makan bersama tanpa memandang status sosial dari masyarakat yang mengikuti tradisi dari pulau Belitong.
Kesimpulan : Dinda berasal dari Jakarta dan Sari berasal dari Bangka mereka mempunyai banyak perbedaan mulai dari bahasa daerah, pakaian adat, rumah akhlak dan kebiasaan akhlak kawasan asal mereka akan tetapi mereka tetap berteman dengan baik.
Usaha keras Patih Gajah Mada untuk menyatukan Nusantara sangat beralasan. Nusantara mempunyai sumber daya alam yang bermacam-macam dan kaya dan kaya. Sumber daya alam dipakai untuk memenuhi kebutuhan insan Tahukah kau apa yang dimaksud sumber daya alam?
Ayo Mengamati
Kamu telah mempelajari banyak sekali jenis sumber daya alam yang ada di sekitarmu. Sumber daya alam ialah segala sesuatu dari alam yang sanggup dipakai untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Air, matahari, tanah, dan segala yang ada di dalamnya merupakan sumber daya alam yang harus dipelihara dan dilestarikan. Sumber daya berupa air, tanah, matahari, tumbuhan, dan binatang merupakan sumber daya alam yang sanggup diperbarui.
Beberapa sumber daya alam tersebut sanggup berupa banyak sekali bentang alam, ibarat sungai, danau, laut, tanah persawahan, dan tanah hutan.
Pada setiap bentang alam tesebut terkandung sumber daya alam, berupa air, tanah, udara bersih, tumbuhan, dan hewan.
Perhatikan kawasan di sekitar tempat tinggalmu. Amatilah beberapa sumber daya alam yang ada di sekitarmu. Catatlah sumber daya alam tersebut di dalam tabel, kemudian lengkapilah dengan keterangan manfaat sumber daya alam tersebut bagi lingkungan sekitarmu.
Alternatif Jawaban :
1. Air
2. Sebagai sumber pengairan dalam pertanian, sebagai pemenuhan kebutuhan rumah tangga, sebagai media kebersihan dan sebagai sumber tenaga listrik
3. Menggunakan dengan sebaik-baiknya atau sesuai kebutuhan
Ayo Renungkan
1. Nilai-nilai apa saja yang sanggup kau pelajari dari Patih Gajah Mada?
2. Adakah perjuangan yang telah kau lakukan untuk mulai mewujudkan citacitamu?
3. Sebutkan hal-hal gres yang kau dapatkan pada hari ini!
Kerja Sama dengan Orang Tua
Ceritakan bagaimana keluargamu memanfaatkan sumber daya air yang ada di lingkungan sekitar rumahmu. Jelaskan cara keluargamu memanfaatkannya.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 84, 86, 90, 91, 92 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 2 Hebatnya Cita-Citaku Pembelajaran 3. Semoga sanggup menambah motivasi mencar ilmu dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa eksklusif Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Teima kasih Sumber https://soaldanjawabanpg.blogspot.com/
Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 84-92 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan balasan yang sempurna berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Ayo Berdiskusi
Perhatikan dengan seksama gambar di atas! Tahukah kamu, siapakah tokoh yang terdapat dalam gambar tersebut? Ya! Tokoh tersebut ialah patih Kerajaan Majapahit berjulukan Gajah Mada. Patih Gajah Mada merupakan seorang tokoh besar yang mempunyai impian sangat besar, yaitu mempersatukan pulau-pulau dan kerajaan-kerajaan yang ada ketika itu menjadi satu yaitu, Nusantara!
Baca Juga :
Kunci balasan Tema 6 Kelas 4 Halaman 84
Diskusikan bersama teman-temanmu beberapa pertanyaan berikut!1. Apakah impian Patih Gajah Mada terlalu tinggi ketika itu?
2. Tahukah kau perjuangan apa saja yang dilakukannya untuk mencapai impian tersebut?
3. Tahukah kau bagaimana cara Patih Gajah Mada mewujudkan citacitanya?
Alternatif Jawaban :
1. Patih Gajah Mada mempunyai impian ingin mempersatukan pulau-pulau dan kerajaan-kerajaan yang ada ketika itu menjadi satu yaitu, Nusantara
2. Usaha Patih Gajah Mada untuk mewujudkan cita-citanya ialah dengan melaksanakan sumpah palapa, isi dari sumpah palapa tersebut ialah ia menyatakan tidak akan memakan palapa sebelum berhasil menyatukan Nusantara
3. Patih Gajah Mada mewujudkan cita-citanya dengan cara benar-benar melaksanakan sumpah palapa yang ia ucapkan ketika diangkat menjadi maha pati Majapahit dan bekerja keras untuk menaklukan seluruh kawasan nusantara
Setelah melaksanakan diskusi dengan temanmu, bacalah bacaan perihal Gajah mada berikut
Kunci balasan Tema 6 Kelas 4 Halaman 86
Alternatif Jawaban :
Asal-Usul : lembah Sungai Brantas di antara Gunung Kawi dan Gunung Arjuna. Ia berasal dari kalangan rakyat biasa, bukan dari kalangan keluarga kaya ataupun bangsawan
Cita-Cita : ingin mempersatukan pulau-pulau dan kerajaan-kerajaan yang ada ketika itu
Perjalanan karir : Patih Gajah Mada memulai pekerjaannya sebagai anggota prajurit Bhayangkara. Karena kemampuannya, ia pun diangkat menjadi Kepala Prajurit Bhayangkara
dengan kiprah memimpin pasukan pengaman dan pengawal Raja, Berkat kerja keras dan kepemimpinannya yang hebat, Gajah Mada menjadi seorang Patih Kerajaan Majapahit pada masa pemerintahan Ratu Tribhuawanatunggadewi Jayawisnuwardhani
Sikap dan nilai : Pemberani, bertanggung jawab tangkas kerja keras dan baik
Kamu telah tahu ciri-ciri puisi juga bagian-bagian puisi. Bacalah puisi di bawah ini dengan saksama!
Bersama dengan sahabat sebangkumu, lakukanlah acara berikut!1. Ceritakanlah pendapatmu perihal puisi tersebut. Baca kembali bacaan perihal Gajah Mada untuk membantumu memahami puisi tersebut.
2. Salinlah puisi tersebut di buku tulismu dengan memakai pensil.
3. Perhatikan baris kata-kata pada bait pertama. Lalu, gantilah beberapa kata di setiap barisnya dengan memakai kata-katamu sendiri.
4. Kamu sanggup memakai kata-kata yang ada dalam bacaan atau kata-katamu sendiri yang mempunyai makna hampir sama dengan kata yang kau ganti.
5. Lakukan juga untuk baris-baris berikutnya pada bait pertama.
6. Bacalah kembali bait pertamamu, perbaiki kalau kau menemukan kata-kata yang lebih baik dengan rima dan makna yang sesuai.
7. Lakukan hal yang sama terhadap bait-bait berikutnya.
8. Setelah selesai, baca kembali keseluruhan puisimu.
9. Bacakan puisimu di depan kelas.
Ayo Berkreasi
Amatilah kehidupan masyarakat yang ada di sekitarmu! Apakah mereka berasal dari kawasan yang sama? Apakah nenek moyang mereka berasal dari kawasan yang sama? Bagaimana dengan suku asal mereka? Bagaimana juga dengan bahasa kawasan mereka?
Lakukan acara berikut ini bersama kelompokmu!
1. Bentuklah kelompok yang terdiri atas tiga orang.
2. Carilah isu dari dua orang sahabat di sekolahmu perihal suku asal atau kawasan asal mereka.
3. Carilah gambar dan keterangan sebanyak-banyaknya mengenai suku asal temanmu tersebut. Keterangan mengenai hal-hal berikut.
a. Pulau asal dan daerahnya
b. Bahasa daerah
c. Pakaian adat
d. Rumah adat
e. Kebiasaan adat
4. Dengan memakai sebuah karton ukuran A3, tuliskan semua isu yang kau dapatkan dengan rapi dan menarik.
5. Lakukan wawancara dengan kedua temanmu tersebut untuk mengetahui
a. Cara mereka bekerja sama.
b. Cara mereka menghadapi perbedaan.
c. Manfaat yang diperoleh dari bekerja sama dengan orang yang
berasal dari suku atau kawasan yang berbeda.
6. Gunakan contoh bagan berikut untuk membantu menyusun keterangan yang telah kau dapatkan.
7. Presentasikan hasil kerja kelompokmu di depan kelas!
Kunci balasan Tema 6 Kelas 4 Halaman 90
Alternatif Jawaban :
Nama : Dinda
Daerah asal : Jakarta
Bahasa kawasan : Betawi
Pakaiana adat: Pakaian akhlak kakak dan none
Rumah adat: Rumah kebaya
Kebiasaan akhlak : Mengajarkan seni bela diri silat mulai dari belum dewasa sampai orang dewasa, Nyambat, yakni kebiasaan turun temurun mengajak orang lain tolong-menolong dalam menuntaskan suatu pekerjaan.
Nama : Sari
Daerah asal : Bangka
Bahasa kawasan : Melayu bangka
Pakaiana adat: Aisan Gede
Rumah adat: Rumah rakit, Rumah limas
Kebiasaan akhlak : Nganggung 1.000 dulang, tradisi ini ialah warisan budaya yang telah turun temurun untuk mengingat kebiasaan nenek moyang makan dulang bersama. Makan berdulang merupakan tradisi akhlak istiadat makan bersama tanpa memandang status sosial dari masyarakat yang mengikuti tradisi dari pulau Belitong.
Kesimpulan : Dinda berasal dari Jakarta dan Sari berasal dari Bangka mereka mempunyai banyak perbedaan mulai dari bahasa daerah, pakaian adat, rumah akhlak dan kebiasaan akhlak kawasan asal mereka akan tetapi mereka tetap berteman dengan baik.
Usaha keras Patih Gajah Mada untuk menyatukan Nusantara sangat beralasan. Nusantara mempunyai sumber daya alam yang bermacam-macam dan kaya dan kaya. Sumber daya alam dipakai untuk memenuhi kebutuhan insan Tahukah kau apa yang dimaksud sumber daya alam?
Ayo Mengamati
Kamu telah mempelajari banyak sekali jenis sumber daya alam yang ada di sekitarmu. Sumber daya alam ialah segala sesuatu dari alam yang sanggup dipakai untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Air, matahari, tanah, dan segala yang ada di dalamnya merupakan sumber daya alam yang harus dipelihara dan dilestarikan. Sumber daya berupa air, tanah, matahari, tumbuhan, dan binatang merupakan sumber daya alam yang sanggup diperbarui.
Beberapa sumber daya alam tersebut sanggup berupa banyak sekali bentang alam, ibarat sungai, danau, laut, tanah persawahan, dan tanah hutan.
Pada setiap bentang alam tesebut terkandung sumber daya alam, berupa air, tanah, udara bersih, tumbuhan, dan hewan.
Perhatikan kawasan di sekitar tempat tinggalmu. Amatilah beberapa sumber daya alam yang ada di sekitarmu. Catatlah sumber daya alam tersebut di dalam tabel, kemudian lengkapilah dengan keterangan manfaat sumber daya alam tersebut bagi lingkungan sekitarmu.
Kunci balasan Tema 6 Kelas 4 Halaman 91, 92
Alternatif Jawaban :
1. Air
2. Sebagai sumber pengairan dalam pertanian, sebagai pemenuhan kebutuhan rumah tangga, sebagai media kebersihan dan sebagai sumber tenaga listrik
3. Menggunakan dengan sebaik-baiknya atau sesuai kebutuhan
Ayo Renungkan
1. Nilai-nilai apa saja yang sanggup kau pelajari dari Patih Gajah Mada?
2. Adakah perjuangan yang telah kau lakukan untuk mulai mewujudkan citacitamu?
3. Sebutkan hal-hal gres yang kau dapatkan pada hari ini!
Kerja Sama dengan Orang Tua
Ceritakan bagaimana keluargamu memanfaatkan sumber daya air yang ada di lingkungan sekitar rumahmu. Jelaskan cara keluargamu memanfaatkannya.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 84, 86, 90, 91, 92 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 2 Hebatnya Cita-Citaku Pembelajaran 3. Semoga sanggup menambah motivasi mencar ilmu dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa eksklusif Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Teima kasih