Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Balasan Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 75, 76, 77, 78, 80, 81, 82

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 4 Halaman 75, 76, 77, 78, 80, 81, 82 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 2 Hebatnya Cita-Citaku Pembelajaran 2 Terdiri dari Mata Pelajaran B.Indonesia, SBDP dan IPA.

Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi Terbaru.

Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 75-82 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan tanggapan yang sempurna berikut kami bagikan alternatif jawaban.

Perhatikanlah gambar-gambar berikut ini!

 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 75, 76, 77, 78, 80, 81, 82

Profesi apa sajakah yang ditunjukkan oleh gambar-gambar tersebut?

Ayo Mengamati
Siapakah di antaramu yang ingin menjadi pekerja seni? Pekerja seni yakni orang yang mempunyai talenta dan kemampuan tertentu yang bekerja di banyak sekali bidang kesenian. Para penari, pelukis, animator, sutradara, dan pesulap merupakan beberapa pola pekerja seni. Para pekerja seni ini bekerja untuk menciptakan orang lain merasa bahagia dan semakin menghargai keindahan di sekitarnya.
Jika kau harus memilih, pekerja seni manakah yang paling kau sukai?
Mengapa? Keterampilan dan pengetahuan apa saja yang harus dimiliki?
Kehebatan apa saja yang kalian ketahui dari para pekerja seni? Tuliskan pendapatmu pada secarik kertas kecil, kemudian tukarkan dengan teman sebangkumu. Berdiskusilah perihal pendapat kalian masing-masing!

Ayo Membaca 
Apakah kau menyukai seni tari? Ada banyak penari kawasan yang telah berjasa bagi perkembangan seni di Indonesia dan memperkenalkan budaya Indonesia ke mancanegara. Para penari kawasan biasanya bermula dari kesenangan menari dan menurunkan tradisi seni daerah. Sungguh mulia tugas para penari kawasan itu. Berikut ini yakni sebuah kisah perihal seorang penari daerah.

Bacalah teks berikut dengan saksama!

 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 75, 76, 77, 78, 80, 81, 82

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 75


 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 75, 76, 77, 78, 80, 81, 82

Alternatif Jawaban :
1. Nama tarian yang menjadi profesi Ibu Supina yakni Tari Gandrung yang bersal dari Banyuwangi Jawa Timur
2. Fungsi dari tari gandrung pada masa penjajahan belanda ini mempunyai tugas untuk melaksanakan jasus kaum geriliyawan melaksanakan acara pengumpulan terhadap logistik untuk pasukan yang berada didaerah pedalaman.
3. Sikap dan nilai yang ditunjukkan Ibu Supinah sebagai seorang penari kawasan yakni sanggup melestarikan budaya daerah
4. Nilai, sikap, dan keterampilan yang diharapkan untuk menjadi seorang penari yakni perilaku tanggung jawab , keterampilan menari, penguasaan teknik dan menghayati lagu dengan baik

Ayo Membaca 
Kehidupan seorang penari menarik untuk diketahui. Dengan kecintaannya terhadap seni daerah, Ibu Supinah berupaya keras untuk melestarikan warisan budaya daerah. Mari kita simak sebuah puisi perihal seorang penari berikut ini!

 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 75, 76, 77, 78, 80, 81, 82

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 76, 77

Ayo Berdiskusi
Diskusikan bersama dengan teman sebangkumu untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut!

 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 75, 76, 77, 78, 80, 81, 82
Alternatif Jawaban :
1. Puisi Penari, Karya, Hascahya Trilion Laksono
2. 6 Bait
3. 12 Baris
4. Puisi tersebut menceritakan perihal seorang penari yang menari dengan hati sehingga bisa terpancar keindahan yang mempesona
Puisi penari diatas menceritakan mengenai lenggak lenggok seorang penari yang begitu mempesona tak bosan dipandang, semua gerakan seirama dengan melodi senyum yang terpancarpun menciptakan hati penonton senang. Itu semua alasannya yakni penari melaksanakan dengan ketulusan hatinya sehingga menghasilkan keindahan yang mempesona.
5.
 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 75, 76, 77, 78, 80, 81, 82
Ayo Mengamati
Seni tari merupakan salah satu bentuk seni yang ada dalam kehidupan masyarakat tradisional. Negara Indonesia yang sangat kaya dengan keragaman seni budaya, tentu mempunyai seni tari yang banyak jumlahnya. Akan tetapi, jumlah itu akan terus berkurang apabila generasi muda tidak mengenalnya. Oleh karenanya, sangatlah penting untuk mengetahui tari-tari kawasan Indonesia.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 78

Amatilah gambar tari berikut ini!

 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 75, 76, 77, 78, 80, 81, 82

Pasangkan keterangan berikut ini dengan gambar yang sesuai biar kau mengetahui nama tari dan asal tari kawasan tersebut!

Alternatif Jawaban :
 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 75, 76, 77, 78, 80, 81, 82
Ayo Berlatih
Kamu akan melaksanakan acara berikut ini secara berkelompok yang terdiri atas empat sampai lima orang. Ikutilah langkah-langkah acara berikut!
Pilihlah salah satu tari kawasan yang paling kau suka atau yang paling kau kenal.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 78
Pilihlah salah satu tari kawasan yang paling kau suka atau yang paling kau kenal.
1. Carilah gosip melalui banyak sekali sumber untuk mengetahui nama tari, asal tari, dan  cerita perihal tari pilihanmu.

Alternatif Jawaban : 
Tari Saman yakni tarian Suku Gayo yang berasal dari Aceh, Tari saman biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat. Syair dalam tarian saman mempergunakan Bahasa Gayo. Selain itu biasanya tarian ini juga ditampilkan untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Dalam beberapa literatur menyebutkan tari saman di Aceh dididrikan dan dikembangkan oleh Syekh Saman, seorang ulama yang berasal dari Gayo di Aceh.

2. Carilah gosip perihal beberapa gerakan tari kawasan pilihanmu dan makna gerakannya.

Alternatif Jawaban : 
Tarian Saman memakai dua unsur gerak yang menjadi unsur dasar dalam tarian saman, Yakni tepuk tangan dan tepuk dada.

3. Cobalah untuk mengikuti beberapa gerak tari kawasan pilihanmu bersama dengan teman sekelompokmu.

Negara Indonesia memang kaya akan budaya dengan bermacam-macam masyarakat yang tinggal di dalamnya. Sebagai negara kepulauan, Indonesia mempunyai ribuan pulau dan perain bahari yang luas . Dengan demikian, Indonesia mempunyai potensi sumber daya dari makhluk hidup yang hidup dan berkembang di dalamnya. Apa saja manfaat makhluk hidup di sekitar kita?

Ayo Membaca
 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 75, 76, 77, 78, 80, 81, 82
 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 75, 76, 77, 78, 80, 81, 82

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 80, 81


 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 75, 76, 77, 78, 80, 81, 82

Alternatif Jawaban :
1. Peta pikiran untuk menjelaskan manfaat flora dan binatang terhadap kehidupan manusia
Manfaat flora bagi kehidupan 
- Bahan makanan
- Bahan obat
- Pembuatan kain
- Penghasil oksigen
- Menyerap karbon dioksida
- Bahan bangunan

Manfaat Hewan bagi tumbuhan
- Bahan pangan
- Bahan pakaian
- Membantu pekerjaan manusia

2. Manfaat flora bagi kehidupan :
 a. Menjadikan udara sekitarnya menjadi sejuk
 b. Membantu insan dan binatang membersihkan udara dari racun
 c. Tumbuhan sanggup mencegah tanah longsor
 d. flora sanggup mengatasi kekeringan alasannya yakni akar-akar flora menyerap air sehingga air tidak pribadi mengalir kelaut dan air bisa bertahan sebentar menjadi air bawah tanah
 e. Manfaat flora jenis buah menghasilkan buah-buahan
 f. Tumbuhan jenis obat menghasilkan bahan-bahan obat
 g. bermanfaat menyediakan kayu sebagai materi bangunan & kerajinan
 h. tempat berteduh

3. Manfaat binatang bagi kehidupan 
a. Penghasil materi pangan contohnya daging (sapi, ayam, kambing ), Telur ( ayam, angsa ), Susu ( Sapi, Kambing )
b. Penghasil materi Sandang contohnya kain sutra (ulat sutra ), wol ( bulu domba ), jaket kulit ( sapi, kerbau, ular) tas kulit (kulit ular, kulit buaya )
c. Penghasilan pupuk organik Misalnya Pupuk sangkar ( kotoran sapi, kerbau, kambing )
d. Penghasil tenaga Misalnya Menarik delman ( kuda ), membajak sawah (kerbau), menarik pedati(sapi)
e. Penghasil materi kerajinan Misalnya Satle cock (bulu angsa), wayang kulit (kulit sapi )
f. Untuk menggemburkan tanah Misalnya cacing tanah

4. Yang akan terjadi pada kawasan yang tidak subur sehingga flora sulit tumbuh
a. Daerah menjadi gersang
b. Sulit mendapat air (karena tidak ada flora yang menyimpan air tanah )
c. Udara kotor, alasannya yakni tidak ada flora yang sanggup menyerapkarbon dioksida
d. Udara jadi terasa panas, alasannya yakni tidak ada flora penghasil oksigen
e. Hewan-hewan yang hidup didaerah tersebut juga hanya binatang yang bisa menyimpan air ibarat unta, atau binatang yang bisa bertahan dengan sedikit air.

5. Yang akan terjadi pada hewan-hewan yang berada di hutan yang telah dirusak oleh acara manusia:
a. Hewan akan kehilangan habitatnya
b. Hewan pemakan flora (herbivora ) akan kehilangan sumber makanan
c. Hewan akan mati bahkan punah
d. Hewan akan turun gunung / masuk ke pemukiman

Ayo Mengamati
Perhatikan lingkungan tempat tinggalmu dan sekolahmu dengan seksama!
1.  Buatlah daftar flora dan binatang yang ada di sana.
2.  Amatilah manfaat flora dan binatang itu baik bagi lingkungan rumahmu maupun lingkungan sekolah.
Bandingkan hasil pengamatanmu. Ceritakan di depan kelas.

 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 75, 76, 77, 78, 80, 81, 82
3. Bandingkanlah hasil pengamatanmu dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut ini.
a.  Adakah flora yang sama yang ada di rumah dan sekolahmu?
b.  Jika ada, apakah keduanya dimanfaatkan dengan cara yang sama?
Jelaskanlah!
c.  Adakah binatang yang sama yang ada di rumah dan sekolahmu?
d.  Jika ada, apakah keduanya dimanfaatkan dengan cara yang sama?
Jelaskanlah!
Apakah yang sanggup kau simpulkan dari hasil pengamatanmu di atas?
 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 75, 76, 77, 78, 80, 81, 82

Alternatif Jawaban Halaman 82:
 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 75, 76, 77, 78, 80, 81, 82

Kesimpulanku : Tumbuhan dan binatang yang hidup dilingkungan sekolah dan rumah mempunyai banyak manfaat.

Ayo Renungkan
1.  Sebutkan tiga hal penting buatmu yang telah kau pelajari kali ini!
2. Sebutkan cara-cara memanfaatkan flora dan binatang yang bijak di lingkungan rumahmu?
Kerja Sama dengan Orang Tua
Buatlah gambar perihal sebuah tumbuhan yang ada di rumahmu. Jelaskan nama, bagian-bagian tumbuhan, dan keuntungannya bagi lingkunganmu.

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 75, 76, 77, 78, 80, 81, 82 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 2 Hebatnya Cita-Citaku Pembelajaran  2. Semoga sanggup menambah motivasi mencar ilmu dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa pribadi Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Teima kasih.

Sumber https://soaldanjawabanpg.blogspot.com/