Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Tanggapan Buku Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 Halaman 16, 17, 19, 20

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 6 Halaman 16, 17, 19, 20 - Pembelajaran Kelas 6 Tema 7 Kepemimpinan Subtema 1 Pemimpin di Sekitarku Pembelajaran 2 yang Membahas Tentang Raden Ajeng Kartini.

Buku Tematik Siswa yang dipakai sebagai sumber berguru kelas 6 merupakan buku tematik terpadu kurikulum 2013 (K13) Revisi Tahun 2018

Pada pembahasan bahan pembelajaran kelas 6 Tema 7 Kepemimpinan Subtema 1 Pemimpin di Sekitarku siswa harus menuntaskan kiprah secara berdikari setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik kelas 6 ini. Untuk membantu pemahan bahan dan latihan soal tematik secara sempurna berikut ini kami bagikan alternatif balasan yang terdapat pada halaman 16-20


 yang Membahas Tentang Raden Ajeng Kartini Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 Halaman 16, 17, 19, 20

Baca Juga:

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 16-20


Hari itu, Dayu dan teman-teman mempelajari lagu baru. Lagu itu berjudul “Ibu Kita Kartini” ciptaan W.R. Soepratman. Inilah lagu yang dipelajari Dayu dan teman-teman.

 yang Membahas Tentang Raden Ajeng Kartini Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 Halaman 16, 17, 19, 20

Ayo Bernyanyi
Pelajarilah lagu “Ibu Kita Kartini” hingga kau sanggup menyanyikan dengan baik dan benar. Kemudian, nyanyikan bersama teman-temanmu. Jika perlu,diiringi dengan alat musik yang ada di sekitarmu. Perhatikan keselarasan bunyi dan musiknya (jika kalian memakai iringan).

Ayo Mengamati

Apa yang kau ketahui perihal Ibu Kartini? Amatilah bacaan teks pidato berikut.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang saya hormati teman–teman dan para hadirin semua.

Hari ini merupakan hari yang bersejarah bagi kita semua. Tanggal 21 April yakni momen yang harus selalu kita syukuri. Kita mengenang usaha seorang jagoan di masa kemudian yang berusaha mengakibatkan perempuan mempunyai hak yang sama dengan kaum laki–laki.

Puji syukur marilah senantiasa kita ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia dan kesehatan sehingga kita masih sanggup memperingati dan memaknai peringatan Hari Kartini tahun ini.Kita semua tahu, bahwa sosok R.A. Kartini memang sosok yang sangat mulia dengan kesabaran dan keteguhannya berjuang untuk harkat kaum perempuan dan pendidikan Indonesia.

Semangat dan ketekunan Ibu Kartini alhasil membuahkan hasil.Beliau sukses mendirikan sebuah sekolah perempuan dan mengajarkan ilmu pengetahuan dan keterampilan-keterampilan untuk meningkatkan kiprah wanita.

Hari Kartini diperingati setiap tahun. Sebaiknya, acara ini bukan hanya sebagai seremonial, namun kita harus memaknai peringatan Hari Kartini.Dengan memahami makna Hari Kartini, para perempuan Indonesia terus berupaya meningkatkan kiprahnya demi kemajuan bangsa dan Negara tanpa melupakan kodratnya sebagai seorang wanita.

Semoga dengan peringatan ini, akan muncul Kartini–Kartini generasi gres untuk terus berjuang, baik sebagai pejuang hak perempuan maupun sebagai pondasi penting dalam kemajuan Negara Indonesia di aneka macam aspek.Seperti lirik lagu yang diciptakan oleh W.R. Soepratman “Ibu kita Kartini,Putri sejati, Putri Indonesia, Harum namanya”. Meskipun Ibu Kartini sudah tidak ada, tetapi namanya dan perjuangannya sanggup terus dinikmati hingga sekarang.

Semoga kita sanggup menjaga hasil jerih payah usaha Ibu Kartini dan meneruskan usaha ia dalam kehidupan. Sekian pidato dari saya.Mohon maaf kalau ada kekurangan dan kesalahan.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 16 


Ayo Berdiskusi

Lakukan bersama kelompokmu.

 yang Membahas Tentang Raden Ajeng Kartini Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 Halaman 16, 17, 19, 20

1. Bacalah teks pidato di atas.

2. Identifikasilah info-info berikut.

Pembicara pidato

Alternatif Jawaban :

Siswa

Pendengar pidato

Alternatif Jawaban :

Siswa

Tempat pidato

Alternatif Jawaban :

Di sekolah

Suasana ketika disampaikannya pidato

Alternatif Jawaban :

Hening

Poin-poin penting isi pidato

Alternatif Jawaban :
  • Salam
  • Pembukaan
  • Ucapan syukur
  • Peran R.A Kartini
  • Harapan dengan dilaksanakan peringatan hari Kartini
  • Penutup
  • Salam

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 17


Ayo Mencoba

Pada Pembelajaran 1, kau telah menciptakan konsep pidato menurut bacaan.
Sekarang, buatlah konsep pidato dengan menuliskannya dalam bentuk denah ibarat berikut.

Alternatif Jawaban :

 yang Membahas Tentang Raden Ajeng Kartini Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 Halaman 16, 17, 19, 20

Ayo Membaca

Kamu telah menyanyikan lagu “Ibu Kita Kartini” dan membaca teks pidato memperingati Hari Kartini. Apakah kau ingin mengetahui perihal kepemimpinan R.A. Kartini pada masa itu? Bacalah teks perihal R.A. Kartini berikut.

Raden Ajeng Kartini
Raden Ajeng Kartini lahir di Jepara, 21 April 1879. Beliau berasal dari keluarga aristokrat Jawa. Kartini putri dari pasangan Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat dan M. A. Ngasirah. Beliau merupakan anak ke-5 dari 11 bersaudara.

Kartini kecil berbeda dengan belum dewasa perempuan di kampungnya. Iamendapatkan kesempatan mengenyam pendidikan di sekolah bagus.Kartini menempuh pendidikan di ELS (Europese Lagere School) hingga usianya 12 tahun. Setelah itu, ia dipingit di rumah sesuai tradisi Jawa pada masa itu.

Selama sekolah di ELS, Kartini berguru Bahasa Belanda. Karena bias berbahasa Belanda, Kartini berkirim surat kepada teman-teman di Belanda. Beberapa temannya, yaitu Rosa Abendanon dan Estelle “Stella” Zeehandelaar.

Surat-surat yang ditulisnya lebih banyak berisi keluhan-keluhan perihal kehidupan perempuan pribumi yang sulit untuk maju. Kebiasaan perempuan harus dipingit dan tidak bebas menuntut ilmu diungkapkan dalam surat-surat Kartini. Menurut Kartini, perempuan harus memperoleh kebebasan dan kesetaraan baik dalam kehidupan maupun di mata hukum.

Kartini ingin melanjutkan sekolah ke Jakarta atau ke Belanda, tetapi orang tuanya tidak mengizinkannya. Meskipun demikian, orang tuanya tidak melarangnya untuk menjadi seorang guru. Kartini pun mengajar anakanak perempuan di sekitar rumahnya di Jepara.

Pada usia 24 tahun, Kartini dinikahkan dengan K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat. Kepada suaminya, Kartini memberikan bahwa ia ingin menjadi guru dan mendirikan sekolah. Keinginan Kartini disambut baik suaminya. Kartini didukung untuk mendirikan sekolah perempuan di kompleks kantor Kabupaten Rembang.

Setahun menikah, Kartini dikaruniai seorang anak pria berjulukan Soesalit Djojo Adhiningrat yang lahir pada tanggal 13 September 1904. Namun, empat hari sesudah melahirkan, Kartini meninggal pada 17 September 1904 dalam usia 25 tahun. Ia dimakamkan di Desa Bulu,Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Meski sudah meninggal, usaha Kartini lewat surat-suratnya mempunyai arti penting bagi kedudukan perempuan Indonesia. Berdasarkan surat-suratnya itu, diterbitkanlah buku “Habis Gelap Terbitlah Terang”.

Berkat jasanya, R.A. Kartini ditetapkan sebagai salah satu Pahlawan Nasional Indonesia. Hingga hari ini setiap tanggal 21 April, kita memperingati Hari Kartini untuk mengenang jasa-jasa Ibu R.A. Kartini.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 19

Jawab pertanyaan berikut menurut teks.

1. Informasi penting perihal Raden Ajeng Kartini.

Alternatif Jawaban :
  • Raden Ajeng Kartini lahir di Jepara, 21 April 1879.
  • Kartini menempuh pendidikan di ELS (Europese Lagere School) hingga usianya 12 tahun.
  • Kartini mengajar anakanak perempuan di sekitar rumahnya di Jepara. 
  • Pada usia 24 tahun, Kartini dinikahkan dengan K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat. 
  • Kartini meninggal pada 17 September 1904 dalam usia 25 tahun. 
  • Surat-suratnya itu, diterbitkan menjadi buku “Habis Gelap Terbitlah Terang”. 
  • Setiap tanggal 21 April, kita memperingati Hari Kartini untuk mengenang jasa-jasa Ibu R.A. Kartini.

2. Sikap-sikap yang sanggup kau teladani dari Raden Ajeng Kartini.

Alternatif Jawaban :
  • Bekerja keras
  • Peduli terhadap perempuan Indonesia
  • Berpikiran maju
  • Pantang menyerah
  • Selalu semangat untuk belajar

 yang Membahas Tentang Raden Ajeng Kartini Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 Halaman 16, 17, 19, 20

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 20


Ayo Berdiskusi

Amatilah gambar berikut.

 yang Membahas Tentang Raden Ajeng Kartini Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 Halaman 16, 17, 19, 20

Apa perbedaan fisik perempuan sebelum dan sesudah masa pubertas?Diskusikan bersama sahabat sekelompokmu, kemudian bacakan hasilnya di depan kelompok-kelompok lain.

Alternatif Jawaban :

Sebelum masa pubertas
  • Dada kecil
  • Suara tidak melengking
  • Panggul kecil

Setelah masa pubertas
  • Dada membesar
  • Suara melengking
  • Pinggul membesar

Ayo Berkreasi

Pada Pembelajaran 1 kau telah menuliskan rencana pembuatan karya poster/buklet perihal cara menyikapi masa pubertas dengan memperhatikan ciricirinya.Sekarang,wujudkan karyamu dengan menciptakan karya poster/buklet tersebut.Kerjakan dengan sungguh-sungguh dan sebaik mungkin. Selamat berkarya.

Demikanlah postingan mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 Halaman 16, 17, 19, 20, biar bermanfaat untuk pembaca sekalian.
Sumber https://soaldanjawabanpg.blogspot.com/