Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Balasan Buku Tematik Kelas 3 Tema 6 Halaman 23, 24, 27

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 3 Halaman 23, 24, 27 - Pembelajaran Kelas 3 Tema 6 Energi dan Perubahannya Subtema 1 Sumber Energi Pembelajaran 3Terdiri dari Mata Pelajaran SBDP, Matematika, dan B. Indonesia.

Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas 3 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018.

Dalam Buku Siswa Kelas 3 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 23-27 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan balasan yang sempurna berikut kami bagikan alternatif jawaban.

 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 3 Tema 6 Halaman 23, 24, 27

Kunci Jawaban Kelas 3 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 23-27

Ayo Membaca
Setelah beristirahat sejenak, Siti dan teman-teman melanjutkan aktivitas belajar. Mereka membaca teks di bawah ini.
Bacalah wacana di bawah ini dengan nyaring!
Bacalah dengan lafal dan intonasi yang tepat!

Menjaga Kelestarian Energi yaitu Kewajiban Bersama
Setelah melaksanakan kegiatan, badan kita merasa lelah. Saat badan lelah, kita membutuhkan
istirahat. Istirahat akan mengembalikan kesejukan tubuh. Selain istirahat, kita membutuhkan asupan kuliner dan minuman. Makanan dan minuman menciptakan badan berenergi kembali.
Makanan yaitu sumber energi bagi tubuh. Sebagian besar kuliner berasal dari tumbuhtumbuhan. Karena itu, kita wajib memelihara dan melestarikan tumbuh-tumbuhan.
Selain makanan, badan juga membutuhkan minuman sebagai sumber energi. Untuk minum, kita membutuhkan air bersih. Namun, ketika ini banyak sumber air yang sudah tercemar. Baik
sumber air di kota maupun di desa. Pencemaran air disebabkan oleh sampah atau limbah. Sampah dan limbah yang dibuang ke air itulah yang mencemarkan air.
Air bukan hanya sebagai sumber energi bagi tubuh. Air juga merupakan sumber energi listrik. Listrik yaitu salah satu energi yang sangat diharapkan manusia. Bumi yang kita tempati yaitu milik semua makhluk yang hidup di bumi. Kita harus menjaga kelestarian energinya. Kita dihentikan memikirkan kepentingan diri sendiri. Kita harus memikirkan
kepentingan bersama. Jika sumber energi habis, maka kehidupan insan akan terancam.
Ada beberapa cara yang sanggup dilakukan untuk melestarikan sumber energi. Di antaranya adalah:
1. merawat dan memelihara tanam-tanaman,
2. melaksanakan penghijauan,
3. tidak membuang sampah dan limbah ke sumber air,
4. memakai air secukupnya saja.
Marilah mencoba untuk menerapkannya dalam aktivitas sehari-hari.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 23 

Kalian telah membaca wacana di atas. Sekarang, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut !

 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 3 Tema 6 Halaman 23, 24, 27 

Alternatif Jawaban :
1. Karena kuliner dan minuman yaitu sumber energi bagi tubuh
2. Air higienis yang diminum menghasilkan energi untuk tubuh
3. Banyaknya kawasan yang kekurangan air higienis lantaran :
a. Penggunaan air berlebih
b. Perubahan iklim, biasanya ketika demam isu kemarau sumber air berkurang
c. Pencemaran air dan peningkatan jumlah populasi insan yang membutuhkan air meningkat.
4. Agar sumber energi tidak habis lantaran bumi yang kita tempati yaitu milik bersama
5. Menggunakan air seperlunya

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 24

Ceritakan kembali isi bacaan di atas! Gunakan bahasamu sendiri!

 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 3 Tema 6 Halaman 23, 24, 27

Alternatif Jawaban :
Saat badan kita lelah kita tidak hanya memerlukan istirahat kita juga membutuhkan asupan kuliner dan minuman biar badan berenergi kembali, kuliner yaitu sumber energi bagi tubuh, selain kuliner badan juga membutuhkan minuman sebagai sumber energi, kita butuh air higienis untu minum.

Ayo Mengamati
Siti dan teman-teman telah menuntaskan tugas. Kemudian Pak Guru melanjutkan pelajaran. Berikut ini yaitu percakapan antara Pak Guru dan muridmurid.
 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 3 Tema 6 Halaman 23, 24, 27

Setelah membaca obrolan di atas kita memahami perihal kejadian yang memerlukan waktu lebih usang dan lebih singkat.
Berikut ini yaitu macam-macam satuan waktu.
Ada tahun, bulan, minggu, hari, jam, menit, dan detik.
Kali ini, kita hanya akan mempelajari perihal tahun, bulan, minggu, dan hari. Tentang jam, menit, dan detik akan dipelajari kemudian. 1 tahun sama dengan 12 bulan. 1 bulan terdiri atas 28 hingga 31 hari.

Lihat tabel di bawah ini!

 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 3 Tema 6 Halaman 23, 24, 27

Khusus bulan Februari setiap 4 tahun sekali jumlah harinya ada 29 hari.
Banyak hari dari Minggu hingga dengan Sabtu yaitu 7 hari. Tujuh hari itu disebut seminggu. Satu bulan terdiri dari 4 ahad atau lebih, tergantung jumlah hari dalam bulannya. Kalau jumlahnya ada 28 hari, berarti sebulan sama dengan 4 minggu. Jika jumlahnya 31 hari berarti 1 bulan sama dengan 4 ahad 3 hari.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 27


 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 3 Tema 6 Halaman 23, 24, 27

Alternatif Jawaban

 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 3 Tema 6 Halaman 23, 24, 27

 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 3 Tema 6 Halaman 23, 24, 27

Ayo Mencoba
Masih ingatkah lagu yang dipelajari pada Pembelajaran 1?
Ayo menyanyikan lagi bersama-sama!
Coba perhatikan kembali irama lagu tersebut!
Kemudian mainkan musik mengikuti rujukan irama lagunya.

 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 3 Tema 6 Halaman 23, 24, 27

Alat-alat musik tersebut yaitu alat musik ritmis. Mari mainkan secara berkelompok. Satu kelompok memainkan satu jenis alat musik. Bait pertama, baris pertama lagu diiringi dengan
suara marakas. Bait pertama baris kedua diiringi dengan tamborin. Bait pertama baris ketiga diiringi kastanyet. Bait pertama baris keempat diiringi rebana.
Bait kedua polanya sama dengan bait pertama. Bait ketiga dari baris pertama hingga dengan
keempat diiringi oleh semua alat musik.
Matahari
Ciptaan: Nurhasanah
Matahari bersinarlah terperinci (marakas)
Burung-burung pun berkicau riang (tamborin)
Harum semerbak bunga berkembang (kastanyet)
Tandanya hari mulai siang (rebana)
*) Maha kuasa Tuhan Yang Esa (marakas)
Yang telah menurunkan rahmat-Nya (tamborin)
Tuhan Pengasih Tuhan Penyayang (kastanyet)
Mari bersyukur kepada-Nya (rebana)
Refr. Matahari sumber kehidupan
Sumber energi yang utama
Cahayanya bersinar terang
Pohon-pohon menari riang
(semua alat musik)

Kegiatan Bersama Orang Tua
Orang bau tanah mengajak siswa mengamati kalender dan menghitung jumlah hari dalam setiap bulannya. Siswa diminta menuliskan daftar nama bulan yang jumlah harinya sama.

Demikianlah artikel perihal Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 3 Tema 6 Halaman 23, 24, 27 - Pembelajaran Kelas 3 Tema 6 Energi dan Perubahannya Subtema 1 Sumber Energi Pembelajaran 3. Semoga sanggup menambah motivasi mencar ilmu dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda sanggup eksklusif Contact atau sanggup dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
Sumber https://soaldanjawabanpg.blogspot.com/