Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simbol-Simbol Materi Kimia Di Laboratorium


Salah satu faktor terjadinya kecelakaan kerja di laboratorium yakni penanganan materi kimia yang tidak sesuai. Penyimpanan materi kimia harus mempertimbangkan kualifikasi dan sifat bahan. Bahan kimia tidak harus disimpan sesuai dengan urutan abjad, namun penggunaan dengan aksara akan memudahkan mengelompokkannya. Penyimpanan materi cair dan padat harus terpisah dan harus diadaptasi dengan sifatnya. Bahan cair yang telah diencerkan dan materi padat yang telah dibentuk dalam larutan harus disimpan dalam wadah yang sesuai dan diberi label. Label materi kimia minimal menyertakan nama, konsentrasi, dan tanggal pembuatan. Bahan kimia yang tidak mempunyai label harus disingkirkan dan tidak diperbolehkan untuk digunakan, kalau perlu ditelusur identitasnya.
Beberapa jenis zat kimia serta peralatannya dipakai di laboratorium IPA. Dengan demikian, kita harus mengetahui sifat-sifat dari semua bahan-bahan kimia yang terdapat di laboratorium. Adapun sifat dari bahan-bahan kimia antara lain beracun, korosif atau gampang terbakar. Oleh sebab itu, bahan-bahan ini disimpan dan dikemas dalam botol atau wadah yang diberi dan simbol tertentu. Beberapa simbol dan cara penanganannya sanggup dilihat pada tabel berikut.

Simbol
Sifat
Contoh
Cara penanganan
Radioaktif
Karbon-14, uranium, dan plutonium
Kalau tidak perlu jangan memakai materi ini, sebab materi ini memancarkan sinar-sinar radioaktif yang sanggup merusak atau mematikan sel-sel tubuh.

Beracun
Mercuri, sianida, gas klorin, dan karbon tetraklorida
ØJika bersentuhan, cuci dengan sabun dan alirkan air di atasnya.
ØJika terhirup atau tertelan, segera muntahkan.
ØKonsumsi susu sehabis experimen dengan bahan-bahan ini.

Mudah terbakar
Alkohol, natrium, fosforus, dan minyak tanah
Sediakan lap berair kalau terjadi kebakaran oleh minyak atau alkohol, gunakan tabung pemadam kebaran untuk memadamkan api.
Berbahaya, berbau tajam, dan menyengat
Uap bromin, amonida, dan asam sulfat.
Pada dikala memakai materi ini tutuplah hidung dan verbal dengan masker dan lakukan di dalam lemari. Muntahkan kalau tercium materi ini dan segera hubungi guru pembimbing.
Mudah meledak
Campuran hidrogen dan oksigen, dan kalium
Disimpan dalam minyak parafin dan jangan disimpan di dalam laboratorium yang lembap.
Korosif (mengikis)
Asam dan basa besar lengan berkuasa ibarat asam klorida, asam sulfat, sodium hidroksida, dan potasium hidroksida
Jika terkena kulit segera cuci dengan air yang mengalir beberapa saat, hal ini bertujuan untuk mengurangi konsentrasi larutan.






































































Download file lengkap materi: Bab 1 Ruang Lingkup Biologi


Sumber http://buntiris.blogspot.com/