Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Balasan Buku Siswa Tema 5 Kelas 3 Halaman 149

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 5 Halaman 149 - Pembelajaran Kelas 3 Tema 5 Cuaca Subtema 3 Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia Pembelajaran 4 Terdiri dari Mata Pelajaran PKN, B.Indonesia, dan PJOK.

Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas 3 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018

Dalam Buku Siswa Kelas 3 Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 147-154 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan tanggapan yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 149

Ayo Membaca
Hari ini, Edo tidak sanggup hadir ke sekolah. Edo sakit flu dan demam. Kemarin ketika pulang sekolah, Edo kehujanan. Edo lupa membawa payung ataupun jas hujan.

Saat berangkat, Edo melihat matahari bersinar. Itu tanda cuaca akan cerah. Untuk itu, Edo tidak menyiapkan payung ataupun jas hujan.

Ternyata, ketika siang hari, langit berubah kelam. Pulang sekolah, hujan turun cukup deras. Perubahan cuaca menciptakan kondisi badan Edo berubah.

Pernahkah kau mengalami hal ibarat Edo?

Ayo Mengamati
Perubahan Cuaca
Cuaca ketika ini memang gampang berubah. Hujan turun sepanjang hari. Saluran air tak bisa menampung air hujan. Manusia sering membuang sampah sembarangan. Saluran air tersumbat. Lingkungan pun menjadi banjir.

Saat ekspresi dominan kemarau, panas matahari terasa terik. Hujan tak turun hingga waktu yang lama. Kekeringan melanda wilayah suatu daerah.

Cuaca ibarat ini sanggup memengaruhi kondisi kesehatan manusia. Untuk itu, kita harus menjaga kondisi tubuh. Caranya dengan makan makanan yang bergizi. Kita pun harus berolahraga secara teratur. Jangan lupa untuk beristirahat dengan cukup.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Halaman 149

Temukan kata-kata yang berafiliasi dengan perubahan cuaca. Jelaskan makna kata sesuai
pemahamanmu!

Contoh:
Banjir, air yang banyak dan deras, kadang meluap.
Kalimat: “Pada ekspresi dominan hujan, kawasan itu sering dilanda banjir.”

Hujan :  titik-titik air yang berjatuhan dari udara sebab proses pendinginan.
Kalimat : Pada hari Minggu hujan turun sepanjang hari.

Kemarau : Musim kemarau atau ekspresi dominan kering ialah ekspresi dominan dengan curah hujan sangat sedikit.
Kalimat : Banyak kawasan dilanda tragedi kekeringan ketika ekspresi dominan kemarau.

Matahari :  benda angkasa, titik sentra tata surya berupa bola berisi gas yang mendatangkan jelas dan panas pada bumi.
Kalimat : Matahari bersinar sepanjang hari ketika ekspresi dominan kemarau.

Kekerongan : keadaan kekurangan pasokan air pada suatu kawasan dalam masa yang berkepanjangan.
Kalimat : Daerah Gunung Kidul di Yogyakarta sering dilanda tragedi kekeringan.

Ayo Bercerita
Ceritakanlah pengalamanmu di depan kelas. Saat tubuhmu tidak bertahan akhir perubahan cuaca.
Lakukan sambil bermain peran. Ada yang berperan sebagai orang yang sakit. Ia akan menceritakan kondisi yang dialaminya.

Ada yang berperan sebagai teman. Ia akan menasihati untuk menjaga kondisi tubuh. Ada juga yang berperan sebagai guru. Ia akan menyemangati dan mendoakan supaya cepat pulih.

Pada hari Sabtu ketika libur sekolah kemudian sekitar jam 08.00 saya menerima sms dari sahabat yang mengabarkan bahwa Bayu sedang sakit.. Pak Guru, Udin, Wawan, Indah berniat mengunjungi Bayu. Sesampainya di rumah Bayu ketiganya eksklusif menuju ruangan dimana bayu dirawat
Pak Guru:Waduh...sakit apa Yu?
Bayu:Kemarin waktu pulang sekolah saya kehujanan, dan kebetulan saya lupa membawa payung Pak.
Udin:O, begitu. Kamu sakitnya tidak parah, kan?
Indah:Nah, itulah perlunya kita menjaga kesehatan tubuh. Sehingga kita tidak gampang terjangkit penyakit akhir perubahan cuaca.
Pak Guru:Sudah dibawa ke dokter Yu?
Wawan:Kita memang harus menjaga kondisi tubuh. Caranya dengan makan makanan yang bergizi. 
Indah:Kita pun harus berolahraga secara teratur. Jangan lupa untuk beristirahat dengan cukup.
Wawan:Ingat ya Yu ! Jaga kesehatan badan !
Bayu:Iya Wan, saya akan ingat pesamu !
Pak Guru:Sekarang mari kita doakan Bayu supaya cepat sembuh. Semoga Senin besok beliau sudah sanggup masuk sekolah kembali
Wawan, Udin, Bayu, dan Indah:Ya Pak !

Setelah mendoakan Bayu mereka berpamitan pulang pada Bayu dan Keluarganya.

Ayo Berdiskusi
Memiliki sahabat sangat menyenangkan. Apalagi bila berasal dari banyak sekali kawasan di Indonesia. Dayu dan teman-teman akrab dengan Komang di Bali.

Mereka akan membantu para pengungsi Gunung Agung, Bali. Mereka telah menggalang santunan dari warga sekolah. Bantuan berupa dana dan pakaian layak pakai.

Menjalin persahabatan bisa dilakukan dengan siapa saja. Walau berbeda asal sukunya. Berbeda pula warna kulit. Bahkan, berbeda agamanya. Kita tetap bersahabat.

Identifikasilah keberagaman suku bangsa di sekolahmu. Ada berapa macam suku bangsa di kelasmu?

Berikut Daftar Beberapa Suku Bangsa di Indonesia.

No.Nama SukuNama Daerah
1.Gayo, Minangkabau, Batak, Simeulue, Palembang, LampungSumatera
2.Betawi, Sunda, Jawa, Madura, TenggerJawa
3.BaliBali
4.Banjar, Berau, Dayak, Maayan, KutaiKalimantan
5.Buton, Minahasa, Bugis, TorajaSulawesi
6.Rote, Sasak, Bima, FloresNusa Tenggara
7.Ambon, AruMaluku
8.Dani, AsmatPapua

Carilah gosip wacana asal dan kebiasaan suku bangsa dari temanmu! Wawancarai 2 sahabat yang ada di kelasmu. Susun daftar pertanyaan terlebih dahulu. Daftar pertanyaan itu akan kau gunakan ketika berwawancara.

Teman 1

No.Daftar PertanyaanJawaban
1.Siapa namamu?Agus Budiyanto
2.Di kota apa tempat lahirmu?Purwokerto
3.Dari kawasan mana ayahmu berasal?Purwokerto
4.Dari kawasan mana ibumu berasal?Tasikmalaya
5.Apa kebiasaan masyarakat kawasan asal ayahmu?Penjamasan Pusaka, di daertah Banyumas ada 2 tempat yang melaksanakan upacara penjamasan pusaka, yaitu di Desa Kalibening Kec.Banyumas, dan sesa Kalisalak kec. Kebasen. Penjamasan Pusaka dilakukan tiap 12 Mulud dalam hitungan aboge.. 

Teman 2

No.Daftar PertanyaanJawaban
1.Siapa namamu?Wawan
2.Di kota apa tempat lahirmu?Bandung
3.Dari kawasan mana ayahmu berasal?Bandung
4.Dari kawasan mana ibumu berasal?Jakarta
5.Apa kebiasaan masyarakat kawasan asal ayahmu?Urang Sunda memiiliki tradisi Papahare atau makan bareng, baik bersama keluarga, rekan, sahabat, maupun tetangga. 

Presentasikan hasil wawancara bersama temanmu di depan kelas!

Ayo Berlatih
Cuaca cerah siang ini. Edo dan teman-teman bermain sambil melaksanakan gerakan berayun dan memutar. Mereka melakukannya pada dahan pohon yang ada di sekolah.

Gerakan ini dilakukan dengan cara berikut.
  1. Berdiri tegap.
  2. Rentangkan kedua tangan ke atas.
  3. Genggamlah dahan kayu pohon dengan kuat.
  4. Berayunlah ke depan dan ke belakang sebanyak 4 ayunan.
  5. Lalu, melompatlah sambil melepaskan genggaman.
  6. Lakukan gerakan memutar setengah lingkaran.
  7. Kemudian, mendarat dengan sempurna.
 Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia Pembelajaran  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 3 Halaman 149

Yuk, kita lakukan gerak berayun dan memutar. Siapa yang paling berani melakukannya?

Kerja Sama dengan Orang Tua
Orang bau tanah dan siswa sanggup mengingatkan siswa untuk menjaga kondisi badan di ketika perubahan cuaca yang gampang terjadi.

Demikianlah Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 3 Halaman 149 - Pembelajaran Kelas 3 Tema 5 Cuaca Subtema 3 Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia Pembelajaran 4 dari kami, semoga bermanfaat.
Sumber https://soaldanjawabanpg.blogspot.com/