Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Tanggapan Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 121, 122, 125, 126

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 4 Halaman 121, 122, 125, 126 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita Pembelajaran 2 Terdiri dari Mata Pelajaran B.Indonesia, SBDP dan IPA.

Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber berguru dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.

Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 119-126 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan tanggapan yang sempurna berikut kami bagikan alternatif jawaban.

 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber berguru dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 121, 122, 125, 126

Perhatikan gambar di atas! 
Pernahkah kau menemui belum dewasa yang bekerja menjadi pemulung menyerupai di atas? Pernahkah kau berpikir mengapa mereka bekerja di usia muda mereka? Apakah yang dilakukan mereka? Apakah tugas mereka di masyarakat?

Baca Juga :

Tahukah kamu, bahwa beberapa anak pemulung tetap bersekolah. Mereka mempunyai harapan juga menyerupai kamu. Bahkan ada beberapa pemulung yang , telah mencapai cita-citanya dengan gemilang.
Simaklah bacaan berikut dengan saksama!

Ayo Membaca
Aku, Sarjana Pemulung
 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber berguru dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 121, 122, 125, 126

Namaku Wahyudin,  biasa dipanggil Wahyu. Aku anak pasang an buruh tani. Aku tinggal
bersama kelima saudara tiriku dan dua adikku, selain orang tuaku. Karena kemiskinan, tidak
ada satu pun dari abang tiriku yang sanggup menamatkan sekolah dasarnya. Aku pun terancam demikian, alasannya ialah kami tidak punya uang untuk sekolah.

Tetapi saya bertekad, saya harus sekolah. Saat subuh saya pergi mengumpulkan sampah plastik dan kardus untuk dijual. Pekerjaanku ini disebut memulung. Aku ialah seorang pemulung. Hasil dari memulung dipakai untuk membayar uang sekolahku. Aku memulung semenjak usia 10 tahun pada ketika saya duduk di kelas IV SD.

Untuk menamatkan sekolah dasar, saya perlu komplemen biaya. Selain memulung, saya pun menggembalakan kambing tetangga. Sewaktu SMP, saya juga berjualan gorengan. Apa pun kulakukan supaya saya sanggup sekolah. Pada ketika Sekolah Menengan Atas saya menjalani tujuh profesi sekaligus supaya saya tetap sekolah. Tetapi meski demikian, saya selalu sanggup menjadi juara di sekolahku.

Pada tahun 2013, saya telah menuntaskan kuliahku di Jakarta dengan tetap menjadi pemulung. Lalu, saya mendapat beasiswa untuk melanjutkan kuliah kembali di ITB (Institut Teknologi Bandung), yang kini hampir selesai. Aku gembira telah mencapai cita-citaku untuk terus sekolah, meskipun dengan usaha yang panjang dan berat.
Sumber: www.news.detik.com/ dengan pengubahan

Kunci tanggapan Tema 6 Kelas 4 Halaman 121

Ayo Berdiskusi
Lengkapilah diagram berikut ini menurut bacaan tersebut!


 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber berguru dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 121, 122, 125, 126

Alternatif Jawaban:
Halangan yang dihadapi : Keterbatasan ekonomi keluarga
Cita-Cita Wahyudin : Bisa terus bersekolah
Sikap yang dimiliki : mau bekerja keras, disiplin, pantang menyerah, dan berkomitmen.
Usaha yang dilakukan : memulung dan menggembalakankambing
Prestasi yang telah diraih Wahyudi : selalu mendapat juara di sekolah dan mendapat beasiswa untuk melanjutkan kuliah di ITB
Kesimpulan : Wahyudi ialah sosok orang yang bekerja keras untuk mencapai-cita-citanya

Ayo Membaca 
Bacalah puisi berikut di dalam hati!


 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber berguru dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 121, 122, 125, 126


Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 122

Ayo Berdiskusi
Setelah membaca puisi tersebut, lakukanlah aktivitas berikut!
1.  Baca lagi puisi "Sahabatku Seorang Pemulung" di dalam hati.
2.  Tentukan tanda jeda untuk memilih waktu berhenti usang dan berhenti sejenak.
Altrernatif Jawaban :
Tangan-tangan kecilmu begitu lincah //
Mengais / dan memilah sampah rumah //
Kamu // mencari plastik //
Bahkan kertas dan kardus //

Berbekal karung dan tongkat kecil //
Kamu // mencari dan menemukan //
Barang-barang yang telah dibuang pemiliknya //
Untuk // ditukarkan kepada para pengepul //

Aku mengagumimu, // sahabatku //
Kamu // tidak pernah menyerah
Kamu // tidak pernah mengeluh //
Kamu // selalu bersemangat //

Semoga kau sanggup / mencapai cita-citamu //
Seperti saya pun // berjuang untuk itu //
Mari kita saling mendukung //
Untuk menjadi yang kita mau ///

Keterangan :
/ = berhenti sejenak untuk mengambil napas, biasanya alasannya ialah ada koma atau di tengah baris
// = berhenti agak lama, biasanya ada koma do selesai baris atau ganti baris
/// = berhenti usang sekali, biasanya pada selesai baris terakhir  atau selesai dari puisi.

3.  Bacakan puisimu kepada sobat sebangkumu. Minta temanmu untuk menyimak cara membacamu dengan penempatan tanda jeda yang sesuai.
4.  Diskusikan pendapat kalian. Lakukan secara bergantian.
5.  Bacakan puisi tersebut di depan kelas dengan lafal yang terang dan jeda yang sesuai.

Ayo Berkreasi
Banyak usaha telah dilakukan untuk memanfaatkan barang bekas atau tidak terpakai di lingkungan sekitar. Salah satunya dengan mendaur ulang barang-barang bekas pakai yang berasal dari rumah untuk menciptakan karya seni rupa. Membuat karya seni rupa dengan memakai barang bekas ialah hal yang paling gampang untuk dilakukan.  Kali ini kau akan membuatkarya kolase dengan memakai materi kertas koran bekas.

Tahukah kau wacana kolase? Kolase ialah teknik untuk menciptakan karya seni rupa dua dimensi dengan cara memotong dan menempel. Bahan yang dipakai terdiri atas aneka macam bahan, menyerupai kertas, kain, kaca, logam, kayu, dan lainnya yang ditempelkan pada permukaan gambar.
Lakukan langkah-langkah berikut ini untuk memulai menciptakan kolase.

Siapkan bahan-bahan berikut ini.
1.  Selembar kertas, sanggup kertas karton atau kertas sketsa/gambar.
2.  Lem.
3.  Gunting.
4.  Koran bekas.
5.  Gambar.

Langkah-langkah  kolase sebagai berikut  membuat .
1.  Siapkan gambar rujukan pada selembar kertas.
2.  Buatlah potongan-potongan materi (koran bekas, kardus, plastik).
3.  Tempelkan potongan-potongan tersebut ke permukaan gambar yang telah disediakan.
 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber berguru dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 121, 122, 125, 126
 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber berguru dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 121, 122, 125, 126

Tahukah Kamu
Tahukah kamu, bahwa sampah telah menjadi duduk kasus lingkungan yang semakin sulit diatasi? Sampah plastik telah menutupi beberapa samudra dan menjadikan kerusakan lingkungan yang serius. Banyak binatang bahari mati alasannya ialah memakan sampah plastik.

Salah satu cara yang dilakukan masyarakat kini ialah dengan menggalakkan gerakan daur ulang sampah plastik. Tujuan mendaur ulang sampah plastik untuk memperpanjang usia pemakaian barang sehingga tidak perlu membeli untuk sementara waktu. Dengan demikian, jumlah sampah sanggup dikurangi jumlahnya. Dengan melaksanakan penghematan penggunaan barang dari alam, kita telah melaksanakan usaha pelestarian mahluk hidup di sekitar kita.

Ayo Membaca
Keanekaragaman makhluk hidup telah menunjukkan manfaat bagi kehidupan insan atau makhluk hidup lainnya. Sepantasnya insan berusaha dan bertindak untuk memelihara, membuatkan dan menjaga keanekaragaman makhluk hidup sebagai sumber daya alam hayati, supaya senantiasa sanggup memperoleh manfaatnya.

Masyarakat dunia kini harus segera bertindak melestarikan keanekaragaman makhluk hidup. Dampak jelek yang diakibatkan kepunahan makhluk hidup telah merugikan bagi insan itu sendiri. Di Indonesia, banyak jenis binatang dan tumbuhan orisinil Indonesia berada di ambang kepunahan. Bahkan, beberapa sudah punah.

Pelestarian makhluk hidup sanggup dilakukan melalui cara-cara di antaranya berikut.
1. Upaya Pelestarian Tumbuh-tumbuhan 
Upaya yang dilakukan sebagai berikut.
a. Kebun koleksi, biasanya hanya untuk mempertahankan tumbuhan bibit unggul. Contoh: kebun kelapa di Bone-Bone, kebun mangga di Pasuruan.
b. Kebun plasma nutfah, merupakan perkembangan kebun koleksi Contoh: Kebun plasma nutfah di Cibinong LIPI dengan buah-buahan inti, talas, dan suweg.
c. Kebun botani, didirikan pada tahun 1817 di Bogor, populer dengan nama kebun raya bogor.

2. Upaya Pelestarian Hewan 
Upaya yang dilakukan sebagai berikut.
a. Menangkar binatang langka dengan cara mengisolasi binatang tersebut.
b. Mengambil telur-telur binatang untuk dibantu menetaskannya.
c. Memindahkan binatang langka ke daerah yang lebih cocok.
d. Membuat undang-undang perburuan.
e. Menindak tegas para pelanggar dengan menunjukkan hukuman aturan sesuai aturan yang berlaku.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 125

Ayo Berlatih
Berdasarkan bacaan di atas dan dengan memakai aneka macam sumber informasi, lakukanlah aktivitas berikut!
1. Bersama dengan sobat sekelompokmu carilah isu sebanyak banyaknya terhadap usaha-usaha pelestarian makhluk hidup.
Alternatif Jawaban : 
Usaha melestarikan mahluk ialah dengan cara tidak berburu binatang sembarangan, melindungi binatang langka, membudi dayakan binatang langka,tidak menebang pohon sembarangan, melaksanakan babat pilih dan menanam kembali tumbuhan yang telah di manfaatkan.

2. Cari isu apakah ada pelestarian makhluk hidup baik binatang maupun tumbuhan yang ada di sekitarmu.
3. Cari tahu aktivitas pelestarian apa sajakah yang telah dilakukan, jenis binatang dan tumbuhan yang dilestarikan, cara melestarikan, dan kapan didirikan.
4. Presentasikan hasil pekerjaanmu dalam bentuk poster.
5. Presentasikan kesannya di depan kelas.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 126

Ayo Renungkan
Sebutkan hal yang paling menarik bagimu pada aktivitas berguru hari ini!
Alternatif Jawaban : halyang paling menarik ialah seorang pemulung sanggup menjadi sarjana alasannya ialah kerja kerasnya untuk mencapai cita-citanya.

Sebutkan tugas para pemulung untuk pelestarian lingkungan!
Alternatif Jawaban : tugas pemulung ialah menjadi pemilah sampah, menghindari pencemaran tanah dengan cara mendaur ulang sampah

Kerja Sama dengan Orang Tua
Buatlah sebuah kolase bersama anggota keluarga di rumah dengan memakai aneka macam barang bekas di rumah, menyerupai koran, majalah, atau kain.

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 121, 122, 125, 126 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita Pembelajaran 2 . Semoga sanggup menambah motivasi berguru dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda sanggup pribadi Contact atau sanggup dengan mengisi kolom komentar, Teima kasih.
Sumber https://soaldanjawabanpg.blogspot.com/