Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Balasan Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 114, 115, 117, 118

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 4 Halaman 114, 115, 117, 118 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita Pembelajaran 1 Terdiri dari Mata Pelajaran B.Indonesia dan IPA.

Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber berguru dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi Terbaru.

Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 114-118 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang sempurna berikut kami bagikan alternatif jawaban.

 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber berguru dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 114, 115, 117, 118

Ayo Mengamati
 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber berguru dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 114, 115, 117, 118

Amatilah gambar di atas dengan saksama!
Ceritakan pendapatmu wacana kondisi kedua sungai tersebut kepada teman
Menurutmu, siapakah yang berperan untuk mengubah sungai tersebut?
Ternyata semuanya berasal dari satu orang yang peduli dan bertekad baja!
sebangkumu. Gambar itu memperlihatkan kondisi sungai di Jakarta dan sekarang.

Ayo Membaca
Bacalah bacaan berikut ini.
Si Pendekar Kali Pesanggrahan
 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber berguru dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 114, 115, 117, 118

Keinginan untuk kembali melihat Kali Pesanggrahan di Jakarta yang bersih, menciptakan H. Chaerudin atau yang dikenal dengan Bang Idin berpetualang menyisiri bantaran sungai tersebut. Kali Pesanggrahan yang dulunya daerah ia bermain air bersama temantemannya telah berkembang menjadi kali yang kotor, penuh sampah, berwarna hitam, dan bau. Dengan berbekal golok dan tekad yang besar, ia mulai menyusuri bantaran sungai itu untuk melihat tingkat kerusakannya. Ia pun mulai membersihkan sampah-sampah yang menutupi sungai tersebut. Banyak anggota masyarakat yang menentangnya sebab dianggap sebagai perusuh. Kegiatannya banyak terhalang justru oleh masyarakat sekitar sungai yang tidak memahami tujuan kegiatannya. Akan tetapi, ia tidak marah. Baginya, untuk menyadarkan orang lain tidak perlu membalasnya dengan kekerasan. Ia melaksanakan banyak sekali cara untuk menciptakan masyarakat sekitar sungai sadar pentingnya merawat sungai sebagai sumber daya alam mereka.
Akhirnya, berkat kesabaran dan tekad kuat, lambat laun, kesadaran masyarakat mulai tumbuh. Bang Idin kemudian juga mengajak temantemannya sesama petani penggarap untuk mengikuti langkahnya. Kini, mereka berhasil menanam 40 ribuan pohon produktif di sepanjang bantaran kali. Burung-burung yang dulunya pergi balasannya kembali. Mata air yang dulu tertutup sampah, kembali hidup. Air kali Pesanggrahan kini sudah normal kembali. Ikan-ikan sanggup hidup dan berkembang biak. Sepanjang tepian Kali Pesanggrahan menjadi hijau. Burung-burung berkicau setiap hari. Bahkan burung Cakakak yang bersarang di tanah dan sudah jarang ditemui di wilayah lain di Jakarta, kini juga sanggup ditemukan. Pohon-pohon yang mulai langka di Jakarta sanggup dijumpai di sini. Belum lagi tumbuhan obat yang jumlahnya mencapai 142 jenis. Di balik perilaku kerasnya, laki-laki kelahiran 13 April 1956 ini ingin membuktikan, hanya orang yang benarbenar memahami alam yang sanggup menyelamatkannya. Di tangan Bang Idin, Kali Pesanggrahan yang kotor dengan bantaran yang tak terurus berkembang menjadi lahan produktif dan alami.
Sumber: DanamonAward.org, ktlhsanggabuana, VivaNews

Ayo Berdiskusi
Berdasarkan bacaan tersebut, lakukanlah acara berikut ini!
Lengkapilah diagram berikut ini menurut bacaan tersebut!


Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 114


 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber berguru dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 114, 115, 117, 118

Alternatif Jawaban :
Halangan yang dihadapi: Masyarakat tidak dan menyampaikan hanya menciptakan kerusuhan dan masyarakat sekitar yang tidakmemahami tujuan kegiatannya itu.

Cita-cita Bang Idin : Ingin kembali melihat kali pesanggrahan di jakarta yang bersih

Sikap yang dimiliki : Bang Idin mempunyai perilaku sabar, jujur, ulet dan bekerja keras.

Usaha yang dilakukan : membersihkan kali danri sampah dan menanam kembali pohon disepanjang bantaran kali

Kesimpulan : Kita harus mengikutiprinsip bang idin yang ulet menolong.

Cita-cita Bang Idin sungguhlah mulia. Usaha dan kerja keras telah dilakukan untuk mewujudkan mimpinya yang sanggup memperlihatkan manfaat yang besar kepada masyarakat di sekitarnya. Ada banyak orang ibarat Bang Idin yang bercita-cita untuk selalu menjaga dan melestarikan alam sekitarnya.

Ayo Membaca
Berikut ini ialah sebuah puisi untuk para pelestari lingkungan Indonesia.

 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber berguru dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 114, 115, 117, 118


Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 115

Setelah membacanya dengan saksama, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber berguru dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 114, 115, 117, 118

Alternatif Jawaban :
1. Jasa alam yang mempunyai jasa ibarat seorang ibu
2. Tidak membuang sampah sembarangan, tidak mencemari udara, melaksanakan reboisasi dan babat pilih
3. Karena alam sama ibarat ibu menyediakan segala sesuatu yang kita butuhkan.

Tahukah Kamu
Deklamasi merupakan salah satu cara membacakan puisi tanpa memakai teks puisi. Biasanya, orang yang mendeklamasikan puisi harus menghafalnya terlebih dahulu.
Membaca puisi memerlukan pelafalan yang terang dan intonasi yang tepat. Selain itu, pemenggalan kalimat juga harus diperhatikan. Dengan demikian, puisi tersebut akan lezat didengar dan gampang dipahami isinya.
Contoh menentukan jeda: Kau ialah para penyelamat negeri
Catatan:
1. berhenti sebentar untuk bernapas, biasanya pada koma atau di tengah baris.
2. berhenti agak lama/biasanya koma di final baris yang masih berafiliasi dengan baris berikutnya.
3.  berhenti usang sekali biasanya pada titik baris terakhir atau pada final puisi.

Ayo Mencoba

  • Bacalah kembali puisi “Penjaga Alamku”.
  • Berikan tanda jeda pada bagian-bagian yang diperlukan.
  • Latihkan kembali cara membacanya dengan memakai tanda jeda yang kau buat.
  • Jika kurang sempurna kau sanggup memindahkan tanda jeda tersebut.
  • Hafalkan dan deklamasikan puisi tersebut. Kali ini, minta sahabat sebangkumu untuk memerhatikan tanda jedanya pada ketika kau mendeklamasikannya.
  • Lalu, deklamasikan puisi tersebut di depan kelas dengan percaya diri.


Tahukah Kamu
Indonesia mempunyai banyak sekali sumber daya alam yang sanggup memenuhi kebutuhan hidup seluruh warga penduduknya. Sumber daya alam hayati dan sumber daya alam mineral dalam banyak sekali rupa tersedia melimpah di Indonesia. Akan tetapi, tidak berarti sumber daya alam itu sanggup dikuras habis untuk memenuhi kebutuhan manusia.
Sumber daya alam mineral merupakan sumber daya alam yang tidak sanggup diperbarui. Jenis sumber daya alam tersebut memerlukan waktu yang sangat usang dalam pembentukannya. Waktunya tidak sebanding dengan cepatnya sumber daya alam itu dipakai untuk kebutuhan hidup manusia. Sumber daya alam mineral yang dimaksud berupa batuan dan materi tambang Batuan sanggup berupa pasir, tanah liat dan semen. Bahan tambang berupa emas, besi, kerikil bara, dan minyak bumi. Sumber daya alam hayati berupa tumbuhan dan binatang yang menjadi sumber masakan manusia. Selain itu, tumbuhan dan binatang berperan untuk menjaga keseimbangan alam. Bencana alam yang terjadi salah satunya sebab keseimbangan alam terganggu. Banjir di Jakarta sebab sungai-sungai yang tidak dipelihara, dan dijadikan daerah pembuangan sampah. Hal ini menyebabkan kerugian yang sangat besar. Baik bagi insan maupun bagi makhluk hidup lainnya. Alam dan sumber daya alam memang harus dijaga biar lestari. Semua orang sanggup melaksanakan sesuatu untuk menjaga dan memeliharanya. Jika alam rusak, insan dan makhluk hidup lainnya akan kehilangan daerah tinggal dan sumber kehidupan. Oleh karenanya, insan harus berusaha menjaganya. Salah satunya ialah dengan mengampanyekan perjuangan sederhana memelihara lingkungan melalui poster.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 117

Ayo Berlatih
Buatlah sebuah poster dengan menentukan satu dari dua tema berikut.
1. Pentingnya melestarikan sumber daya alam hayati (tumbuhan)
2. Pentingnya melestarikan sumber daya alam hayati (hewan)

Alternatif Jawaban Contoh Poster :
1.
 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber berguru dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 114, 115, 117, 118
2.
 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber berguru dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 114, 115, 117, 118

Bersama dengan sahabat sekelompokmu, lakukanlah acara berikut!
1. Pilihlah salah satu tema yang tersedia.
2. Carilah beberapa info wacana pentingnya sumber daya alam tersebut dengan memakai beberapa pertanyaan berikut.
a. Bagaimana insan dan makhluk hidup lainnya memanfaatkan sumber daya alam tersebut?
b. Mengapa sumber daya alam tersebut harus dilestarikan?
c. Akibat apa sajakah yang akan timbul bila sumber daya alam tersebut
tidak dilestarikan?

Alternatif Jawaban No 2 :
Informasi wacana pentingnya sumber daya alam
a. Menggunakan sumber daya alam sesuai kebutuhan dan mencari alternatif lain biar tidak cenderung pada satu sumber daya alam saja
b. Agar sumber daya alam sanggup tetap terjaga dan tidak cepat habis dalam kurun waktu yang sebentar.
c. Sumber daya alam akan rusak dan habis.

3. Buatlah sebuah peta pikiran untuk menjawab pertanyaan tersebut.
4. Rancanglah sebuah poster untuk memberikan pesanmu pada buku tulismu. Tuliskan kalimat yang mewakili pesan yang hendak kau sampaikan. Rancanglah sebuah gambar yang akan mendukung isi pesanmu.
5. Gunakan kertas ukuran A3 untuk mulai memindahkan gagasanmu dari buku tulis ke kertas poster tersebut. Gunakan pensil warna untuk mempertegas pesan yang disampaikan. Bermainlah dengan paduan warna yang baik untuk memperkuat pesanmu. Lihatlah pola poster di bawah ini untuk membantumu.
 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber berguru dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 114, 115, 117, 118

6. Tunjukkan hasil karya postermu di depan kelas dengan percaya diri.
7. Tempelkan postermu di gedung sekitar sekolahmu.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 118

Ayo Renungkan
Nilai dan perilaku apa yang dibutuhkan untuk mencapai harapan yang sanggup kau pelajari hari ini?

Alternatif Jawaban : Kerja keras, berguru yang rajin dan semangat untuk meraih cita-cita

Keterampilan gres apa sajakah yang kau miliki pada hari ini?

Alternatif Jawaban : Membuat poster

Kegiatan pelestarian lingkungan ibarat apa yang hendak kau lakukan?

Alternatif Jawaban : menjaga bumi kita tetap hijau dengan cara membuang sampah pada tempatnya.

Kerja Sama dengan Orang Tua
Lakukanlah wawancara kepada orang tuamu bagaimana cara mereka mencapai harapan mereka.

Demikianlah artikel wacana Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 114, 115, 117, 118 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita Pembelajaran 1. Semoga sanggup menambah motivasi berguru dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda sanggup pribadi Contact atau sanggup dengan mengisi kolom komentar, Teima kasih.
Sumber https://soaldanjawabanpg.blogspot.com/