Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Tanggapan Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 35, 36, 38, 39, 41, 43, 44

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 4 Halaman 35, 36, 38, 39, 41, 43, 44 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku Pembelajaran 4 Terdiri dari Mata Pelajaran B.Indonesia, IPS dan PKN.

Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi Terbaru.

Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 35-44 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan balasan yang sempurna berikut kami bagikan alternatif jawaban

 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 35, 36, 38, 39, 41, 43, 44

Perhatikan gambar di atas! Apa yang sanggup kau ceritakan dari gambar tersebut? Ya, kau sanggup mempunyai lebih dari satu cita-cita. Cita-citamu pun tidak harus berupa profesi tertentu. Cita-cita seseorang merupakan impian yang ingin dicapai sebab ia mempunyai minat dan kesukaan. Minat dan kesukaanmu terhadap bidang tertentu sanggup membantumu meraih cita-cita.

Baca Juga :

Siti ingin menjadi peneliti di bidang tumbuhan. Ia suka berkebun. Halaman rumahnya ditumbuhi banyak sekali tanaman. Siti juga suka membaca buku wacana tumbuhan. Bagaimana dengan kegiatanmu di rumah?

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 35

 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 35, 36, 38, 39, 41, 43, 44

Alternatif Jawaban : 
1. Cita-citaku ingin jadi pelukis
2. Menggambar dan mewarnai
3. Membaca buku yang bergambar
4. Menggambar dengan rapih
5. Belajar dan berlatih

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 36

Ayo Berlatih
Cari tahulah mengenai kegiatan-kegiatan yang disukai dan acara yang sulit dilakukan oleh temanmu! Lakukan tanya jawab dengan sobat sebelahmu!
Sebelum melaksanakan tanya jawab, buatlah pertanyaan-pertanyaan untuk membantumu menemukan informasi yang diperlukan!
Contoh pertanyaan untuk mencari tahu wacana acara yang disukai dan acara yang sulit dilakukan oleh teman, sebagai berikut.
1.  Apakah acara yang kau sukai?
2.  Mengapa kau menyukai acara itu?
3.  Apakah acara penting yang sulit kau lakukan?
4.  Mengapa acara itu sulit bagimu?
5.  Pekerjaan apakah yang kau cita-citakan?
6.  ..........................................................................
7.  ..........................................................................
8.  ..........................................................................
Apakah kegiatanmu sama dengan acara temanmu? Apa kesimpulanmu wacana harapan temanmu?

 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 35, 36, 38, 39, 41, 43, 44

Alternatif Jawaban :
Alternatif Jawaban :
1. Apakah acara yang kau sukai?
Jawaban : Bermain bola
2. Mengapa kau menyukai acara itu?
Jawaban :Karena sanggup membuat tubuh menjadi sehat dan bugar
3. Apakah acara penting yang sulit kau lakukan?
Jawaban : Mencetak gol
4. Mengapa acara itu sulit bagimu?
Jawaban : Karna untuk mencetak gol membutuhkan tendangan akurat biar menghasilkan posisi bola yang terarah ke gawang lawan
5. Pekerjaan apakah yang kau cita-citakan?
Jawaban : Pemain sepak bola
Apakah kegiatanmu sama dengan acara temanmu? Apa kesimpulanmu wacana harapan temanmu?
Jawaban : Kegiatan saya dan sobat saya berbeda saya suka menggambar dan mewarnai sedangkan sobat saya suka bermain sepak bola.

Ayo Membaca 
Ada banyak kisah wacana orang-orang yang meraih mimpi besarnya  dengan menghadapi kegagalan terlebih dahulu.
Simaklah bacaan berikut ini dengan saksama!

 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 35, 36, 38, 39, 41, 43, 44

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 38, 39

 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 35, 36, 38, 39, 41, 43, 44
 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 35, 36, 38, 39, 41, 43, 44

Alternatif Jawaban :
1.Mimpi Michael Jordan ialah ingin menjadi pemain basket kelas dunia
Mimpi Thomas Alva Edison ialah membuat lampu pijar
2.Belajar dengan giat
3.Tantangan yang dihadapi Michael Jordan ialah gagal mencetak skor pada skor penentu
Tantangan yang dihadapi Thomas Alva Edison ialah bermasalah dengan  pendengarannya dan ekonomi rendah.
4. Mereka menghadapi kegagalan dengan cara selalu mencoba dan terus mencoba dari kegagalannya itu ia menuai hasilnya.
Bagaimana denganmu?
1. Tantangan apa saja yang akan kau hadapi untuk meraih impianmu?
Jawaban : Belum sanggup menggambar dengan rapih
2. Bagaimana kau akan menghadapi tantangan tersebut?
Jawaban : Berlatih dan terus berlatih

Ayo Mengamati
Beni yang berbadan kecil sangatlah gesit dan tangkas. Dayu yang gemulai, pintar menari. Lihatlah Siti yang lincah, sungguh sigap gerakannya. Lani yang bahagia berolahraga pun sangat bugar. Kenampakan luar mereka sangatlah beragam. Namun semuanya memperlihatkan manfaat!
Perhatikan gambar berikut!
 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 35, 36, 38, 39, 41, 43, 44

Negara Indonesia yang terletak di titik persilangan antara banyak sekali bangsa menimbulkan beragamnya ras yang ada di Indonesia. Ras berkaitan dengan ciri-ciri fisik atau ciri tubuh. Setiap suku di Indonesia mempunyai ciri fisik yang berbeda. Masyarakat yang tinggal di Pulau Papua dan Pulau Aru merupakan satu kelompok ras yang berbeda dengan kelompok lainnya.  Kelompok masyarakat Sakai dari Riau, suku Kubu dari Sumatra Selatan, suku Tomuna dari Pulau Muna, masyarakat Enggano di Bengkulu dan masyarakat Mentawai
mempunyai kemiripan satu dengan yang lain. Masyarakat Batak, Toraja, dan Dayak ada dalam kelompok ras tersendiri. Demikian juga dengan kelompok masyarakat Madura, Jawa, dan Bali mempunyai ciri fisik yang hampir serupa.
Sumber : http://www.guruips.com

Ayo Berdiskusi
Bersama dengan sobat sekelompokmu diskusikan beberapa pertanyaan berikut!

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 41

 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 35, 36, 38, 39, 41, 43, 44

Alternatif Jawaban :
1. Keragaman orang-orang disekitar saya sangat bermacam-macam sebab banyak pendatang yang menetap di kota saya.
Ada, ciri fisik menurut suku asal yang membedakan ibarat warna kulit dan perawakan
2. Manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik suku-suku yang ada di Indonesia ialah kita lebih mengenal dan menghargai keragaman yang ada di Indonesia
3. Manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik masyarakat di sekitar kita ialah biar sanggup bersosialisai dengan masyarakat di sekitar kita dan menjalin komunikasi lebih baik
4. Orang-orang disekitar saya sangat bermacam-macam sebab banyak pendatang yang menetap dan mereka mempunyai ciri-ciri fisik menurut suku asal yang membedakan mereka ibarat warna kulit dan perawakan, manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik suku-suku yang ada di Indonesia ialah kita lebih mengenal dan menghargai keragaman yang ada dan Manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik masyarakat di sekitar kita ialah biar sanggup bersosialisai dengan masyarakat dan juga sanggup menjalin komunikasi lebih baik

Ayo Membaca 
Perbedaan ciri fisik antarras dan suku bangsa memperkaya keragaman masyarakat Indonesia. Keragaman yang menguatkan satu dengan yang lain sebagai bangsa Indonesia yang berbesar hati hidup rukun dalam perbedaan.
Keunikan tersebut disampaikan pada sebuah puisi.
Baca dan simaklah puisi berikut!.

 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 35, 36, 38, 39, 41, 43, 44

Lakukanlah acara ini secara berpasangan.

1. Bacalah kembali dengan saksama bait pertama puisi tersebut.
2. Secara bergantian, ceritakan apa yang kau bayangkan ketika kau membacanya kepada    teman sebangkumu. Berdiskusilah.
3. Tuliskan hasil diskusimu pada bait pertama dalam sebuah paragraf.
4. Lakukanlah hal yang sama dengan bait-bait yang lain. Gunakan diagram di bawah untuk mencatatnya.
5. Bacalah kembali makna setiap bait di dalam puisi tersebut. Lalu ringkaslah menjadi satu paragraf yang lain untuk mewakili makna keseluruhan puisi tersebut.
6. Bacakan hasil diskusimu dengan sobat sebangkumu di depan kelas.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 43, 44

 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 35, 36, 38, 39, 41, 43, 44

Alternatif Jawaban :
Makna puisi bait pertama ialah beraneka ragam suku, kita semua ialah orang Indonesia
Makna puisi bait kedua ialah rasa syukur dan bangga lahir di Indonesia
Makna puisi bait ketiga ialah Indonesia kaya akan segalanya untuk seluruh rakyat Indonesia
Makna puisi bait keempat ialah permintaan untuk merawat, mengasihi dan menjaga Indonesia
Makna puisi secara keseluruhan ialah Indonesia mempunyai beraneka ragaman suku dan bangsa. Indonesia yang mempunyai banyak kekayaan bagi seluruh rakyat Indonesia Kita harus bersyukur dan bangga hidup di Indonesia. Oleh sebab itu kita harus merawat, mengasihi dan menjaga Indonesia demi bangsa Indonesia.

Keragaman di Indonesia tidak melulu wacana budaya dan tradisinya. Adanya keragaman alam juga menjadikan beragamnya sumber daya alam yang ada. Salah satu sumber daya alam yang tidak terbarukan ialah sumber daya berupa pertambangan. Bahan yang ditambang ialah banyak sekali jenis mineral dan logam, ibarat emas, timah, nikel, watu bara, dan bauksit.]

Ayo Mengamati
Perhatikan di lingkungan tempat tinggalmu! Carilah informasi wacana sumber daya alam yang tidak sanggup diperbaharui di daerahmu! Kemudian, lakukan
1.  Buatlah kelompok yang terdiri atas 4 hingga 5 siswa.
2.  Carilah informasi mengenai sumber daya alam yang terdapat di daerahmu.
3.  Tuliskan sumber daya alam yang sanggup diperbarui di daerahmu.
4.  Tuliskan sumber daya alam yang tidak sanggup diperbarui di daerahmu.
5.  Dimanfaatkan untuk apakah sumber daya alam itu bagi penduduk di daerahmu?
6.  Buatlah laporan hasil diskusi kalian tersebut.

Alternatif Jawaban :
No 2
Sumber daya alam yang terdapat di kawasan saya ialah pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dan minyak bumi
No 3
Sumber daya alam yang sanggup diperbarui ialah pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan
No 4
Sumber daya alam yang tidak sanggup diperbarui ialah minyak bumi
No 5
Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari ibarat mememenuhi kebutuhan sandang (pakaian ), memenuhi kebutuhan pangan ( masakan ), memenuhi keputuhan papan (rumah ), dan pembangkit listrik

Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa dengan dibantu oleh orang bau tanah membuat puisi wacana sumber daya alam yang terdapat di daerahnya. Siswa dibantu mengenai penentuan sumber daya alam yang akan dibentuk puisi.
acara berikut!

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 35, 36, 38, 39, 41, 43, 44 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku Pembelajaran 4. Semoga sanggup menambah motivasi mencar ilmu dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda sanggup pribadi Contact atau sanggup dengan mengisi kolom komentar, Teima kasih
Sumber https://soaldanjawabanpg.blogspot.com/