Kunci Balasan Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 25, 26, 28, 29, 30, 31, 32
Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 4 Halaman 25, 26, 28, 29, 30, 31, 32 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku Pembelajaran 3 Terdiri dari Mata Pelajaran B.Indonesia, PKN dan IPS.
Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 25-32 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan tanggapan yang sempurna berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Beni berjalan beriringan dengan Made. Made ter tarik dengan sebuah gulungan koran anak yang dibawa Beni. “Apa yang kau bawa, Ben? tanya Made. Aku ingin memperlihatkan sebuah artikel di koran ini kepada Bu Guru,” jawab Beni sambil tersenyum.
“Artikel perihal apakah itu, Ben? Aku jadi penasaran!” kata Made tidak sabar. “Ini perihal seorang perjaka yang berani, kawan! Walaupun masih muda, ia telah menjadi peternak dan pengusaha yang hebat!” kata Beni bangga. “Wah! Hebat! Bolehkah saya membacanya sekarang?” pinta Made tidak sabar.
“Hanya untuk kawanku, kau boleh membacanya kini sebelum saya memberikannya kepada Bu Guru,” jawab Beni sambil mengulurkan gulungan koran anak tersebut kepada Beni.
Apakah kau juga ingin tahu isi artikel yang dibawa Beni?
Yuk, kita baca bersama!
Ayo Membaca
Bacalah artikel berikut dengan saksama!
Alternatif Jawaban :
1. Pengusaha muda
2. Membangun sebuah peternakan
3. Kendalanya ialah modal dan lahan
4. Mimpi triyono ialah sanggup memenuhi pasokan daging sapi di jakarta yang dikala ini masi impor dari luar negeri
Ayo Mengamati
Perhatikanlah gambar-gambar berikut!
Pernahkah kau melihat aktivitas tersebut?
Hewan-hewan tersebut dipelihara oleh insan dan dimanfaatkan insan sesuai dengan tujuannya. Para peternak berusaha biar hasil peternakannya mempunyai kualitas yang baik.
Keahlian apa saja yang diperlukan biar perjuangan peternakan sanggup menghasilkan
binatang ternak yang berkualitas?
Tuliskan jawabanmu pada kolom berikut!
Alternatif Jawaban :
Keahlian apa saja yang diperlukan biar perjuangan peternakan sanggup menghasilkan
binatang ternak yang berkualitas adalah:
1. Keahlian merawat binatang ternak
2. Memperhatikan kualitas pakan ternak
3. Keahlian dalam membersihkan sangkar ternak
Selain beternak, aktivitas pertanian merupakan aktivitas yang paling banyak dilakukan masyarakat Indonesia. Sebagai negara agraris, Indonesia mempunyai lingkungan alam yang mendukung tumbuhnya aneka jenis tumbuhan pertanian. Kondisi tersebut menghasilkan produk pertanian dengan kualitas baik.
Perhatikan gambar-gambar hasil pertanian masyarakat Indonesia berikut ini!
Tumbuhan sanggup tumbuh subur jikalau dirawat dengan baik. Selain perawatan, flora juga memerlukan lingkungan yang sesuai. Menurutmu, di lingkungan ibarat apakah pohon apel dan mangga sanggup tumbuh dengan subur ?
Di lingkungan ibarat apakah sayuran brokoli, wortel, dan kol sanggup tumbuh dengan subur?
Peta konsep ialah gambar yang menghubungkan satu inspirasi utama dengan ide-de pendukung. Peta konsep sanggup dipakai untuk menyajikan ringkasan suatu bacaan dengan memakai sketsa atau diagram.
Buatlah peta konsep perihal lingkungan yang sesuai biar tumbuhan sanggup tumbuh subur.
Alternatif Jawaban :
Indonesia mempunyai wilayah yang sangat luas dengan kondisi alam yang berbeda-beda. Perbedaan lingkungan alam itu menjadikan perbedaan potensi sumber daya alam dan aktivitas penduduk.
Sumber daya alam ada banyak sekali macam. Ada sumber daya alam yang dapat
diperbarui, tetapi ada sumber daya alam yang tidak sanggup diperbarui. Sumber daya alam yang sanggup diperbarui ialah sumber daya alam yang sanggup dihasilkan kembali dalam waktu yang tidak lama. Tumbuhan dan binatang termasuk sumber daya alam yang sanggup diperbarui. Kita sanggup menghasilkan kembali flora dan binatang untuk dimanfaatkan. Tumbuhan sanggup dihasilkan melalui perjuangan pertanian. Hewan sanggup dihasilkan melalui perjuangan peternakan.
1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 4-5 siswa.
2. Diskusikan mengenai hal-hal berikut.
a. Di antara lingkungan-lingkungan berikut, termasuk lingkungan apakah tempat tempat tinggalmu?
1) Pegunungan
2) Dataran rendah
3) Pantai
4) Lainnya (tuliskan berdasarkan pengamatanmu)
b. Tuliskan potensi sumber daya alam yang ada di daerahmu!
c. Tuliskan mata pencaharian (pekerjaan) penduduk di daerahmu!
3. Buatlah laporan hasil diskusimu. Tuliskan laporanmu dalam bentuk tabel ibarat berikut!
Alternatif Jawaban :
Alternatif Jawaban No 3
Lingkungan Daerah Tempat Tinggal: Pegunungan
Potensi Sumber Daya : Tanaman dataran tinggi ibarat kopi, teh,karet
Mata Pencaharian atau pekerjaan penduduk : Perkebunan, Pertanian, Peternakan
Lingkungan Daerah Tempat Tinggal: Dataran rendah
Potensi Sumber Daya : Tanaman dataran rendah ibarat padi, jagung, kedelai, tembakau, rotan, perikanan dan peternakan
Mata Pencaharian atau pekerjaan penduduk : Pertanian, Buruh dan Guru
Lingkungan Daerah Tempat Tinggal: Pantai
Potensi Sumber Daya : Pasir pantai, ikan, rumput laut, garam laut
Mata Pencaharian atau pekerjaan penduduk : Nelayan, petambak ikan, petani garam
Alternatif Jawaban No 4
a. sumber daya alam yang ada di tempat saya sesuai dengan lingkungannya
b. pencaharian penduduk disekitar saya sesuai dengan lingkungannya
Jenis mata pencaharian atau pekerjaan penduduk di sekitar tempat tinggalmu ada banyak sekali macam. Apakah pekerjaan yang kau cita-citakan sesuai dengan lingkunganmu? Apakah pekerjaan yang kau cita-citakan berkhasiat bagi masyarakat di sekitarmu? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, lakukan aktivitas di bawah ini!
1. Kegiatan dilakukan secara berpasangan dengan sahabat sebelahmu!
2. Bertanyalah kepada temanmu mengenai hal-hal berikut.
a. Apa cita-citamu?
b. Apa manfaat cita-citamu bagi kehidupan di sekitarmu?
3. Laporkan hasil jawabanmu pada diskusi kelas. Tuliskan hasil diskusi dengan mengisi tabel ibarat berikut.
Kamu sudah mengetahui bermacam-macam impian sahabat sekelasmu! Dapatkah kau menciptakan kesimpulan perihal impian mereka yang bermacam-macam tersebut?
Alternatif Jawaban :
No 3
Nama Siswa : Ari
Cita-Cita : Guru
Manfaat untuk lingkungan tempat tinggal : Mendidik murid dengan ilmu yang berguna
Nama Siswa : Yudi
Cita-Cita : Arsitek
Manfaat untuk lingkungan tempat tinggal : Menggambar dan Mendesain rumah
Nama Siswa : Adi
Cita-Cita : Polisi
Manfaat untuk lingkungan tempat tinggal : Melindungi dan mengayomi masyarakat
Nama Siswa : Nana
Cita-Cita : Dokter
Manfaat untuk lingkungan tempat tinggal : Mengobati orang sakit
Kesimpulanku : Cita-Cita teman-temanku sangat beragam, Ada yang ingin jadi Guru, Arsitek, Polisi dan Dokter. Untuk mewujudkan impian kita yang harus kita lakukan ialah mencar ilmu dan berlatih dengan tekun dan disiplin serta diiringi Do'a biar impian kita tercapai.
Ayo Membaca
Keragaman sumber daya alam, lingkungan, pekerjaan dan impian memperkaya masyarakat Indonesia. Kini kau tahu bahwa keragaman itu menciptakan hidupmu semakin berwarna. Keindahan keragaman dituangkan dalam puisi berikut ini. Ayo, simaklah puisi berikut!
Alternatif Jawaban :
1. Hidupku penuh warna
2. Hidup penulis penuh dengan keaneka ragaman
3. Mengenai keaneka ragaman dan mengingatkan kita untuk bersyukur
4. Jumlah bait dalam puisi tersebut ialah 4 bait
5. Jumlah baris disetiap baitnya ialah 4 baris
6. Rima ialah persamaan suara pada final baris atau lirik
Rima bait pertama : a-a-b-b
Rima bait kedua : a-a-a-a
Rima bait ketiga : a-a-a-a
Rima bait keempat : a-b-a-b
Ayo Renungkan
1. Apakah manfaat keragaman bagimu?
2. Sikap apakah yang perlu dikembangkan untuk menghadapi keragaman?
3. Hal gres apa saja yang kau temukan pada pembelajaran hari ini?
Kerja Sama dengan Orang Tua
• Siswa membacakan puisi yang telah dibentuk di sekolah di depan orang tuanya.
• Siswa berdiskusi dengan orang renta perihal cara-cara yang ditempuh untuk mencapai cita-cita.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 25, 26, 28, 29, 30, 31, 32 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku Pembelajaran 3. Semoga sanggup menambah motivasi mencar ilmu dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda sanggup eksklusif Contact atau sanggup dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih. Sumber https://soaldanjawabanpg.blogspot.com/
Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 25-32 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan tanggapan yang sempurna berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Beni berjalan beriringan dengan Made. Made ter tarik dengan sebuah gulungan koran anak yang dibawa Beni. “Apa yang kau bawa, Ben? tanya Made. Aku ingin memperlihatkan sebuah artikel di koran ini kepada Bu Guru,” jawab Beni sambil tersenyum.
“Artikel perihal apakah itu, Ben? Aku jadi penasaran!” kata Made tidak sabar. “Ini perihal seorang perjaka yang berani, kawan! Walaupun masih muda, ia telah menjadi peternak dan pengusaha yang hebat!” kata Beni bangga. “Wah! Hebat! Bolehkah saya membacanya sekarang?” pinta Made tidak sabar.
“Hanya untuk kawanku, kau boleh membacanya kini sebelum saya memberikannya kepada Bu Guru,” jawab Beni sambil mengulurkan gulungan koran anak tersebut kepada Beni.
Apakah kau juga ingin tahu isi artikel yang dibawa Beni?
Yuk, kita baca bersama!
Ayo Membaca
Bacalah artikel berikut dengan saksama!
Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 6 Halaman 25
Alternatif Jawaban :
1. Pengusaha muda
2. Membangun sebuah peternakan
3. Kendalanya ialah modal dan lahan
4. Mimpi triyono ialah sanggup memenuhi pasokan daging sapi di jakarta yang dikala ini masi impor dari luar negeri
Ayo Mengamati
Perhatikanlah gambar-gambar berikut!
Pernahkah kau melihat aktivitas tersebut?
Hewan-hewan tersebut dipelihara oleh insan dan dimanfaatkan insan sesuai dengan tujuannya. Para peternak berusaha biar hasil peternakannya mempunyai kualitas yang baik.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 26
Ayo BerlatihKeahlian apa saja yang diperlukan biar perjuangan peternakan sanggup menghasilkan
binatang ternak yang berkualitas?
Tuliskan jawabanmu pada kolom berikut!
Alternatif Jawaban :
Keahlian apa saja yang diperlukan biar perjuangan peternakan sanggup menghasilkan
binatang ternak yang berkualitas adalah:
1. Keahlian merawat binatang ternak
2. Memperhatikan kualitas pakan ternak
3. Keahlian dalam membersihkan sangkar ternak
Selain beternak, aktivitas pertanian merupakan aktivitas yang paling banyak dilakukan masyarakat Indonesia. Sebagai negara agraris, Indonesia mempunyai lingkungan alam yang mendukung tumbuhnya aneka jenis tumbuhan pertanian. Kondisi tersebut menghasilkan produk pertanian dengan kualitas baik.
Perhatikan gambar-gambar hasil pertanian masyarakat Indonesia berikut ini!
Tumbuhan sanggup tumbuh subur jikalau dirawat dengan baik. Selain perawatan, flora juga memerlukan lingkungan yang sesuai. Menurutmu, di lingkungan ibarat apakah pohon apel dan mangga sanggup tumbuh dengan subur ?
Di lingkungan ibarat apakah sayuran brokoli, wortel, dan kol sanggup tumbuh dengan subur?
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 28
Ayo BerlatihPeta konsep ialah gambar yang menghubungkan satu inspirasi utama dengan ide-de pendukung. Peta konsep sanggup dipakai untuk menyajikan ringkasan suatu bacaan dengan memakai sketsa atau diagram.
Buatlah peta konsep perihal lingkungan yang sesuai biar tumbuhan sanggup tumbuh subur.
Alternatif Jawaban :
Indonesia mempunyai wilayah yang sangat luas dengan kondisi alam yang berbeda-beda. Perbedaan lingkungan alam itu menjadikan perbedaan potensi sumber daya alam dan aktivitas penduduk.
Sumber daya alam ada banyak sekali macam. Ada sumber daya alam yang dapat
diperbarui, tetapi ada sumber daya alam yang tidak sanggup diperbarui. Sumber daya alam yang sanggup diperbarui ialah sumber daya alam yang sanggup dihasilkan kembali dalam waktu yang tidak lama. Tumbuhan dan binatang termasuk sumber daya alam yang sanggup diperbarui. Kita sanggup menghasilkan kembali flora dan binatang untuk dimanfaatkan. Tumbuhan sanggup dihasilkan melalui perjuangan pertanian. Hewan sanggup dihasilkan melalui perjuangan peternakan.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 29
Ayo Berdiskusi1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 4-5 siswa.
2. Diskusikan mengenai hal-hal berikut.
a. Di antara lingkungan-lingkungan berikut, termasuk lingkungan apakah tempat tempat tinggalmu?
1) Pegunungan
2) Dataran rendah
3) Pantai
4) Lainnya (tuliskan berdasarkan pengamatanmu)
b. Tuliskan potensi sumber daya alam yang ada di daerahmu!
c. Tuliskan mata pencaharian (pekerjaan) penduduk di daerahmu!
3. Buatlah laporan hasil diskusimu. Tuliskan laporanmu dalam bentuk tabel ibarat berikut!
Alternatif Jawaban :
Alternatif Jawaban No 3
Lingkungan Daerah Tempat Tinggal: Pegunungan
Potensi Sumber Daya : Tanaman dataran tinggi ibarat kopi, teh,karet
Mata Pencaharian atau pekerjaan penduduk : Perkebunan, Pertanian, Peternakan
Lingkungan Daerah Tempat Tinggal: Dataran rendah
Potensi Sumber Daya : Tanaman dataran rendah ibarat padi, jagung, kedelai, tembakau, rotan, perikanan dan peternakan
Mata Pencaharian atau pekerjaan penduduk : Pertanian, Buruh dan Guru
Lingkungan Daerah Tempat Tinggal: Pantai
Potensi Sumber Daya : Pasir pantai, ikan, rumput laut, garam laut
Mata Pencaharian atau pekerjaan penduduk : Nelayan, petambak ikan, petani garam
Alternatif Jawaban No 4
a. sumber daya alam yang ada di tempat saya sesuai dengan lingkungannya
b. pencaharian penduduk disekitar saya sesuai dengan lingkungannya
Jenis mata pencaharian atau pekerjaan penduduk di sekitar tempat tinggalmu ada banyak sekali macam. Apakah pekerjaan yang kau cita-citakan sesuai dengan lingkunganmu? Apakah pekerjaan yang kau cita-citakan berkhasiat bagi masyarakat di sekitarmu? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, lakukan aktivitas di bawah ini!
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 30
Ayo Berlatih1. Kegiatan dilakukan secara berpasangan dengan sahabat sebelahmu!
2. Bertanyalah kepada temanmu mengenai hal-hal berikut.
a. Apa cita-citamu?
b. Apa manfaat cita-citamu bagi kehidupan di sekitarmu?
3. Laporkan hasil jawabanmu pada diskusi kelas. Tuliskan hasil diskusi dengan mengisi tabel ibarat berikut.
Kamu sudah mengetahui bermacam-macam impian sahabat sekelasmu! Dapatkah kau menciptakan kesimpulan perihal impian mereka yang bermacam-macam tersebut?
Alternatif Jawaban :
No 3
Nama Siswa : Ari
Cita-Cita : Guru
Manfaat untuk lingkungan tempat tinggal : Mendidik murid dengan ilmu yang berguna
Nama Siswa : Yudi
Cita-Cita : Arsitek
Manfaat untuk lingkungan tempat tinggal : Menggambar dan Mendesain rumah
Nama Siswa : Adi
Cita-Cita : Polisi
Manfaat untuk lingkungan tempat tinggal : Melindungi dan mengayomi masyarakat
Nama Siswa : Nana
Cita-Cita : Dokter
Manfaat untuk lingkungan tempat tinggal : Mengobati orang sakit
Kesimpulanku : Cita-Cita teman-temanku sangat beragam, Ada yang ingin jadi Guru, Arsitek, Polisi dan Dokter. Untuk mewujudkan impian kita yang harus kita lakukan ialah mencar ilmu dan berlatih dengan tekun dan disiplin serta diiringi Do'a biar impian kita tercapai.
Ayo Membaca
Keragaman sumber daya alam, lingkungan, pekerjaan dan impian memperkaya masyarakat Indonesia. Kini kau tahu bahwa keragaman itu menciptakan hidupmu semakin berwarna. Keindahan keragaman dituangkan dalam puisi berikut ini. Ayo, simaklah puisi berikut!
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 31, 32
Alternatif Jawaban :
1. Hidupku penuh warna
2. Hidup penulis penuh dengan keaneka ragaman
3. Mengenai keaneka ragaman dan mengingatkan kita untuk bersyukur
4. Jumlah bait dalam puisi tersebut ialah 4 bait
5. Jumlah baris disetiap baitnya ialah 4 baris
6. Rima ialah persamaan suara pada final baris atau lirik
Rima bait pertama : a-a-b-b
Rima bait kedua : a-a-a-a
Rima bait ketiga : a-a-a-a
Rima bait keempat : a-b-a-b
Ayo Renungkan
1. Apakah manfaat keragaman bagimu?
2. Sikap apakah yang perlu dikembangkan untuk menghadapi keragaman?
3. Hal gres apa saja yang kau temukan pada pembelajaran hari ini?
Kerja Sama dengan Orang Tua
• Siswa membacakan puisi yang telah dibentuk di sekolah di depan orang tuanya.
• Siswa berdiskusi dengan orang renta perihal cara-cara yang ditempuh untuk mencapai cita-cita.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 25, 26, 28, 29, 30, 31, 32 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku Pembelajaran 3. Semoga sanggup menambah motivasi mencar ilmu dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda sanggup eksklusif Contact atau sanggup dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih. Sumber https://soaldanjawabanpg.blogspot.com/