Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ 2 Cara Sinkronisasi Dapodik Model 2021


– cara modern untuk melaksanakan syncronisasi di dapodik model 2021.
Dapodik merupakan suatu aplikasi yang wajib untuk diisi oleh setiap satuan Pendidikan untuk mengenali data -data sekolah, data jumlah penerima didik, data jumlah guru dan tenaga kependidikan, data fasilitas dan prasarana yang ada di sekolah serta data-data yang lain yang mesti di input serta diantarkan secara online.

Untuk melakukan aplikasi dapodik maka pastinya sekolah mesti menegaskan salah seorang yang diperintahkan selaku operator dapodik sekolah yang nantinya ia bertugas selaku penginput data serta melaksanakan proses pengantaran data sesuai dengan data yang bergotong-royong yang dimiliki oleh setiap satuan Pendidikan.

Setelah semua data di inputkan kedalam aplikasi dapodik maka salah satu hal penting yang mesti dijalankan merupakan melaksanakan sinkronisasi data dapodik atau pengantaran data dapodik ke server pusat. Perlu di pahami bahwa di aplikasi dapodik dikala ini untuk melaksanakan proses sinkronisasi memiliki sedikit perbedaan dengan aplikasi dapodik pada model sebelumnya.

Jika pada aplikasi dapodik model sebelumnya untuk melaksanakan sinkronisasi maka operator dapodik sanggup eksklusif melakukannya cuma dengan masuk atau login lewat akun operator saja tetapi di aplikasi dapodik modern ini maka untuk melaksanakan proses sinkronisasi sudah tidak seumpama itu lagi melainkan untuk sanggup melaksanakan sinkronisasi maka operator mesti login lewat akun kepala sekolah.

Mengapa kini untuk sanggup melaksanakan sinkronisasi mesti menggunakan akun kepala sekolah, alasannya merupakan dikala ini untuk melaksanakan proses pengantaran data maka kepala sekolahlah yang wajib melakukannya dan kepala sekolah selaku penanggung jawab mesti mengenali apakah data yang hendak diantarkan tersebut sudah benar adanya.

Bagi anda yang mungkin dikala ini masih awam ihwal melaksanakan proses sinkronisasi dapodik menggunakan aplikasi dapodik model modern ini maka anda sanggup mengenali caranya yang hendak saya jelaskan lewat artikel ini.
Memang kalau kita gres pertama kali untuk memegang aplikasi dapodik maka pastinya hal ini menjadi sungguh penting untuk di pahami biar Ketika akan melakukan aplikasi dapodik maka proses sinkronisasi sanggup berlangsung dengan lancar.

Baiklah untuk lebih jelasnya berikut ini 2 cara untuk melaksanakan sinkronisasi dapodik model modern :

CARA 1 :

1.   Cara pertama ini sanggup dijalankan apabila anda masuk atau login menggunakan akun operator dapodik sekolah.

Caranya yakni setelah anda sukses login kedalam aplikasi dapodik maka silahkan anda klik santapan “Pengaturan”

2.   Selanjutnya klik “ Tukar jalan masuk pengguna”

3.   Kemudian silahkan anda masukkan nomor isyarat pendaftaran dapodik anda

4.   Selanjutnya silahkan pilih nama kepala sekolah anda dan klik “Tukar pengguna”

5.   Maka anda akan di arahkan untuk login kedalam aplikasi dapodik menggunakan akun kepala sekolah, dan lihatlah kini santapan sinkronisasi sudah terlihat
6.   Perlu dikenang bahwa sebelum anda melaksanakan sinkronisasi maka apalagi dulu laksanakan validasi dan usahakan biar seluruh data yang ada pada santapan validasi seluruhnya sudah tidak ada yang invalid.

7.   Langkah terakhir silahkan klik santapan “sinkronisasi” dan ikuti tahapannya biar sinkronisasi sanggup berlangsung dengan lancar.



CARA 2 : 

1.   Untuk cara kedua ini sanggup anda laksanakan secara eksklusif yakni tanpa anda login menggunakan akun operator dapodik sekolah dan tanpa menggunakan system tukar pengguna.
2.   Caranya yakni silahkan anda buka aplikasi dapodik kemudian anda masukkan username kepala sekolah dan passwordnya dengan menggunakan akun kepala sekolah.
3.   Setelah itu silahkan anda laksanakan validasi apalagi dulu dan pastikan seluruhnya sudah tidak ada yang invalid
4.   Selanjutnya klik santapan “Sinkronisasi”
5.   Silahkan tunggu hingga proses sinkronisasi selesai.

Demikianlah 2 cara yang sanggup di pakai untuk melaksanakan proses sinkronisasi dapodik dengan menggunakan aplikasi dapodik model modern dikala ini. Intinya bahwa kalau anda ingin melaksanakan sinkronisasi maka anda mesti login menggunakan akun kepala sekolah dan pastikan bahwa sebelum melaksanakan proses sinkronisasi maka seluruh data yang ada di santapan validasi local sudah valid semuanyaagar proses sinkronisasi sanggup timbul dan berlangsung dengan baik alasannya merupakan kalau masih ada data validasi yang masih invalid maka santapan sinkronisasi tidak akan timbul melainkan yang hendak timbul merupakan santapan Tarik data.

Sekian yang sanggup saya informasikan ada peluang kali ini, mudah-mudahan apa yang sanggup saya sampaikan ini sanggup berharga buat anda para operator dapodik sekolah yang memerlukan isu perihal cara modern untuk melaksanakan sinkronisasi dapodik menggunakan aplikasi dapodik terbaru.