Tanya-Jawab Seputar Aplikasi Dapodik Model Terbaru
- Sebelum kita mengenali permasalahan dan yang sudah di jawab pada postingan ini,ada baiknya bapak/ibu guru mengenali dahulu beberapa pergantian yang seknifikan pada aplikasi dapodik model terbaru.
Pembaruan Aplikasi Dapodik Terbaru
Setiap pembaruan aplikasi dapodik baik setiap semester maupun mendadak mempunyai tujuan tertentu dan mempunyai dasar yang jelas. Beberapa pembaruan alasannya merupakan ada undangan tertentu oleh bab di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terkait pemanfaatan data. Beberapa perbaikan dijalankan alasannya merupakan ada memajukan secara maksimal dari sisi keselamatan data dan update tumpuan yang belum terakomodir di model sebelumnya.
Dari pergantian pada aplikasi dapodik model modern maka muncullah permasalahan yang hendak admin jawab selaku berikut:
Pertanyaan Serta Jawaban Terkait Pembaruan
[Pembaruan] Perubahan sistem perkiraan pada keadaan Ruang dan Bangunan
1. Komponen kerusakan seumpama apa yang menempel pada bangunan dan ruangan?
Untuk dapat melihat kerusakan apa saja yang melekat pada bangunan dan ruangan dapat dicek lewat tombol keadaan ruang. Terdapat perbedaan antara bangunan dan ruang. Pastikan mengerti cara perkiraan komponen tersebut
2. Bagaimana alur penambahan tanah, bangunan dan ruang ?
Dalam proses pengisian tanah bangunan dan ruang, pertama kali yang mesti dimasukan merupakan data tanah. Pastikan mengisikan data tanah dengan lengkap beserta nomor akta tanahnya. Setelah data tanah tersimpan, lakukan penambahan banguan apa saja yang berdiri diatas tanah yang dibuatkan. Setelah data banguan dibentuk maka langkah berikutnya menyertakan ruangan apa saja yang ada dalam bangunan tersebut.
[Pembaruan] Perubahan alur administrasi saluran pengguna
3. Bagaimana cara menambah/ merubah password ptk
Cara mengubah password pertama kali ketika login aplikasi dapodik versi terbaru. Akan diminta pergantian password untuk menegaskan aktifasi setiap akun yang terdaftar dengan tugas pengguna operator sekolah. Adapun manajemen pengguna selanjutnya dapat dilakukan melalui menu pengaturan pilih administrasi pengguna
[Pembaruan] Pemutahiran validasi pada di saat sebelum sinkronisasi
4. Apa pengaruhnya jikalau di validasi setempat berwarna merah dengan keterangan invalid?
Validasi papaun terkait dengan warna merah akan mempengarui sinkronisasi. Proses sinkronisasi pada aplikasi dapodik cuma sanggup dijalankan jikalau semua data sudah valid, dan tidak ada lagi data yang invalid bertanda merah. Terkait dengan tanda warning pada validasi baik setempat maupun sentra masih diperbolehkan untuk sinkronisasi.
5. Apa pengaruhnya jikalau di validasi setempat berwarna kuning dengan keterangan warning?
Validasi dengan warna kuning mempunyai arti warning, cukup menjadi perayaan dan ada kemungkinan di kemudian hari akan menjadi invalid. Pastikan data semua valid dan sanggup dipertanggungjawabkan mutu serta kebenaran datanya
[Pembaruan] Penambahan atribut jarak ke sumber listrik terdekat jikalau sumber listrik menegaskan Tidak Ada pada tabulasi Data Periodik Sekolah
6. Jika sekolah tak punya listrik, apa yang mesti diisi di kolom sumber listrik?
Data detail sekolah terkait dengan sumber listrik menjadi keharusan untuk diisi jikalau sekolah tak punya sumber listrik pastikan menegaskan “Tidak Ada”. untuk opsi yang lain jikalau sumber listrik yang tersedia tidak tercantum dalam opsi tersebut
[Pembaruan] Penambahan atribut No KK pada penerima didik
7. Jika penerima didik belum mempunyai KK, apa efek nya di dapodik ?
Peserta didik yang belum memiliki KK atau belum mengisikan nomor KK ke dalam aplikasi dapodik modern maka masih berstatus warning.
8. Apakah wajib mengisi KK
Belum menjadi kewajiban, tetapi diusulkan untuk melengkapi data isian penerima didik dengan selengkap-lengkapnya
[Pembaruan] Penambahan atribut lingkar kepala pada data periodik penerima didik
9. Apa maksud pengisian data lingkar kepala pada tabel data periodik siswa ?
sebagai data untuk mengenali berkembang kembang anak dan memetakan permasalah/ gunjingan stunting
10. Jika siswa belum mengisikan data lingkar kepala, apa efek nya di dapodik ?
dapat dilengkapi selanjutnya. Masih belum di laksanakan validasi kelengkapan
[Pembaruan] Pemecahan formulir sarpras menjadi 3 bagian
11. Apa saja pemisahan data di prasarana?
Aplikasi dapodik versi terbaru pembuatan sarpras diharuskan memiliki induknya seperti pada saat akan menghasilkan Bangunan maka sekolah diwajibkan untuk menghasilkan apalagi dahulu Tanah, begitu pula untuk pembuatan ruang sekolah diharuskan membuat terlebih dahulu Bangunan. Maka sekolah menghasilkan tanah sesuai dengan dokumen kepemilikan tanah, jikalau sekolah mempunyai sebidang tanah tetapi mempunya 2 (dua) dokumen maka pengerjaan tanah pada aplikasi dapodik mesti 2 (record).
12. Apa saja pemisahan data di tabel fasilitas ?
Untuk tabel fasilitas tidak terlampau jauh berlainan dengan model sebelumnya, untuk fasilitas mengharuskan untuk dibuatkan pada setiap eksistensi alat pada ruang.
13. Isian record tanah menurut apa ?
status dokumen tanah (sertifikat), Contohnya sekolah mempunyai sebidang tanah tetapi mempunyai 3 dokumen (sertifikat) maka sekolah mengharuskan pengerjaan tanah 3 record tanah pada aplikasi dapodik.
14. Ada data dummy tanah dengan nama tanah sekolah (nama_sekolah) apa maksudnya? Data dummy tanah dengan nama sekolah dimaksud dalam untuk memudahkan menambahkan bangunan yang terdapat dalam tanah tersebut.
15. Ada data dummy bangunan dengan nama bangunan sekolah (nama_sekolah) apa maksudnya? Data dummy bangunan dengan nama sekolah dimaksud merupakan untuk mempermudah menyertakan ruangan yang terdapat dalam banguan tersebut.
16. Bagaimana cara memperbaiki tanah / bangunan dummy tersebut?
Klik 2x pada isian tersebut, data dummy sanggup dirubah dan sanggup menyesuaikan dengan keadaan di sekolahnya masing-masing. Untuk berpindah ke kolom berikutnya sanggup memakai tombol tab. Pastikan mengisi dengan data yang cocok pada berkas yang dimiliki.
[Pembaruan] Penambahan sub suguhan Tanah dan Bangunan
17. Apa saja isian pada sub suguhan tanah ?
Berbagai isian pada sub suguhan tanah merupakan penambahan tanah, dalam hal ini tanah dimaksud merupakan luas tanah tersebut, lahan kosong, lapangan. Setiap jenis tersebut jika ada, disarankan untuk melengkapi setiap atributnya. Isian lain terkait NJOP (Nilai Jual Objek Pajak) pun mesti dilengkapi. Menu yang lain merupakan apakah tanah tersebut dihasilkan dari blogrant ? jikalau iya silakan melakukan pemetaan tanah tersebut kepada blogrant pada suguhan aksi.
18. Apa saja isian pada sub suguhan bangunan ?
Berbagai isian pada sub suguhan bagunan merupakan penambahan bangunan, bangunan tempat ibadah, kebun, taman, tempat bermain. Setiap jenis tersebut jikalau ada, diharuskan sekolah untuk melengkapi datanya seumpama keadaan kerusakan bangunan. Menu yang lain merupakan bangunan tersebut dihasikan dari blogrant? Jika ya silahkan melakukan pemetaan bangunan terdadap blogrant pada suguhan dihasilkan dari blogrant.
[Pembaruan] Penambahan sub suguhan Ruang
19. Apa saja isian pada sub suguhan ruang?
Ruang di aplikasi versi terbaru di bagi menjadi beberapa jenis ruang yaitu ruang kelas, ruang kepsek/guru, ruang laboratorium, ruang perpustakaan, ruang bengkel/ praktek dan ruang penunjang. Setiap ruang diharuskan mengisikan keadaan kerusakan sesuai dengan kerusakan ruangan masingmasing.
[Pembaruan] Penambahan sub suguhan Alat, Angkutan dan Buku
20. Apa yang di maksud dengan buku teks ?
Buku teks merupakan buku tumpuan yang dijadikan contoh selaku proses pembelajaran kurikulum 2013 yang sudah disahkan oleh Pusat Perbukuan Kemdikbud.
21. Apa yang di maksud dengan buku non teks?
Buku non teks merupakan katalog buku yang bersifat pengayaan/ memperkuat materi kurikulum K13 yang diajarkan dalam buku teks
22. Apa yang di maksud dengan transportasi ?
Angkutan adalah kendaraan yang dimiliki oleh sekolah baik di darat maupun di air terdiri dari: sepeda, motor, mobil, perahu
23. Apa yang di maksud dengan alat ?
alat merupakan segala fasilitas yang dimiliki oleh sekolah
[Pembaruan] Penambahan tabulasi Pendidikan Keluarga pada Data Rinci Sekolah
24. Apa yang di maksud dengan Pendidikan Keluarga pada Data Rinci Sekolah ?
Pendidikan keluarga merupakan kelas pemanis yang diselenggarakan oleh sekolah untuk melibatkan keluarga dalam tanggungjawab mendidik anak secara bersama-sama dengan sekolah, terdiri dari kelas pemikiran dan kelas parenting
[Pembaruan] Penambahan performa baris berwarna jingga jikalau pada Menu Alat fasilitas tidak cocok dengan Standar Sarpras yang berlaku
25. Bagaimana cara memperbaiki Penambahan performa baris berwarna jingga ?
isikan jumlah yang cocok atau abaikan jikalau memang tak punya fasilitas tersebut, hal ini selaku fasilitas edukasi ke sekolah antara data dan standar
[Pembaruan] Penambahan tabel Kitas, Paspor pada Menu GTK
26. Pengisian KITAS/passport untuk GTK bukan WNI apakah wajib diisi?
ya, wajib. Untuk mengenali izin kerja dan tanggal beralku izin kerja WNA di Indonesia
27. Apa dampaknya jikalau tidak diisi ?
Dapodik sekolah tidak sanggup melakukan sinkronisasi alasannya merupakan bersifat mandatory, invalid/ menghambat sinkronisasi jikalau tidak diisi
[Pembaruan] Penambahan tabel Kitas, Paspor dan Kesejahteraan pada Menu Peserta Didik
28. Pengisian KITAS untuk Peserta didik bukan WNI apakah wajib diisi?
untuk penerima didik bersifat warning
29. Apa dampaknya jikalau KITAS tidak diisi ?
masih sanggup melakukan sinkronisasiIntegrasi hasil output PPDB untuk siswa gres ke dalam database dapodik
30. Apa yang dimaksud dengan integrasi output PPDB ke dapodik ?
sebagai upaya percepatan dan memajukan secara maksimal output/ hasil PPDB yang ada di tempat sanggup di masukkan ke dalam database dapodik sentra secara otomatis.
31. Apa keuntungannya integrasi PPDB ke dapodik?
mempercepat proses penginputan data khusus nya data siswa baru, meningkatkan mutu data keberlanjutan siswa yang lulus dan melanjutkan ke jenjang diatasnya, dan memajukan efektivitas pekerjaan dalam lingkup data pendidikan antara proses PPDB dan Dapodik
32. Bagimana caranya integrasi PPDB ke dalam dapodik ?
difasilitasi oleh dinas pendidikan setempat,
33. Apa dampaknya hasil integrasi PPDB ke dapodik ?
data siswa gres dari PPDB akan timbul di aplikasi dapodik per sekolahan secara otomatis tanpa menawan satu - persatu lagi siswa gres dari sekolah asalnya.
Kelulusan bareng siswa tingkat ahir, 6, 9, 12 dan 13.
34. Apa yang di maksud dengan bareng siswa tingkat ahir, 6, 9, 12 dan 13?
siswa tersebut di keluarkan dari sekolah nya dengan status lulus di catat per simpulan semester. Hal ini dimaksudkan untuk mempercepat proses pendataan.
35. Jika ada siswa tidak lulus sekolah, apa yang mesti dijalankan ?
lapor ke admin dinas pendidikan untuk dilakukan pembatalan siswa keluar ,kemudian dinas memasukkan kembali siswa tersebut ke rombel sesuai tingkat nya di sekolah tersebut. Selanjutnya
36. Bagaimana cara menambah/ menawan siswa gres ke dalam aplikasi dapodik?
dengan menggunakan web dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id, login sekolah kemudian mencari siswa tersebut di sekolah asalnya, dan masukkan ke dalam rombel. Proses dengan cara klik tombol tarik. Kemudian dengan aplikasi dapodik sekolah lakukan sinkronisasi. Maka siswa hasil tarik tersebut akan masuk ke dalam aplikasi dapodik sekolah secara otomatis tanpa menginput biodata siswa tersebut.
37. Penguncian kolom SK Pengangkatan, TMT Pengangkatan, forum pengangkat di tabel PTK, untuk apa? hal ini untuk menjaga konsistensi keterisian data tersebut. Karena yang mengeluarkan SK pengangkatan merupakan dinas pendidikan setempat.
38. Bagaimana jikalau ada kesalahan isian pada kolom SK Pengangkatan, TMT Pengangkatan, forum pengangkat di tabel PTK?
Hubungi admin dapodik di dinas pendidikan setempat, data yang terkunci cuma sanggup diperbaiki oleh admin dinas pendidikan Penambahan Tabel Kesejahteraan_PD dan migrasi data KIP, KPS, PKH.
39. Kenapa Data No KIP, KPS, dll tidak timbul lagi di tabel penerima didik,?
Data tersebut sudah dipindahkan ke tabel kemakmuran penerima didik
40. Jika ada data nomor yang baru, apa yang mesti dijalankan di app dapodik ?
buka tabel kemakmuran penerima didik, kemudian inputkan nomor kartu di tabel tersebut.
Penambahan referensi mata pelajaran informatika dan penentuan sekolah yang melaksanakan pelajaran tersebut.
41. Apa dasar sekolah yang menyelenggarakan mapel Informatika?
Sekolah yang sanggup menyelenggarakan mapel informatika pada rombongan berguru merupakan sekolah yang terdaftar pada Surat Keputusan Sekretaris Jenderal Kemendikbud.
42. Bagaimana pembagian jam informatika dengan mapel prakarya untuk SMP?
Jika dalam 1 rombel terdapat guru yang mengampu mata pelajaran Informatika maka mapel prakarya tidak sanggup diampu oleh guru yang lain di rombongan berguru yang sama
43. Di rombel apa informatika diajarkan untuk jenjang SMA?
Untuk mata pelajaran Informatika pada jenjang SMA pengentriannya pada rombongan belajar Lintas Minat
44. Mapel informatika akan linear dengan PTK sertifikasi apa?
Mata pelajaran Informatika linier dengan guru yang bersertifikasi TIK
45. Pada jenjang SMK, penyeleksian jurusan/ kompetensi yang dilayani dalam suguhan sekolah terdapat bisnis proses yang berbeda, apa itu?
Pemilihan jurusan/kompetensi yang dilayani oleh sekolah kini dijalankan lewat Manajemen Dapodikdasmen oleh Admin Dinas Provinsi
46. Jika Sekolah Menengah kejuruan ingin membuka jurusan/ kompetensi baru, yang semester sebelumnya tidak ada, apa yang mesti dijalankan ?
penambahan jurusan/kompetensi gres pada Aplikasi Dapodikdasmen model modern dijalankan lewat administrasi dinas oleh Admin Dapodikdasmen provinsi
47. Jika kompetensi/jurusan Sekolah Menengah kejuruan sudah pernah dibuka tahun sebelumnya, apakah perlu ke dinas pendidikan provinsi lagi?
jika Sekolah Menengah kejuruan sudah pernah membuka jurusan sebelumnya maka tidak perlu lapor ke dinas pendidikan
48. Jika ada kompetensi/jurusan dari tahun sebelumnya akan ditutup, apakah perlu lapor kedinas pendidikan ?
Penutupan jurusan/kompetensi dijalankan lewat Aplikasi Dapodikdasmen oleh sekolah (dengan cara tidak perlu menegaskan jurusan tersebut di pembelajaran rombel)
49. Jika ada pendirian Sekolah Menengah kejuruan baru, bagaimana cara pengisian jurusan/kompetensi kemampuan terkait bisnis proses yang gres ini?
Untuk penyeleksian jurusan/kompetensi bagi sekolah Sekolah Menengah kejuruan yang gres berdiri dijalankan lewat Admin Dinas pada Manajemen dapdoikdasmen. Dengan kata lain, sekolah Sekolah Menengah kejuruan gres mesti menyertakan jurusan/kompetensi, PTK gres dan siswa di dinas pendidikan sebelum melakukan registrasi/prefill di apliaksi dapodik sekolah.