Buku Panduan Evaluasi Kinerja Siswa
Buku Panduan Penilaian Kinerja Siswa. Penilaian di kelas bertujuan untuk mengumpulkan informasi perihal ketercapaian kurikulum yang menjadi sasaran pembelajaran. Pelaksanaan evaluasi ini sanggup dilakukan dengan memakai aneka macam bentuk evaluasi sesuai dengan kompetensi mata pelajaran yang akan diukur ketercapaiannya. Bentuk evaluasi di kelas yang telah dikenal, antara lain tes tertulis, tes lisan, dan evaluasi kinerja. Penilaian kinerja merupakan salah satu bentuk evaluasi yang perlu ditingkatkan penggunaannya di kelas.
Buku Panduan Penilaian Kinerja Siswa ini disusun secara simpel sebagai salah satu panduan bagi pendidik dalam melaksanakan evaluasi kinerja. Buku ini merupakan pengembangan dari buku yang pernah diterbitkan oleh Pusat Penilaian Pendidikan. Pada buku ini disajikan contoh-contoh soal atau kiprah untuk evaluasi kinerja. Contoh-contoh tersebut diperlukan memberi wawasan, ide kepada pendidik bagaimana evaluasi kinerja bermanfaat tidak hanya untuk menilai kompetensi yang sesuai tetapi juga sanggup mendorong berpikir tingkat tinggi.
Penilaian dalam dunia pendidikan merupakan proses pengumpulan, pengolahan, dan interpretasi informasi hasil mencar ilmu penerima didik yang dipakai sebagai dasar untuk menciptakan keputusan pendidikan. Penilaian kelas merupakan proses pengumpulan, pengolahan, dan interpretasi informasi untuk menciptakan aneka macam keputusan terkait pembelajaran di tingkat kelas oleh guru. Penilaian kelas mempunyai kiprah sangat penting untuk (a) memperlihatkan informasi awal sebelum pembelajaran dimulai sehingga guru sanggup mendesain skenario pembelajaran dengan tepat; (b) memperlihatkan umpan balik bagi guru dan penerima didik untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran; dan (c) memperlihatkan informasi ketercapaian tujuan pembelajaran tertentu, contohnya menyimpulkan ketercapaian sebuah kompetensi dasar pada mata pelajaran tertentu.
Agar evaluasi yang dilakukan guru efektif dan bermakna, guru perlu (1) merumuskan sasaran pembelajaran yang akan dinilai dengan jelas, tegas, dan terukur; (2) memastikan teknik evaluasi yang dipilih sesuai dengan setiap sasaran pembelajaran; (3) memastikan teknik evaluasi yang dipakai sesuai dengan kebutuhan penerima didik ketika ini dan nanti. Teknik evaluasi ketika ini harus mempunyai bantuan faktual terhadap pencapaian mutu lulusan yang mempunyai keterampilan berpikir kritis dan kreatif, keterampilan berkomunikasi, dan keterampilan berkolaborasi. Oleh alasannya yaitu itu evaluasi harus fokus mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi dan mengukur kinerja penerima didik.
Penilaian kinerja sering disebut juga evaluasi otentik merupakan teknik evaluasi multi-dimensional yang sanggup dilakukan dengan evaluasi tertulis,penilaian perbuatan, dan penugasan. Penilaian kinerja menuntut penerima didik menciptakan sebuah produk dan/atau mendemonstrasikan sebuah proses. Dengan demikian, evaluasi kinerja menuntut penerima didik untuk melaksanakan aktivitas menurut pengetahuan yang dimilikinya, contohnya menciptakan laporan atau mempraktikkan bagaimana mengukur suhu zat di laboratorium.
Buku Panduan Penilaian Kinerja Siswa sudah dikembangkan sebelumnya oleh Puspendik yang terbagi dalam evaluasi praktik, evaluasi hasil kinerja (produk), dan evaluasi proyek. Buku panduan evaluasi kinerja ini menggabungkan secara keseluruhan semua buku tersebut secara sederhana dan singkat disertai dengan contoh-contohnya untuk beberapa mata pelajaran pada setiap jenjang. Buku ini diperlukan sanggup memandu para pendidik, kepala sekolah, pengawas, pembuat kebijakan pendidikan, dan praktisi dalam memahami, mengembangkan, dan melaksanakan evaluasi kinerja.
Seperti apa pola Penilaian Kinerja Siswa, selengkapnya silahkan baca Buku Panduan Penilaian Kinerja Siswa.
Link download
Demikian informasi perihal Buku Panduan Penilaian Kinerja Siswa. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.