Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Tanggapan Buku Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 Halaman 46, 47, 49, 51

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 6 Halaman 46, 47, 49, 51 - Pembelajaran Kelas 6 Tema 7 Kepemimpinan Subtema 1 Pemimpin di Sekitarku Pembelajaran 6 yang Membahas Tentang Komandan Damkar Meninggal ketika Menyelamatkan Anak Buahnya

Buku Tematik Siswa yang dipakai sebagai sumber berguru kelas 6 merupakan buku tematik terpadu kurikulum 2013 (K13) Revisi Tahun 2018

Pada pembahasan bahan pembelajaran kelas 6 Tema 7 Kepemimpinan Subtema 1 Pemimpin di Sekitarku siswa harus menuntaskan kiprah secara berdikari setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik kelas 6 ini. Untuk membantu pemahan bahan dan latihan soal tematik secara sempurna berikut ini kami bagikan alternatif tanggapan yang terdapat pada halaman 46-51

 yang Membahas Tentang Komandan Damkar Meninggal  ketika Menyelamatkan Anak Buahnya Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 Halaman 46, 47, 49, 51

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 Pemimpin di Sekitarku Pembelajaran 6


Ayo Membaca

Komandan Damkar Meninggal ketika Menyelamatkan Anak Buahnya
Petugas pemadam kebakaran (damkar) bertaruh nyawa ketika memadamkan api. Tak sedikit dari mereka yang meninggal ketika berusaha memadamkan api. Seorang petugas pemadam kebakaran berjulukan Pak Saiful mengenang komandannya yang meninggal ketika memadamkan kebakaran di Blok M sekitar tahun 2005. Komandannya yang berjulukan Pak Subandi tersebut,saat itu terjebak kobaran api dan tidak sanggup keluar. Selang air yang dibawa Pak Subandi terputus.

“Pak Subandi sempat melemparkan topi keluar sebagai instruksi bahwa beliau sedang dalam bahaya. Namun, tiba-tiba api meledak dan mengenai tubuhnya,” ungkap Pak Saiful.

Pak Saiful menceritakan bahwa Pak Subandi merupakan seorang pemimpin yang sangat peduli dengan anak buahnya. Meninggalnya Pak Subandi di lokasi kebakaran itu pun alasannya ialah beliau berusaha menyelamatkan tim pemadam yang sedang terjebak di dalam gedung yang sedang terbakar.

Petugas pemadam kebakaran yang telah rela berkorban tersebut ketika itu menjabat sebagai Kepala Sektor Pemadam Kebakaran Jakarta Selatan.Pengorbanan Pak Subandi menjadi pelajaran dan motivasi untuk membangun semangat anak buahnya dalam menjalankan tugas.

Pak Suhada, seorang petugas pemadam kebakaran yang telah 30 tahun bertugas juga menceritakan pengalamannya. Banyak insiden kritis yang sudah beliau lewati selama menjalankan tugas.

“Kalau sudah di depan api, saya sering berpikir jangan-jangan hari ini saya mati. Tetapi alhamdulillah saya masih dikasih kesempatan hidup. Yang penting kita nrimo menjalani tugas. Jangan banyak mengeluh,” kata Pak Suhada.

Pak Suhada menceritakan jikalau kaki kirinya pernah melepuh terkena air panas ketika memadamkan kebakaran di sebuah permukiman. Pak Suhada juga pernah terkena setrum dan runtuhan atap rumah. Kondisi ketika kebakaran sangat riuh. Sering pemadam tidak sempat menilik kabelkabel listrik yang berserakan.Maka, risiko tersetrum pun harus beliau hadapi.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 46


Ayo Berdiskusi

Diskusikan tugas-tugas berikut bersama kelompokmu.

Tuliskan pokok-pokok pikiran dari bacaan “Komandan Damkar Meninggal ketika Menyelamatkan Anak Buahnya”.

 yang Membahas Tentang Komandan Damkar Meninggal  ketika Menyelamatkan Anak Buahnya Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 Halaman 46, 47, 49, 51

Jawaban :
  • Paragraf 1 : Pemadam kebakaran bertaruh nyawa ketika bertugas
  • Paragraf 2 : Perjuangan Pak Subandi
  • Paragraf 3 : Pemimpin yang sangat peduli pada anak buahnya
  • Paragraf 4 : Pengalaman Pak Suhada
  • Paragraf 5 : Pak Suhada yang selalu bersyukur
  • Paragraf 6 : Perjuangan Pak Suhada menjadi pemadam kebakaran

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 47


 yang Membahas Tentang Komandan Damkar Meninggal  ketika Menyelamatkan Anak Buahnya Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 Halaman 46, 47, 49, 51

1. Apa yang sanggup kau teladani dari petugas pemadam kebakaran?

Jawaban :

Petugas pemadam kebakaran berani dalam melakasanakan tugas. Selalu menolong sesama.

2. Nilai ketuhanan apakah yang diterapkan oleh petugas pemadam kebakaran?

Jawaban :

Selalu berdoa sebelum melakukan kiprah dan bersyukur sehabis melakukan tugas.

3. Nilai kemanusiaan apakah yang diterapkan oleh petugas pemadam kebakaran?

Jawaban :

Menolong orang lain yang terkena peristiwa alam kebakaran.

4. Apa yang sanggup kau lakukan dalam upaya ikut membantu lingkunganmu menerapkan nilai-nilai ketuhanan dan kemanusiaan?

Jawaban :
  1. Menghormati pemeluk agama lain.
  2. Beribadah sesuai agama dan kepercayaan.
  3. Membantu tetangga yang membutuhkan.
  4. Menjenguk tetangga yang sakit.

Seorang pemimpin mengemban amanat untuk kesejahteraan rakyatnya. Sebuah lagu tempat dari Jawa Tengah mengandung pesan bagi seorang pemimpin supaya berhati-hati dalam melakukan tugasnya.

Ayo Mengamati

 yang Membahas Tentang Komandan Damkar Meninggal  ketika Menyelamatkan Anak Buahnya Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 Halaman 46, 47, 49, 51

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 49


 yang Membahas Tentang Komandan Damkar Meninggal  ketika Menyelamatkan Anak Buahnya Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 Halaman 46, 47, 49, 51

Ayo Menulis

Apa judul lagu tersebut?

Jawaban :

Judul lagu diatas ialah Gundul-Gundul Pacul


Dari tempat mana asal lagu tersebut?

Jawaban :

Gundul-Gundul Pacul berasal dari Jawa Tengah


Apa nada dasar yang dipakai pada lagu tersebut?

Jawaban :

Nada Dasar Lagu Gundul-Gundul Pacul ialah Do=C


Apa tanda tempo yang dipakai pada lagu tersebut?

Jawaban :

Tempo lagu Gundul-Gundul Pacul Adalah 4/4 moderato


Apa arti tanda tempo tersebut?

Jawaban :

Arti tanda tempo gundul-gundul pacul ialah lagu gundul-gundul pacul dinyanyikan dengan tempo sedang.

Ayo Bernyanyi

Berlatihlah menyanyikan lagu “Gundul Gundul Pacul”. Berlatihlah terus dan mengulang-ulanginya sampai kau sanggup bernyanyi dengan baik. Perhatikan pengucapan syair lagu supaya terang dan dipahami pendengar.

Nyanyikan lagu “Gundul Gundul Pacul” dengan nada dasar yang berbeda.Rasakan mana yang lebih nyaman bagimu untuk menyanyikannya.

Info
‘Gundul-Gundul Pacul’ ialah salah satu lagu tempat yang ditulis oleh
Sunan Kalijaga pada tahun 1400-an. ‘Gundul-Gundul Pacul’ ialah lagu nasihat dari sang Wali bagi para pemimpin Jawa untuk mengutamakan kesejahteraan rakyatnya.

Arti gundul ialah kepala plontos tanpa rambut. Kepala ialah lambing kehormatan dan kemuliaan seseorang, sementara rambut ialah mahkota lambang keindahan kepala. Dengan demikian, gundul artinya ialah kehormatan yang tanpa mahkota.

Pacul ialah cangkul. Orang Jawa menyampaikan bahwa pacul ialah papat kang ucul (“empat yang lepas”), dengan pengertian kemuliaan seseorang sangat tergantung kepada empat hal, yaitu cara orang tersebut memakai mata, hidung, telinga, dan mulutnya. Jika empat hal itu lepas, kehormatan orang tersebut juga akan lepas. Mata dipakai untuk melihat kesulitan rakyat. Telinga dipakai untuk mendengar nasihat.Hidung dipakai untuk mencium wewangian kebaikan. Mulut dipakai untuk berkata-kata yang adil.

Gembelengan artinya “besar kepala, sombong, dan bermain-main” dalam memakai kehormatannya.

Dengan demikian, makna kalimat ini ialah bahwa seorang pemimpin sebetulnya bukan orang yang diberi mahkota, tetapi pembawa pacul untuk mencangkul (mengupayakan kesejahteraan bagi rakyatnya). Namun,orang yang sudah kehilangan empat indra tersebut akan berubah sikapnya menjadi congkak (gembelengan).

Nyunggi nyunggi wakul kul, gembelengan. Nyunggi wakul (membawa bakul di atas kepala) dilambangkan sebagai menjunjung amanah rakyat.

Namun, ketika membawa bakul, sikapnya sombong hati (gembelengan).
Wakul ngglimpang (bakul terguling) melambangkan amanah dari rakyat terjatuh, akhir perilaku sombong ketika membawa amanah tersebut.

Segane dadi sak ratan (nasinya jadi sehalaman) melambangkan hasil yang diperoleh menjadi awut-awutan dan sia-sia, tidak sanggup dimakan lagi (tidak bermanfaat bagi kesejahteraan rakyat).

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 51


Ada lagu termasuk jenis bertangga nada diatonis minor. Apa maksudnya?

Jawaban :

Tangga nada diatonis minor mempunyai interval (jarak nada) 1 ½ 1 1 1 ½ 1 1.Tangga nada diatonis minor ada majemuk salah satunya tangga nada diatonis minor harmonis.

Ayo Membaca

 yang Membahas Tentang Komandan Damkar Meninggal  ketika Menyelamatkan Anak Buahnya Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 Halaman 46, 47, 49, 51

Ciri-ciri tangga nada diatonis minor biasanya sebagai berikut.
  • Lagu bersifat sedih.
  • Lagu kurang bersemangat.
  • Melodi lagu biasanya diawali dan diakhiri nada 6 (la). Namun, tidak menutup kemungkinan diawali nada 3 (mi) dan diakhiri nada 6 (la).

Secara umum, lagu bertangga nada diatonis minor bersifat duka dan kurang bersemangat. Namun, ada pula lagu bertangga nada minor yang bangga dan bersemangat, contohnya lagu “Ayam Den Lapeh” dan “Bungong Jeumpa”.

Demikanlah postingan mengenai pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 7 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 46, 47, 49, 51, semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian.
Sumber https://soaldanjawabanpg.blogspot.com/