Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dinamika Gerak Partikel

Materi Fisika Kelas X Semester II

Dinamika gerak partikel adalah cabang ilmu Fisika yang mempelajari perihal gerak benda (mekanika) sekaligus disertai dengan mempelajari perihal penyebab dari gerak tersebut.
Dalam ilmu Fisika besaran yang mengakibatkan gerak (perubahan kecepatan) suatu benda disebut Gaya. Oleh alasannya ialah itu, pada dinamika gerak partikel akan dipelajari perihal macam - macam gaya yang bekerja pada benda serta gerak benda yang dihasilkan gaya tersebut. 

Hukum yang mendasari dinamika gerak partikel ialah Hukum Newton perihal gerak, yaitu:

Hukum I Newton
Hukum I Newton menyatakan perihal sifat kelembaman suatu benda, maka Hukum I Newton juga sering disebut Hukum Kelembaman. Hukum I Newton berbunyi: “Suatu benda akan tetap membisu atau akan tetap bergerak lurus beraturan selama tidak ada gaya luar atau resultan gaya yang bekerja pada benda tersebut”
Secara matematis dituliskan :
ΣF = 0

Hukum II Newton
Hukum II Newton menyatakan perihal hubungan antara perubahan kecepatan suatu benda, dengan massa dan gaya yang bekerja pada benda tersebut. Hukum II Newton berbunyi: “Percepatan suatu benda besarnya sebanding dan searah dengan gaya yang bekerja pada benda tersebut, dan berbanding terbalik dengan massa benda”
Secara matematis dituliskan :
ΣF = m . a
Keterangan:
a     =  percepatan benda (m/s2)
F     =  gaya (Newton)
m    =  massa benda (kg)

Hukum III Newton
Hukum III Newton menyatakan perihal hubungan gaya agresi dan gaya reaksi yang bekerja pada suatu benda. Hukum III Newton berbunyi: “Jika kita memperlihatkan gaya (sebagai aksi) pada suatu benda, maka benda tersebut akan memperlihatkan gaya juga kepada kita (sebagai reaksi) yang besarnya sama tetapi berlawanan arah dengan gaya aksinya”.
Secara matematis dituliskan :
S Faksi =  – S Freaksi

Macam – Macam Gaya
1.  Gaya Berat (w)
Gaya berat didefinisikan sebagai gaya tarik bumi terhadap suatu benda bermassa m menuju sentra Bumi. Secara matematis gaya berat dirumuskan:
w = m . g
Arah gaya berat ialah ke bawah (menuju sentra gravitasi bumi)
Keterangan:
w  =  gaya berat (Newton)
m  =  massa benda (kg)
g   =  percepatan gravitasi bumi (m/s2)

2.  Gaya Normal (N)
Gaya Normal didefinisikan sebagai gaya sentuh suatu bidang permukaan terhadap benda yang melekat atau menekan pada bidang tersebut. Secara matematis gaya normal tidak sanggup ditulis secara tetap, alasannya ialah besarnya gaya normal tergantung pada posisi dan keadaan benda serta bidangnya. Arah gaya Normal selalu tegak lurus bidang.

3.  Gaya Gesek (f)
Gaya gesek didefinisikan sebagai gaya sentuh antara dua bidang permukaan yaitu permukaan benda dan permukaan bidang lintasan yang timbul alasannya ialah adanya kekasaran permukaan bidang tersebut. Arah gaya gesek selalu berlawanan dengan arah gerak benda.
Ada dua macam gaya gesek yaitu:
a.   Gaya Gesek Statis
Gaya gesek statis yaitu gaya gesek yang dialami oleh sebuah benda pada ketika benda tersebut sempurna akan bergerak. Gaya gesek statis dirumuskan:
fS = µS . N
Keterangan:
fS    =  gaya gesek statis (Newton)
µS   =  koefisien gesek statis
N    =  gaya normal (Normal)

b. Gaya Gesek Kinetis
Gaya gesek kinetis yaitu gaya gesek yang dialami oleh sebuah benda pada ketika benda tersebut bergerak relatif terhadap lintasan. Gaya gesek kinetis dirumuskan:
Keterangan:
fk = µk . N
fk     =  gaya gesek kinetis (Newton)
µk   =  koefisien gesek kinetis
N    =  gaya normal (Normal)

4.  Gaya Tali (T)
Gaya tali didefinisikan sebagai gaya yang ditimbulkan oleh tali untuk menarik atau menahan benda. Seperti halnya gaya normal, gaya tali tidak mempunyai persamaan yang tetap alasannya ialah besarnya gaya tali tergantung pada posisi tali ketika menarik atau menahan benda. Arah gaya tali selalu menarik benda.


Beberapa Contoh penggambaran gaya dan arahnya pada aneka macam macam keadaan dan posisi benda:



Untuk contoh-contoh soal dan latihan-latihan soal perihal Dinamika Gerak Partikel, sanggup di download di file berikut:

download materi asuh fisika kelas X SMA/MA Semester 2 perihal Dinamika Gerak Partikel;  

Bahan Ajar Dinamika Gerak Partikel ; (download di sini)


Semoga materi asuh ini bermanfaat dalam pembelajaran Fisika di Sekolah. 
Teruslah semangat berguru Fisika, alasannya ialah Fisika itu Praktis dan Asik.

Sumber http://fisikasekolahasik.blogspot.com/