Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Allah SWT berfirman dalam Qur’an Surat Al-insan : 17
Yang artinya : “Di dalam nirwana itu mereka diberi minuman segelas (minuman) yang campurannya ialah jahe,” (QS Al-insan : 17).

Jahe ialah rempah yang dipakai belahan rimpangnya. Nama latinya ialah Zingiberis officinale. Selain dibentuk bumbu, jahe dipakai untuk minuman dan materi baku obat herbal.
Jahe dengan sifat panasnya bisa mengakibatkan kuliner yang berat, lembap, berlendir, dan hirau taacuh menjadi darah. Selain itu, bisa membongkar penyumbatan ibarat uap yang tertahan di usus penyebab kolik. Karena itu jahe cocok dijadikan bumbu untuk daging sapi atau diminum sesudah mengkonsumsi daging tersebut.
Manfaat Jahe

Biasanya jahe diparut dan diambil airnya untuk dicampurkan dengan kuliner dan obat tradisional. Jahe yang diparut serat serabutnya sanggup mengotori hidangan, tetapi rasanya lebih terasa. Sebaliknya, kalau dipakai air jahenya saja, rasanya kurang pedas dan kurang harum, sebab minyak atsiri pada jahe gampang menguap.

Apabila ingin dipakai sebagai materi obat tradisional, pilihlah jahe yang banyak mengandung minyak atsiri. Jahe yang renta dan segar banyak mengandung serat tersebut, tidak banyak mengandung air dan banyak mengandung minyak atsiri. Semakin renta jahe semakin banyak kandungan minyak atsirinya.

Jahe Herbal Andalan Flu

Jahe telah usang dikenal ampuh untuk atasi flu. Bahkan sekarang diketahui manfaat jahe untuk flu dikarenakan aktivitasnya sebagai immunomodulator (meningkatakan sistem imun). Selain itu senyawa kimia yang terkandung dalam jahe sanggup meningkatkan suhu tubuh.

Rimpang jahe kaya akan minyak atsiri sehingga membuatnya  beraroma harum semerbak. Minyak atsiri yang terkandung dalam jahe berkisar antara 0,2-0,3 %, kandungan utama ialah sitral a dan sitral b, serta seskuiterpen yang utamanya beta seskuifelandren, beta bisabolen, ar-kurkumen dan alfa-singiberen. Adapun rasa pedas berasal dari gingerol, shogaol dan turunan keton fenolat.

Begitu banyak manfaat jahe diantaranya bisa dibentuk dalam beberapa resep untuk atasi flu:

Resep I
Ambil satu belahan rimpang jahe yang telah dipanggang dan dikupas, satu belahan kayu manis, dua belahan sereh atau kalau tidak ada bisa digantikan akar manis, tumbuk hingga berbentuk pasta, satu sendok pasta ini kemudian di seduh dengan satu cangkir air panas selama 10 menit kemudian di saring. Tambahakan madu sebagai perhiasan secukupnya kemudian minum tiga kali dalam sehari.

Resep II
Cara lain memanfaatkan jahe ialah dengan membuatnya menjadi teh. Ambil dua belahan jahe yang telah dipanggang kemudian dikupas kulitnya, tiga belahan kayu manis, satu jumput kapulaga, tumbuk hingga menjadi pasta. Seduh dengan satu cangkir air panas selama 10 menit, tutup hingga diangkat. Tambahkan madu kemudian sesudah hangat minum ramuan ini.


Resep III
Masukan satu sendok makan bubuk jahe, bubuk adas, dan kayu manis, serta sejumput bubuk cengkeh ke dalam satu cangkir air panas. Biarkan ramuan terseduh selama 10 menit sambil ditutup kemudian saring sebelum diminum. Minumlah teh rempah tersebut sebanyak yang dibutuhkan.

Inhalasi jahe
Terkadang flu disertai hidung tersumbat atau pilek. Keluhan ini sanggup diatasi dengan memakai ramuan inhalasi sebagai berikut:

Masukan tiga-empat tetes minyak cengkeh, jahe atau minyak kayu putih ke dalam air kemudian rebuslah. Matikan kompor sesudah mendidih kemudian letakan kepala anda diatas wajan dan tutup belakang kepala dengan handuk semoga uap sanggup dihirup optimal. Selain itu anda juga sanggup memakai satu sendok bubuk jahe kering, kemudian uapnya dihirup sebagai terapi inhalasi.

Cara lain untuk meredakan hidung berlendir (ingus) ialah dengan menggosokan pasta yang terbuat dari jahe secukupnya dan air panas ke kulit erat sinus-samping kiri dan kanan-hidung. Pasta ini juga sanggup mengurangi sakit kepala ketika flu yakni dengan menggosokan pasta ke dahi anda.

Mengobati tidak selalu dengan zat kimia yang tentunya berbagai efek sampinya, begitu banyak flora obat tradisional yang ada di sekeliling perumahan kita, maka dari itu manfaatkanlah yang ada. Sekian warta yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi yang membaca. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.



Sumber http://buntiris.blogspot.com/