Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Faktor Penyebab Penyakit Tumor Atau Kanker

 Faktor Penyebab Penyakit Tumor atau Kanker 7 Faktor Penyebab Penyakit Tumor atau Kanker
Tumor yaitu benjolan atau pembengkakan akhir pertumbuhan sel-sel asing yang tumbuh tidak terkontrol, menurut pertumbuhannya, tumor sanggup dibedakan dua jenis, yaitu tumor ganas (malignant tumor) dan tumor jinak (benign tumor). Tumor yang bersifat ganas disebut kanker. Kanker ditandai dengan pembelahan sel yang tidak terkendali dan kemampuan sel-sel tersebut untuk menyerang jaringan lain, baik dengan pertumbuhan eksklusif pada jaringan yang bersebelahan (invasi) atau dengan migrasi sel ke daerah yang jauh (metastasis). Pertumbuhan sel yang tidak terkendali tersebut disebabakan oleh mutasi DNA atau gen yang mengontrol pembelahan sel. Ketika seseorang bertambah usia, akan bertambah pula akumulasi mutasi pada DNA orang tersebut.  Hal tersebut berarti resiko menderita tumor semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Tumor jinak sanggup bermetamorfosis ganas (mengalami progesi), misalnya tumor jinak payudara bila dibiarkan bertahun-tahun ada yang bermetamorfosis ganas. 

Faktor Penyebab Tumor/Kanker
Penyebab kanker biasanya tidak sanggup diketahui secara niscaya lantaran penyebab kanker bisa saja merupakan adonan dari sekumpulan faktor genetik dan lingkungan. Beberapa faktor yang diduga meningkatkan resiko terjdinya kanker yaitu sebagai berikut. 

a. Faktor keturunan (genetik)
Jenis kanker yang cenderung diturunkan dalam keluarga, antara lain: kanker payudara, kanker indung telur, kanker kulit, dan kanker usus besar. Sebagai contoh, resiko seorang perempuan terkena kanker akan meningkat 1,5 sampai 3 kali bila ibunya atau saudara perempuannya menderita kanker payudara. 

b. Faktor lingkungan
Lingkungan besar lengan berkuasa cukup besar bagi penyebab timbulnya kanker. Perokok aktif atau perokok pasif berisiko besar terkena kanker paru-paru, mulut, laring (pita suara), dan kandung kemih. Sinar ultraviolet dari matahari, radiasi dari sinar rontgen, radiasi  dari pembangkit listrik tenaga nuklir, dan radiasi dari ledakan bom atom bersifat karsinogenik (menyebabkan mutasi pada DNA). Contohnya, orang  yang selamat dari bom atom di Hirosima dan Nagasaki pada Perng Dunia II beresiko tinggi menderita kanker sel darah, menyerupai leukemia. 

c. Faktor masakan yang mengandung materi kimia 
Contohnya, masakan yang diolah dengan pengasapan, diasamkan, minuman yang mengandung alkohol, zat kimia pewarna makanan, logam berat, menyerupai merkuri yang sering terdapat pada materi masakan maritim yang terkontaminasi (ikan, kerang, dan udang), dan masakan anggun yang diproses secara berlebihan. 

d. Virus
Virus yang dicurigai sanggup mengakibatkan kanker antara lain sebagai berikut. 
Virus Papiloma yang mengakibatkan kutil alat kelamin (genitalis) dicurigai merupakan salah satu penyebab kanker leher rahim pada wanita. 
Virus Hepatitis B sanggup mengakibatkan kanker hati. 
HIV mengakibatkan limfoma (kanker limfosit) dan kanker darah lainnya. 
Virus Sitomegalo mengakibatkan sarkoma kaposi (kanker sistem pembuluh darah yang ditandai oleh lesi kulit berwarna merah). 

e. Infeksi
Infeksi yang sanggup mengakibatkan berkembangnya kanker, antara lain sebagai berikut. 
Infeksi cacing Clonorchis sinensis sanggup mengakibatkan kanker pankreas dan jalan masuk empedu.
Infeksi cacing Schistosoma sp. sanggup mengakibatkan kanker kandung kemih lantaran terjadi iritasi menahun pada kandung kemih. 
Bakteri Helicobakter pylori mengakibatkan kanker lambung dan diduga mengakibatkan cedera serta peradangan lambung kronis sehingga terjadi peningkatan kecepatan siklus sel. 

f. Gangguan keseimbangan hormonal 
Contohnya, ada kecenderungan bahwa kelebihan hormon estrogen dan kekurangan progesteron mengakibatkan meningkatnya resiko kanker paudara, kanker leher rahim, dan kanker rahim. 

g. Faktor kejiwaan dan emosional 
Stres berat dan keadaan  yang mengakibatkan gangguan emosional sanggup mengakibatkan sel menjadi hiperaktif dan racun-racun kimiawi dari masakan dan minuman, udara yang terpolusi, serta radiasi sinar ultraviolet dari matahari. 


Sumber http://buntiris.blogspot.com/