Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teori Kinetik Gas

Pada pertengahan kala ke-19, ilmuwan membuatkan suatu teori gres untuk menggantikan teori kalorik. Teori ini menurut pada anggapan bahwa zat disusun oleh partikel-pertikel sangat kecil yang selalu bergerak. Bunyi teori kinetik adalah sebagai berikut:

Dalam benda yang panas, partikel-partikel bergerak lebih cepat dan lantaran itu mempunyai energi yang lebih besar daripada partikel-partikel dalam benda yang elbih dingin.

Teori Kinetik Gas berupaya menjelaskan sifat-sifat makroskopik gas, menyerupai tekanan, suhu, atau volume, dengan memperhatikan komposisi molekular mereka dengan gerakannya. Intinya, teori ini menyatakan bahwa tekanan tidaklah disebabkan oleh denyut-denyut statis di antara molekul-molekul, menyerupai yang diduga Isac Newton, melainkan disebabkan oleh tumbukan antar molekul yang bergerak pada kecepatan yang berbeda-beda.


Pada kurikulum 2013, Teori Kinetik Gas menjadi Pokok Bahasan pada Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas kelas XI Semester I (Ganjil), berikut pola materi bimbing ihwal materi Teori Kinetik Gas, biar bermanfaat. 


download
Sumber http://fisikasekolahasik.blogspot.com/