Soal Latihan Pecahan 1 Ruang Lingkup Biologi Beserta Jawabannya
Bagian 1 Pilihan Ganda
1. Cabang Biologi yang mengkaji kekerabatan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya ialah …
a. zoologi
b. ekologi
c. sitologi
d. botani
e. evolusi
Jawab : B
Pembahasan :
Cabang biologi yang mengkaji kekerabatan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya yaitu ekologi. Ekologi ini mengkaji wacana ekosistem. Sedangkan zoologi yaitu cabang biologi yang mengkaji wacana hewan. Sitologi mengkaji wacana sel. Botani mengkaji wacana tumbuhan, dan evolusi mengkaji perubahan makhluk hidup dari masa ke masa.
Untuk lebih lengkap mengenai cabang-cabang ilmu biologi beserta pengertiannya, silakan pelajari Pengertian Biologi dan Cabang-cabang Biologi
2. Mikologi merupakan cabang biologi yang mengkaji …
a. virus
b. jaringan
c. jamur
d. sel
e. jasad renik
Jawab : C
Pembahasan :
Mikologi merupakan cabang biologi yang mengkaji wacana jamur (fungi). Jaringan dipelajari dalam histologi. Sel dipelajari dalam sitologi. Sedangkan jasad renik dipelajari dalam mikrobiologi.
Untuk lebih lengkap mengenai cabang-cabang ilmu biologi beserta pengertiannya, silakan pelajari Pengertian Biologi dan Cabang-cabang Biologi
3. Mekanisme dan hukum-hukum pewarisan sifat dikaji dalam …
a. anatomi
b. fisiologi
c. morfologi
d. ekologi
e. genetika
Jawab : E
Pembahasan :
Genetika merupakan cabang ilmu biologi yang mengkaji pewarisan sifat keturunan.
Untuk lebih lengkap mengenai cabang-cabang ilmu biologi beserta pengertiannya, silakan pelajari Pengertian Biologi dan Cabang-cabang Biologi
4. Wabah flu burung telah menjadikan kerugian besar bagi para peternak unggas. Cabang biologi yang mempelajari wacana penyebab penyakit tersebut ialah …
a. virologi
b. sitologi
c. ekologi
d. bakteriologi
e. entomologi
Jawab : A
Pembahasan :
Virologi merupakan cabang ilmu biologi yang mengkaji wacana virus. Sitologi mengkaji sel. Ekologi mengkaji ekosistem (hubungan timbal balik makhluk hidup dengan lingkungannya). Bakteriologi mengkaji wacana bakteri. Entomologi mengkaji wacana serangga.
Untuk lebih lengkap mengenai cabang-cabang ilmu biologi beserta pengertiannya, silakan pelajari Pengertian Biologi dan Cabang-cabang Biologi
5. Sejarah kehidupan makhluk hidup pada masa lampau sanggup dipelajari melalui peninggalan fosil. Cabang biologi yang mempelajari fosil ialah …
a. ekologi
b. paleontologi
c. taksonomi
d. ornitologi
e. entomologi
Jawab : B
Pembahasan :
Cabang biologi yang mengkaji fosil yaitu paleontologi. Taksonomi mengkaji pengelompokkan makhluk hidup. Ornitologi mengkaji wacana burung. Entomologi mengkaji wacana serangga.
Untuk lebih lengkap mengenai cabang-cabang ilmu biologi beserta pengertiannya, silakan pelajari Pengertian Biologi dan Cabang-cabang Biologi
6. Akhir-akhir ini ada informasi bahwa ibu-ibu yang sedang hamil dan minum obat tertentu ternyata melahirkan bayi yang cacat. Ilmu yang mempelajari cacat lahir selama dalam kandungan disebut …
a. Embriologi
b. Genetika
c. Patologi
d. Mikrobiologi
e. Fisiologi
Jawab : A
Pembahasan :
Embriologi merupakan cabang ilmu biologi yang mengkaji wacana embrio (calon bayi). Patologi mengkaji wacana penyakit.
Untuk lebih lengkap mengenai cabang-cabang ilmu biologi beserta pengertiannya, silakan pelajari Pengertian Biologi dan Cabang-cabang Biologi
7. Setelah tumbuhan diberi pelengkap pupuk urea, rata-rata pertumbuhan tinggi tumbuhan menjadi 1 cm per hari. Dari acara tersebut, yang termasuk variabel terikat ialah …
a. variasi takaran urea
b. penyuluh
c. induk tumbuhan
d. rata-rata pertambahan tinggi tanaman
e. air
Jawab : D
Pembahasan :
Variabel terikat atau variabel respons ialah hasil dari perlakuan yang berbeda dalam perecobaan. Variabel terikat merupakan akhir dari variabel bebas. Dari percobaan di atas, yang merupakan variabel terikat yaitu rata-rata pertumbuhan tinggi tanaman. Sedangkan yang menjadi variabel bebasnya yaitu variasi pupuk urea.
8. Deskripsi hasil pengamatan terhadap objek biologi dengan indra penglihatan ialah …
a. bau dan rasa
b. warna dan rasa
c. suara dan ukuran
d. bau dan warna
e. bentuk dan ukuran
Jawab : E
pembahasan :
Hasil pengamatan objek biologi dengan indra penglihatan sanggup berupa bentuk objek dan ukuran objek.
9. Seorang siswa mengamati tumbuhan mangga yang bunganya sangat banyak. Ia menyampaikan sebentar lagi pohon mangga itu akan berbuah banyak pula. Pernyataan tersebut termasuk …
a. observasi
b. rumusan masalah
c. kesimpulan
d. penjelasan
e. rumusan hipotesis
Jawab : E
Pembahasan :
Hipotesis merupakan dugaan sementara atau tanggapan sementara. Hipotesis merupakan tanggapan sementara terhadap suatu masalah. Hipotesis disusun menurut landasan teori atau kerangka berpikir yang sudah disusun. Hipotesis ini akan diuji kebenarannya melalui percobaan atau eksperimen.
10. Teori-teori yang terdapat dalam biologi berlaku umum lantaran …
a. mudah dikenang oleh anak cucu
b. teori tersebut didapat dari hal-hal yang umum
c. teori tersebut sanggup disadur oleh negara-negara lain
d. dapat diperlihatkan kepada orang lain semoga menerima pujian
e. jika diuji oleh orang yang berbeda akan mendapatkan hasil yang sama
Jawab : E
Pembahasan :
Karena ilmu biologi tergolong kedalam sains, maka biologi mempunyai karakteristik empiris, yakni sains sanggup dibuktikan dengan pengamatan, penelitian atau eksperimen. Dengan demikian ilmu biologi sanggup diuji dengan pengamatan/penelitian/eksperimen dimanapun, kapanpun dan oleh siapapun akan mendapatkan hasil yang sama.
11. Tujuan acara observasi sebelum melaksanakan penelitian ialah …
a. mempermudah penyusunan hipotesis
b. menguji kebenaran hasil penelitian lain
c. sebagai pola untuk menarik kesimpulan
d. mencari citra wacana objek yang akan diteliti
e. menentukan jenis analisa data yang akan digunakan
Jawab : D
Pembahasan :
Cukup jelas.
12. Seorang dokter melaksanakan transplantasi ginjal pada penderita gagal ginjal. Ginjal dipelajari dalam organisasi kehidupan di tingkat …
a. sel
b. organ
c. jaringan
d. individu
e. sistem organ
Jawab : B
Pembahasan :
Organ merupakan kumpulan beberapa macam jaringan yang melaksanakan suatu fungsi tertentu. Contoh pada tumbuhan tingkat tinggi, yaitu akar, batang, daun, bunga, dan buah. Contoh organ pada binatang tingkat tinggi dan manusia, antara lain jantung, paru-paru, hati, lambung, usus, telinga, dan hidung.
13. Setelah diadakan penelitian oleh mahir medis, diketahui bahwa penyakit flu babi disebabkan ole virus H1N1. Dalam pemecahan problem biologi secara ilmiah, maka pernyataan tersebut merupakan …
a. hipotesis
b. kesimpulan
c. analisis data
d. tujuan penelitian
e. perumusan masalah
Jawab : B
Pembahasan :
Pernyataan di atas merupakan kesimpulan dari hasil penelitian. Kesimpulan merupakan tanggapan yang bahu-membahu dari hipotesis yang pernah diajukan. Ada dua kemungkinan, yaitu hipotesis ditolak atau hipotesis diterima. Hipotesis diterima apabila sesuai dengan hasil percobaan. Tetapi, apabila hipotesis tidak sesuai dengan hasil percobaan, maka hipotesis ditolak.
Untuk lebih jelasnya, pelajari Langkah-langkah Metode Ilmiah untuk Memecahkan Masalah
14. Serumpun bambu, segerombol semut, dan beberapa ekor bajing dalam konsep ekologi merupakan …
a. individu
b. populasi
c. komunitas
d. ekosistem
e. bioma
Jawab : B
Pembahasan :
Populasi ialah kumpulan individu dari satu spesies yang berinteraksi dan hidup di wilayah tertentu. Contohnya, sekumpulan pohon kelapa di suatu kebun dan sejumlah semut yang hidup disuatu lubang pada sebatang pohon.
15. Peningkatan jumlah kendaraan bermotor sanggup memicu terjadinya pemanasan global. Pemanasan global merupakan permasalahan biologi di tingkat …
a. individu
b. populasi
c. komunitas
d. ekosistem
e. biosfer
Jawab : E
Pembahasan :
Biosfer merupakan lapisan bumi yang di dalamnya terdapat kehidupan. Bumi yang menjadi tempat kita hidup ini merupakan biosfer. Biosfer mempunyai ciri utama, yaitu mengandung oksigen yang sangat diharapkan untuk menunjang kehidupan organisme. Pemanasan global merupakan permasalahan dalam tingkat biosfer.
16. Seorang siswa sedang mengamati tipe berkas pengangkut pada tumbuhan jagung. Hal ini berarti siswa tersebut mempelajari organisasi kehidupan di tingkat …
a. sel
b. organ
c. jaringan
d. individu
e. sistem organ
Jawab : B
Pembahasan :
Jaringan merupakan kumplan sel yang mempunyai bentuk sama dan melaksanakan fungsi tertentu. Contoh jaringan tumbuhan tingkat tinggi, yaitu epidermis, parenkim palisade, parenkim spons, skerenkim, xilem, floem, kambium, dan gabus.
17. Dalam suatu penelitian, data yang diperoleh sanggup disajikan dalam bentuk grafik atau diagram. Penyajian grafik atau diagram ini berkhasiat untuk …
a. membantu penentuan metode analisa data
b. mempermudah pembuatan hipotesis
c. menguji kebenaran data hasil penelitian
d. mempermudah orang lain memahami hasil penelitian
e. sebagai pola untuk merumuskan problem penelitian
Jawab : D
Pembahasan :
Agar lebih gampang dimengerti orang lain, data hasil pengamatan (observasi) sebaiknya disajikan secara ringkas dan sistematis. Data sanggup disajikan dalam bentuk tabel, grafik (diagram), skema, atau gambar. Data kualitatif sanggup disajikan dalam bentuk tabel, uraian kalimat, skema, dan gambar. Data kuantitatif dapat disajikan dalam bentuk tabel angka dan grafik.
18. Rongga mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, hati, dan pankreas bekerja bersama untuk menjalankan fungsi pencernaan kuliner dengan membentuk …
a. jaringan
b. organ
c. sistem organ
d. individu
e. populasi
Jawab : C
Pembahasan :
Pencernaan termasuk tingkat sistem organ. Sistem organ selain pencernaan yaitu pernapasan, ekskresi, sirkulasi darah, reproduksi, saraf, dsb.
19. Berikut ini yang termasuk organ ialah …
a. membran mukosa yang melapisi dinding lambung
b. kartilago
c. darah
d. otot jantung
e. otak
Jawab : E
Pembahasan :
Otak merupakan contoh organ. Membran mukosa, kartilago, darah, dan otot termasuk jaringan.
20. Annisa ialah seorang siswi kelas 10, ia hendak meneliti efek pH terhadap kecepatan reaksi suatu enzim. Berdasarkan pernyataan tersebut, yang merupakan variabel bebas ialah …
a. pH
b. jenis enzim
c. tabung reaksi
d. kecepatan reaksi
e. banyaknya enzim
Jawab : A
Pembahasan :
Dalam pengamatan tersebut, pH termasuk variabel bebas, sedangkan variabel terikatnya yaitu kecepatan reaksi.
21. Data yang merupakan hasil pengamatan kualitatif ialah …
a. Panjang badan ikan 10 cm
b. Rumput berakar serabut
c. Volume zat cair 5 ml
d. Berat badan tikus 1 kg
e. Panjang badan tikus 8 cm
Jawab : B
Pembahasan :
Data kuantitatif merupakan data yang sanggup dinyatakan dengan angka, sedangkan data kualitatif tidak sanggup dinyatakan dengan angka.
22. Tahapan kerja ilmiah yang benar ialah …
a. Eksperimen – prediksi – kesimpulan – hipotesis
b. Observasi – prediksi – hipotesis – kesimpulan
c. Observasi – hipotesis – eksperimen – kesimpulan
d. Hipotesis – observasi – prediksi – eksperimen
e. Eksperimen – prediksi – hipotesis
Jawab : C
Pembahasan :
Langkah–langkah dalam metode ilmiah ialah sebagai berikut.
· Menemukan dan merumuskan masalah.
· Mengumpulkan informasi (data–data).
· Menyusun hipotesis atau dugaan sementara.
· Melakukan percobaan untuk menguji kebenaran hipotesis.
· Mengolah hasil percobaan (analisis data).
· Membuat kesimpulan.
· Mengomunikasi hasil penelitian kepada khalayak.
23. Berikut ini yang bukan merupakan opini ialah …
a. Anak itu mempunyai 12 butir kelereng
b. Senyum anak itu sangat manis
c. Pak Dede mengenakan setelan yang rapi
d. Ibu Desi ialah guru yang sangat baik
e. Rambut anak itu indah
Jawab : A
Pembahasan :
“Senyum anak itu sangat manis” merupakan opini.
24. Berikut ini perilaku ilmiah yang harus dimiliki seorang peneliti (imuwan), kecuali ….
a. tekun
b. teliti
c. objektif
d. pandai bertanya
e. jujur
Jawab : D
Pembahasan :
Sikap ilmiah yang harus dimiliki oleh seorang peneliti diantaranya yaitu:
· Peka dan kritis terhadap fenomena atau insiden di alam.
· Tidak percaya pada takhayul, yang kebenerannya tidak sanggup dibuktikan.
· Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.
· Memiliki minat yang besar untuk sanggup menhasilkan suatu produk sains.
· Berpikir logis, terbuka, serta mau mendapatkan kritik dan pendapat orang lain.
· Jujur dan objektif terhadap penelitian yang dilakukan.
· Teliti, tekun, dan tidak gampang frustasi ketika melaksanakan penelitian.
· Optimis terhadap keberhailan peneliti.
· Bersikap hormat terhadap peneliti lain atau pun orang lain.
· Menghargai hasil penelitian dan inovasi orang lain.
25. Seorang siswa akan menerapkan metode ilmiah. Setelah mengumpulkan data, maka siswa tersebut segera …
a. Melakukan observasi
b. Menyusun hipotesis
c. Melakukan eksperimen
d. Menguji hipotesis
e. Menarik kesimpulan
Jawab : B
Pembahasan :
· Langkah–langkah dalam metode ilmiah ialah sebagai berikut.
· Menemukan dan merumuskan masalah.
· Mengumpulkan informasi (data–data).
· Menyusun hipotesis atau dugaan sementara.
· Melakukan percobaan untuk menguji kebenaran hipotesis.
· Mengolah hasil percobaan (analisis data).
· Membuat kesimpulan.
· Mengomunikasi hasil penelitian kepada khalayak.
Bagian 2 Soal Uraian Singkat
1. Cabang biologi yang mempelajari kekerabatan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan abiotiknya disebut …
Jawab: Ekologi
2. Menurut R.H Whittaker makhluk hidup dikelompokkan menjadi 5 kingdom yaitu ...
Jawab: Kingdom Animalia, Plantae, Fungi, Protista, Archaebacteria, dan Eubacteria.
3. Kumpulan dari beberapa sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama disebut …
Jawab: Jaringan
4. Kumpulan dari beberapa spesies yang sama dan menempati tempat tertentu dinamakan …
Jawab: Populasi
5. Salah satu manfaat mempelajari ilmu biologi dalam bidang industri ialah …
Jawab: Teknik pemisahan logam dari bijinya dengan memakai bakteri
6. Jawaban sementara atas masalah-masalah yang sudah dirumuskan disebut …
Jawab: Hipotesis
7. Hasil penelitian dihentikan dipengaruhi oleh perasaan pribadi. Hal ini dinamakan perilaku …
Jawab: Objektif (termasuk perilaku ilmiah)
8. Metode yang dipakai untuk memecahkan problem memakai langkah ilmiah disebut …
Jawab: Metode ilmiah
9. Bapak taksonomi ialah …
Jawab: Carolus Linnaeus
10. Makhluk hidup yang mempunyai membran inti sel disebut …
Jawab: Eukariotik
Bagian 3 Soal Esai
1. Jelaskan pengertian biologi!
Jawab:
Biologi merupakan ilmu yang mempelajari wacana makhluk hidup. Biologi mempelajari makhluk hidup berukuran kecil (mikroskopis) maupun besar (makroskopis). Makhluk hidup yang dikaji ini, yaitu hidup di masa lampau dan sekarang.
2. Jelaskan 5 cabang ilmu biologi yang kau ketahui!
Jawab:
Cabang biologi, diantaranya yaitu:
- Virologi, mengkaji wacana virus.
- Bakteriologi, mengkaji wacana bakteri.
- Mikologi, mengkaji wacana jamur/fungi.
- Zoologi, mengkaji wacana hewan.
- Botani, mengkaji wacana tumbuhan.
3. Urutkan tingkatan organisasi kehidupan dari yang terkecil hingga ke tingkat terbesar!
Jawab:
Molekul - sel - jaringan - organ - sistem organ - organisme - populasi - komunitas - ekosistem - bioma - biosfer
4. Apa yang dimaksud dengan metode ilmiah?
Jawab:
Metode ilmiah merupakan suatu cara yang sistematis yang memecahakan masalah. Metode ilmiah dipakai oleh para mahir dalam melaksanakan penelitian dan bereksperimen untuk menghasilkan penemuan–penemuan baru.
5. Mengapa seorang peneliti harus bersikap jujur?
Jawab:
Seorang peneliti harus mempunyai perilaku jujur dan objektif. Hal ini dikarenakan semoga peneliti memberikan hasil penelitian sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan. Sehingga masyarakat umum akan meyakini.
6. Apa yang dimaksud dengan observasi?
Jawab:
Observasi atau pengamatan ialah acara untuk memperoleh data atau informasi yang bekerjasama dengan objek penelitian dengan memakai pancaindra maupun dengan proteksi alat. Pengamatan dengan panca indra sanggup dilakukan dengan cara melihat, mendengar, meraba, membaui, dan mengecap sesuai dengan jenis data yang akan diambil. Pengamatan dengan alat, contohnya dengan memakai penggaris, atau mengukur suhu, higrometer untuk mengukur kelembapan udara, timbangan (neraca) untuk mengukur masa, jam atau stopwatch untuk mengukur waktu, kertas lakmus untuk mengetahui derajat keasaman, lup atau mikroskop untuk melihat benda mikro, dan kamera vidio untuk merekam suatu proses. Data yang diperoleh dari acara pengamatan sanggup berupa data kualitatif dan data kuntitatif.
7. Suatu penelitian mempunyai problem sebagai berikut.
“Adakah efek cahaya terhadap pertumbuhan kecambah biji jagung”.
a. Buatlah hipotesis nol
Jawab: Tidak ada efek cahaya terhadap pertumbuhan kecambah biji jagung.
b. Buatlah hipotesis alternatifnya.
Jawab:
Ada efek cahaya terhadap pertumbuhan kecambah biji jagung.
8. Jelaskan perbedaan antara data kualitatif dan kuantitatif.
Jawab:
Data kualitatif adalah data yang tidak sanggup dinyatakan dalam angka. Sedangkan data kuantitatif ialah data yang sanggup dinyatakan dengan angka.
9. Sebutkan contoh permasalahan biologi dari tingkat sel hingga tingkat biosfer!
Jawab:
Berikut ini permasalahan biologi pada aneka macam tingkat organisasi kehidupan.
- Permasalahan biologi pada tingkat molekul, contohnya terjadi kelainan pada pembentukan molekul hemoglobin darah sehingga menyebabakan penyakit anemia sel sabit.
- Permasalahan biologi pada tingkat sel, contohnya terjadinya lisis sel darah merah dikala terinfeksi basil atau virus.
- Permasalahan biologi pada tingkat jaringan, contohnya penyakit osteoporosis yang mengakibatkan hilangnya masa tulang keras sehingga tulang menjadi ringkih dan gampang patah.
- Permasalahan biologi pada tingkat organ, contohnya kelainan pada organ mata hemerolopi (rabun senja), kelainan pada jantung.
- Permasalahan biologi pada tingkat sistem organ, contohnya gangguan bernapas akhir penyempitan jalan masuk napas pada penderita asfiksia.
- Permasalahan biologi pada tingkat individu, contohnya seorang penderita AIDS (acquired immunodeficiency syndrome) yang mengalami gangguan sistem imun dan membuatnya gampang terinfeksi penyakit, gangguan mental pada seseorang.
- Permasalahan biologi pada tingkat populasi, contohnya penyebaran AIDS dari satu orang ke orang lain dalam satu populasi, terjadinya perburuan kelompok rusa.
- Permasalahan biologi pada tingkat komunitas, contohnya dampak penangkapan burung secara liar terhadap kelestarian makhluk hidup lainnya dalam suatu rantai makanan.
- Permasalahan biologi pada tingkat ekosistem, contohnya penggundulan hutan untuk perkebunan kelapa sawit yang mengancam habitat satwa liar di dalamnya.
- Permasalahan biologi pada tingkat bioma, contohnya dampak kebakaran hutan hujan tropis.
- Permasalahan biologi tingkat biosfer, contohnya dampak menipisnya lapisan ozon di atmosfer terhadap kehidupan makhluk hidup di bumi.
10. Jelaskan perilaku ilmiah yang harus dimiliki oleh seorang saintis!
Jawab:
Sikap ilmiah yang harus dimiliki yaitu:
- Peka dan kritis terhadap fenomena atau insiden di alam.
- Tidak percaya pada takhayul, yang kebenerannya tidak sanggup dibuktikan.
- Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.
- Memiliki minat yang besar untuk sanggup menhasilkan suatu produk sains.
- Berpikir logis, terbuka, serta mau mendapatkan kritik dan pendapat orang lain.
- Jujur dan objektif terhadap penelitian yang dilakukan.
- Teliti, tekun, dan tidak gampang frustasi ketika melaksanakan penelitian.
- Optimis terhadap keberhailan peneliti.
- Bersikap hormat terhadap peneliti lain atau pun orang lain.
- Menghargai hasil penelitian dan inovasi orang lain.
Download file lengkap: Bab 1 Ruang Lingkup Biologi Sumber http://buntiris.blogspot.com/