Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Tanggapan Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 129 Dan 131

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 4 Halaman 129 dan 131 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita Pembelajaran 3 Terdiri dari Mata Pelajaran B.Indonesia, PKN dan IPS.

Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi Terbaru.

Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 129-131 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan balasan yang sempurna berikut kami bagikan alternatif jawaban.

 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 129 dan 131

Ayo Membaca
Simaklah bacaan berikut ini ihwal perjuangan keras seseorang yang bercita-cita besar.

 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 129 dan 131

Sang Arsitek
Pada tahun 1955, presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno, mengadakan sayembara menciptakan desain maket Masjid Istiqlal. Sebanyak 22 dari 30 arsitek lolos pada seleksi awal. Presiden Soekarno pun mengumumkan bahwa pemenangnya yaitu seorang berjulukan Frederich Silaban. Siapakah dia?
Frederich Silaban, lahir di Bonandolok, Sumatra Utara, 16 Desember 1912. Ia yaitu seorang lulusan Koningin Wilhelmina School, sebuah sekolah teknik di Jakarta. Meskipun bukan lulusan sekolah arsitektur, ia sanggup memenangi sayembara tersebut. Dan semenjak itulah karya-karyanya banyak dikenal di seluruh Indonesia.

Baca Juga :

Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar dan termegah di Indonesia yang dibangun pada tahun 1961, dan pertama kali dibuka untuk dipakai pada tahun 1978. Dengan demikian, diharapkan waktu 17 tahun untuk membuatnya! Dengan perjuangan yang gigih dan pantang menyerah, Frederich berhasil menyelesaikan. Karyanya diakui sebagai karya orisinil anak bangsa Indonesia. Ia bahkan berhasil menyandingkan pembangunan masjid ini dengan Gereja Katedral di Jakarta. Gereja Katedral yaitu gedung tempat umat katolik beribadah. Konsep persatuan dan kesatuan yang dibuat oleh Presiden Soekarno sanggup diwujudkan dengan baik
melalui kedua bangunan tersebut.

 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 129 dan 131

Hingga kini, kedua gedung yang menjadi simbol toleransi dan persatuan itu tetap kukuh berdiri, meski arsiteknya telah tiada. Tak hanya berkarya menciptakan Masjid Istiqlal, beberapa gedung bersejarah telah dirancangnya. Sepanjang hayatnya ia telah ikut merancang 700 bangunan di seluruh Indonesia. Bangunan tersebut antara lain Gedung Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta/1962), Monumen Pembebasan Irian Barat (Jakarta/1963), Monumen Nasional atau Tugu Monas (Jakarta/1960), Gerbang Taman Makam Pahlawan Kalibata (Jakarta/1953), dan Tugu Khatulistiwa (Pontianak/1938).
Sumber:
http://megapolitan.kompas.com;
http://nasional.kompas.com;
https://id.wikipedia.org/wiki/Frederich_Silaban


Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 129

Lengkapilah diagram berikut ini menurut bacaan di atas.


 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 129 dan 131

Altrnatif Jawaban :
Halangan yang di hadapi :
1. Harus bersaing dengan 30 arsitek pada seleksi awal sayembara menciptakan desain maket Masjid Istiqlal
2. Bukan lulusan arsitek
3. Memerlukan waktu 17th untuk menuntaskan karyanya

Cita-cita Frederich Silaban yaitu menjadi arsitek
Sikapyang dimiliki Frederich Silaban yaitu tekun, bekerja keras, gigih dan pantang menyerah

Usaha yang dilakukan Frederich Silaban yaitu berusaha memenangkan sayembara pembangunan Masjid Istiqlal meski bukan lulusan sekolaharsitek, merancang dan membangun 700 bangunan di sekuruh Indonesia.

Prestasi yang telah diraih Frederich Silaban:
1. Memenangkan sayembara menciptakan desain maket Masjid Istiqlal yang diadakan oleh Presiden Soekarno pada tahun19552.
2. Merancang pembangunan Masjid Istiqlal pada tahun 1978
3. Merancang Gedung Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta pada tahun 1962
4. Merancang Monumen Pembebasan Irian Barat di Jakarta pada tahun 1963
5. Merancang Monumen Naasional / Tugu Monas di jakarta pada tahun 1960
6. Merancang Gerbang Taman Makam Pahlawan Kalibata di Jakarta pada tahun 1953
7. Merancang Tugu Khatulistiwa di Pontianak pada tahun 1938

Kesimpulan saya yaitu Frederich Silaban berusaha meraih cita-citanya sebagai arsitek meski bukan lulusan sekolah arsitektur. Beliau menuntaskan karya-karya besarnya dengan gigih dan pantang menyerah

Ayo Mengamati
 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 129 dan 131

Perhatikanlah gambar tempat ibadah umat beragama di Indonesia di atas dengan saksama. Dapatkah kau menjelaskan gambar-gambar di atas?
Apakah tempat-tempat ibadah itu ada di daerahmu?

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 131

Ayo Berlatih
Masyarakat Indonesia terdiri atas pemeluk agama yang berbeda-beda. Umat beragama dari tiap-tiap agama memerlukan tempat beribadah untuk memenuhi kebutuhan rohani mereka. Setiap tempat ibadah mempunyai bentuk dan pengaturan yang khas.

Amatilah tempat sekitarmu. Bersama dengan sahabat sekelompokmu, lakukanlah kegiatan berikut.
1.  Kamu akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok akan mencari isu ihwal dua tempat ibadah keagamaan.
2.  Carilah isu ihwal rumah ibadah dari dua agama yang berbeda di Indonesia. Tentukan satu tempat ibadah yang paling populer di Indonesia. Catatlah isu ihwal nama, tahun berdiri, dan sejarah singkat ihwal tempat ibadah tesebut.

Alternatif Jawaban :
Masjid Istiqlal di Jakarta, Masjid yaitu tempat ibadah umat Islam atau Muslim. Masjid Istiqlal mulai dibangun pada tanggal 24 Agustus 1961 dan diresmikan penggunaannya pada tanggal 22 februari 1978 oleh Presiden Soeharto ditandai dengan prasasti yang dipasang di area pintu As-Salam. Masjid Istiqlal ialah masjid terbesar di Asia Tenggara, sebagai rasa syukur atas kemerdekaan yang diperoleh republik Indonesia Masjid Istiqlal sanggup kita artikan Merdeka.Ide awal pembangunan masjid ini ialah dari bapak KH.Wahid Hasyim (menteri agama tahun 1953) dan bapak Anwar Cokroaminoto. Tahun 1953 dibentuklah panitia pembangunan masjid Istiqlal yang diketuai bapak Anwar Cokroaminoto, dia memberikan rencana pembangunan masjid pada Ir.Soekarno dan ternyata disambut hangat dan akan menerima pinjaman sepenuhnya dari presiden. Ir.Soekarno semenjak tahun 1954 oleh panitia diangkat menjadi kepala bab teknik pembangunan Masjid Istiqlal dan dia juga menjadi ketua dewan juri untuk menilai sayembara maket Iatiqlal. Pada tahun 1955 diadakan sayembara menciptakan gambar dan maket pembangunan Masjid Istiqlal. Sayembara tersebut di ikuti oleh 30 penerima dan hanya ada 27 orang penerima yang menyerahkan gambar dan hanya 22 orang yang memenuhi persyaratan lomba.Setelah di diskusikan oleh dewan juri yang menjadi pemenang ialah 5 orang dan dari 5 orang tersebut terpilihlah Arsitek Frederich Silaban.
Sumber :https://wisatasejarah.wordpress.com

Gereja Katedral Jakarta, Afiliasi agama Nasrani Roma. Di resmikan pada tahun 1901dan dibangun dengan arsitektur Neo-gotik dari Eropa, yakni arsitektur yang sangat lazim dipakai untuk membangun gedung gereja beberapa masa yang lalu, gereja yang kini ini dirancang dan dimulai oleh Pastor Antonius Dijkmans dan peletakan kerikil pertamanya dilakukan oleh Pro-vikaris, Carolus Wenneker. Pekerjaan ini kemudian dilanjutkan oleh Cuypers-Hulswit ketika Djikmans tidak bisa melanjutkannya, dan kemudian diresmikan dan diberkati pada 21 April 1901 oleh Mgr. Edmundus Sybradus Luypen, S.J., Vikaris Apostolik Jakarta.
Sumber :https://id.m.wikipedia.org

3.  Carilah gambar ihwal rumah ibadah tersebut. Cari tahu makna setiap bab bangunan ibadah tersebut.
Alternatif Jawaban :
 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 129 dan 131

Masjid ini mempunyai gaya arsitektur modern dengan dinding dan lantai berlapis marmer, dihiasi ornamen geometrik dari baja antikarat. Bangunan utama Masjid ini terdiri dari lima lantai dan satu lantai dasar. Bangunan utama dimahkotai satu kubah besar berdiameter 45 meter yang ditopang 12 tiang besar. Menara tunggal setinggi total 96.66 meter menjulang di sudut selatarn selaras masjid.masjid ini bisa menampung lebih dari 200.000 jamaah.

 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 129 dan 131

Gereja ini mempunyai gaya arsitektur neo gothik. Denah dengan bangunan berbentuk salib dengan panjang 60 meter dan lebar 20 meter, pada kedua belah terdapat balkon selebar 5 meter dengan ketinggian 7 meter. Konstruksi bangunan ini terdiri dari kerikil bata tebal yang diberi plester dan berpola menyerupai susunan kerikil alam, dinding kerikil bata ini menunjang kuda-kuda kayu jati yang terbentang selebar bangunan. Gereja ini mempunyai 3 menara yaitu Menara Benteng Daud, Menara Gading Dan Menara Angelus Dei.menara ini dibuat dari besi, bab bawah di datangkan dari nederland dan bab atas dibuat dibengkel Willhelmina, Batavia.

4.  Dengan memakai sebuah kertas karton ukuran A3, tempelkan gambar rumah ibadah tersebut dan berilah keterangan di bawahnya.
5.  Tuliskanlah juga fungsi dan kegunaan tempat ibadah tersebut selain untuk beribadah umatnya.

Alternatif Jawaban :
Selain dipakai sebagai aktifitas ibadah umat Islam, Masjid Istiqlal juga dipakai sebagai kantor banyak sekali organisasi Islam di Indonesia, kegiatan sosial dan kegiatan umum.

Selain dipakai sebagai aktifitas beribadah gereja katedral juga menyimpan kenangan sejarah yang terdokumentasi dengan baik. Di gereja ini berdiri sebuah musium yang terletak di balkon Gerja Katedral. Dahulu balkon itu dipakai untuk koor gereja

6.  Aturlah sedemikian rupa pada kertas tersebut sehingga memudahkan bagi temanmu untuk memahaminya. (Gunakan tumpuan di bawah ini).
7.  Jelaskan kesimpulanmu ihwal kedua rumah ibadah tersebut.
Alternatif Jawaban :
Masjid Istiqlal Jakarta dibangun pada tanggal 24 Agustus 1961 dan diresmikan penggunaannya pada tanggal 22 februari 1978 oleh Presiden Soeharto, arsitek masjid Istiqlal yaitu Frederich Silaban, masjid Istiqlal yaitu masjid terbesar di asia Tenggara masjid ini mempunyai gaya arsitek modern. Selain dipakai sebagai aktifitas ibadah umat Islam, Masjid Istiqlal juga dipakai sebagai kantor banyak sekali organisasi Islam di Indonesia, kegiatan sosial dan kegiatan umum.

Gereja Katedral Jakarta, Afiliasi agama Nasrani Roma. Gereja Katedral diberkati pada 21 April 1901 oleh Mgr. Edmundus Sybradus Luypen, S.J., Vikaris Apostolik Jakarta. Arsitek Gereja ini yaitu Antonius Dijkmans, gereja ini mempunyai gaya arsitektur neo gothik. Selain dipakai sebagai aktifitas beribadah gereja katedral juga menyimpan kenangan sejarah yang terdokumentasi dengan baik. Di gereja ini berdiri sebuah musium yang terletak di balkon Gerja Katedral.

8.  Presentasikan hasil karyamu di depan kelas.
9.  Catatlah isu penting yang kau dapatkan dari kelompok lain.
 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 129 dan 131

 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 129 dan 131

Ayo Mengamati
Perhatikanlah peta persebaran sumber daya alam hayati yang terdiri di Indonesia berikut.
 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 129 dan 131

Peta di atas disebut peta tematik, yaitu peta yang berisi isu khusus. Peta persebaran sumber daya alam berupa tumbuhan di atas memperlihatkan daerah-daerah yang mempunyai sumber daya tumbuhan untuk kebutuhan hidup masyarakat Indonesia. Sumber daya alam tumbuhan di antaranya yaitu tumbuhan pangan, tumbuhan industri, dan hutan.

Tanaman pangan terdiri atas tumbuhan padi, palawija, sayuran, dan buahbuahan. Sedangkan tumbuhan industri berupa tumbuhan tebu, karet, kopi, teh, kelapa sawit, tembakau, dan kopra. Tanaman hutan diharapkan untuk mencegah banjir, tanah longsor, menyimpan cadangan air, serta proteksi hewan.
 Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 129 dan 131

Sumber daya alam berupa binatang terdiri atas binatang liar dan binatang ternak. Hewan liar tinggal di hutan dan taman-taman nasional untuk dilindungi dari kepunahan. Contoh binatang liar tersebut yaitu harimau, kera, orang utan, gajah, badak, banteng, dan anoa. Hewan ternak merupakan binatang yang dipelihara atau diternakkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contoh binatang ternak yaitu ayam, itik, sapi, udang, dan domba.

Ayo Mencoba
Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut!
1.  Bekerjalah bersama anggota kelompokmu yang terdiri atas tiga orang.
2.  Kamu dan kelompokmu akan menciptakan sebuah peta persebaran sumber daya binatang atau tumbuhan yang ada di daerahmu.
3.  Mintalah peta buta wilayah kabupaten di tempat tempat tinggalmu kepada gurumu.
4.  Carilah isu dari banyak sekali sumber ihwal daerah-daerah di wilayahmu yang menjadi penghasil sumber daya alam binatang atau tumbuhan.
5.  Tandailah tempat itu dengan menawarkan gambar yang mewakili binatang atau tumbuhan tertentu.
6.  Lakukan hal yang sama untuk tempat penghasil sumber daya alam tumbuhan atau binatang lainnya.
7.  Jelaskan manfaat setiap sumber daya alam tumbuhan atau binatang yang kau tahu terhadap masyarakat yang tinggal di wilayahmu.
8.  Buatlah kesimpulan ihwal sumber daya tumbuhan atau binatang apa saja yang paling banyak dihasilkan di daerahmu.
9.  Presentasikan hasil pekerjaanmu di depan kelas.

Ayo Membaca
Mendeklamasikan puisi memerlukan persiapan yang baik. Selain menghafalkan baris demi baris, kau juga harus memahami makna puisi tersebut. Setiap orang bisa mempunyai pemahaman yang berbeda terhadap makna puisi. Salah satu cara untuk membedakan makna puisi yaitu dengan menawarkan pengutamaan pada dikala mendeklamasikannya. Pemberian tekanan pada baris puisi biasanya memakai tanda V.

Perhatikanlah penggunaan tanda tersebut di bawah ini.
1. V menyimbolkan tekanan kata pendek sekali.
2. VV menyimbolkan tekanan kata agak pendek.
3. VVV menyimbolkan tekan kata agak panjang.

Lihatlah kembali puisi ihwal “Penjaga Alamku” pada pembelajaran pertama. Berilah tanda V untuk menawarkan tekanan-tekanan pada baris-baris kalimatnya. Kemudian, latih kembali cara mendeklamasikannya dengan mengikuti tanda jeda yang telah dibuat sebelumnya dan tanda untuk menawarkan penekanan. Deklamasikan puisi tersebut di hadapan sahabat sebangkumu. Mintalah pendapatnya, kemudian lakukan perbaikan menurut pendapatnya.

Ayo Renungkan
Ceritakanlah bagaimana kau bekerja sama dengan temanmu untuk menuntaskan tugasmu hari ini. Nilai dan perilaku apakah yang kau kembangkan untuk bekerja sama?
Apa saja yang kau lakukan di tempat ibadahmu selain berdoa?
Apa yang kau rasakan ketika kau menjalankan kegiatan ibadahmu?

Kerja Sama dengan Orang Tua
Mintalah orang tuamu menceritakan ihwal salah satu tempat ibadah yang pernah mereka kunjungi. Tanyakan mengapa orang tuamu pergi ke sana.

Demikianlah artikel ihwal Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 129 dan 131 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 3 GiatBerusaha Meraih Cita-Cita Pembelajaran 3 dari kami. Semoga sanggup menambah motivasi mencar ilmu dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa pribadi Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Teima kasih.
Sumber https://soaldanjawabanpg.blogspot.com/